Blogging

Membuat Blog Pribadi Bagi Pemula

Apabila anda nyasar ke artikel ini pastinya anda sedang belajar membuat blog pribadi sendiri. Kalau sekedar membuat blog anda tidak perlu mencari caranya di internet. Cukup masuk kedalam platform blogging dan mengikuti semua petunjuk yang ada disana. Yang susah adalah menjadi seorang blogger sukses. Blog juga bisa menghasilkan uang apabila anda mengelola blog tersebut dengan baik.

Sebenarnya ada banyak platform blogging yang dapat anda gunakan untuk membuat blog gratis. Akan tetapi apabila anda adalah seorang pemula, saya sangat menyarankan menggunakan platform Blogger.

Blogger adalah sebuah platform dari Google. Anda bisa membuat blog pribadi secara gratis dan dukungan yang mumpuni. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas blog yang dihasilkan dari Blogger, namun semua tergantung dengan bagaimana anda mengoptimalkan Blog pribadi anda. Anda juga bisa melakukan migrasi ke WordPress sehingga lebih professional. Untuk sebuah permulaan Blogger adalah yang terbaik.

Persiapan Sebelum Membuat Blog Pribadi

Sebelum anda mulai membuat blog ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan kalau bisa semua persiapan benar-benar anda siapkan secara matang agar nantinya terbentuk jati diri blog anda. Beberapa hal tersebut diantaranya :

  • Harus memiliki akun Gmail
  • Tentukan tema (niche) → Usahakan anda menggunakan hanya satu tema dalam blog pribadi anda agar pengunjung memiliki alasan yang kuat untuk kembali ke blog anda. Selain itu menggunakan niche tertentu juga akan membantu blog anda mendapatkan rangking dari Google. Pastikan juga anda mengusai benar-benar dengan tema tersebut agar nantinya anda tidak akan kehabisan ide untuk menulis.
  • Tentukan domain yang tepat → Usahakan menggunakan domain yang mudah di ingat, tidak alay dan tidak terlalu panjang. Paling tepat adalah berisi kata kunci blog anda misal saya menggunakan kata kunci “komputer” : ilmukomputer, komputersite, ekomputer, tipskomputer, dll. Namun bisanya menggunakan kata kunci(keyword) dalam nama domain sangat sulit karena kebanyakan nama tersebut sudah dipakai. Maka anda bisa menggunakan nama lain yang mudah di ingat dan bisa menjadi identitas blog anda misal nama anda sendiri. Dan usahakan hanya menggunakan huruf tanpa angka dan karakter khusus.

Cara Membuat Blog Pribadi

  • Pertama buka Blogger.com Login dengan akun gmail anda.

 

  • Buat Blog baru. Isi Judul blog (judul yang akan tampil didalam header blog) dan Alamat (alamat blog yang akan anda ketikkan di browser)

daftar blogger

  • Selesai. Anda sudah memiliki sebuah blog.

Langkah selanjutnya adalah bagaimana anda mengisi dan menghiasi blog anda sehingga orang lain yang berkunjung ke blog anda akan dengan senang hati kembali ke blog anda dengan suatu alasan. Blog pribadi tidak hanya menjadi catatan pribadi saja namun juga memberikan manfaat pada orang lain. Selain itu anda juga dapat menghasilkan uang dari blog anda.

Cara membuat posting/artikel blog

Posting/artikel/konten adalah bagian utama dari blog anda. Anda harus memiliki sebuah konten unik, menarik dan relevan agar menarik minat pembaca.

  • Setelah anda membuat sebuah blog anda akan langsung dibawa ke halaman dashbor anda. Untuk membuat postingan klik Pos -> Entri Baru

membuat posting baru

  • Ada beberapa hal penting yang wajib anda ketahui dan menurut saya harus diisi untuk membuat sebuah konten yang bermutu

hal penting dalam posting

Keterangan :

  1. Judul Pos
  2. Heading
  3. Link
  4. Gambar
  5. Konten
  6. Label/Kategori
  7. Meta Description

Cara memperindah tampilan blog

Memang blogger sudah menyediakan beberapa template standar yang bisa anda pilih, namun template tersebut masih belum di optimasi. Anda juga harus memperindah tampilan blog apabila anda memang benar-benar niat membangun blog.

Anda bisa menggunakan template yang keren dan sudah dioptimasi sehingga akan membantu blog anda masuk kedalam peringkat Google.

Setelah mengubah template selanjutnya atur tata letak blog, juga Tambahkan Gatget seperti label, recent post, popular post dan arsip blog.

atur tata letak blog

Tambahkan Laman seperti About, Contact, Disclaimer, Policy Privacy. Dan letakkan dalam sebuah navigasi khusus seperti navigasi diatas header atau dibawah footer, biasanya navigasi khusus ini sudah disediakan dalam template yang bisa anda download di Google.

laman

Tambahkan Deskripsi Blog. Saat membuat blog kita sudah diminta untuk mengisikan Judul blog, sekarang anda perlu menambahkan deskripsi singkat blog anda. Selain memudah kan pengunjung mengetahui isi blog anda secara keseluruhan, juga mempermudah search engine mengindeks blog anda.

judul dan deskripsi blog

Cara Mengelola Blog

Setelah anda membuat konten dan mengatur tampilan blog sedemikian rupa, langkah selanjutnya adalah optimasi blog anda agar blog semakin maju dan mendapatkan banyak pengunjung.

Daftarkan Blog ke Webmaster

Webmaster adalah tempat dimana mengatur bagaimana blog anda akan tampil dalam search engine. Search engine adalah tempat dimana pengunjung bisa menemukan blog anda. Ada 3 search engine webmaster terkenal yang dapat anda daftar daftarkan blog anda disana. Dari ketiga search engine, Google adalah search engine terbesar utama yang perlu anda optimalkan. Baca Cara mendaftarkan Blog ke Google Webmaster

Buat Backlink Bermutu

Backlink adalah sebuah link yang terpasang diblog lain yang menuju blog kita. Back link bisa anda dapatkan dimana saja diantaranya dengan berkunjung dan berkomentar di blog lain (kita dapat memanfaatkan komentar dengan menyertakan alamat website pada blog WordPress) atau menjadi penulis tamu di sebuah website terkenal. Semakin tinggi rangking blog yang terdapat link menuju blog anda maka akan mendongkrak juga rangking dan traffic blog anda. Baca Cara Ampuh Membangun Backlink

Buat Postingan Artikel Secara Berkala

Hal ini penting karena semakin banyak konten anda maka semakin banyak juga pengunjung blog anda. Setidaknya 3 artikel setiap minggu atau 1 hari 1 artikel lebih baik. Namun jangan lupa untuk tidak hanya sekedar mementingkan kuantitas tapi juga kualitas. Baca Tips SEO On Page

Tambahan

Selanjutnya agar blog anda tampak lebih professional Membuat Blog Pribadi anda bisa menambahkan custom domain sendiri, Karena apabila anda membuat blog dari platform blogger anda akan memiliki domain berupa domain.blogspot.com anda bisa membeli sebuah domain tanpa embel-embel blogspot sehingga hanya domain.com

Baca Cara Membeli Custom Domain atau anda bisa mendapatkan domain gratis Baca Cara mendapatkan Domain Gratis

Apabila anda sudah memiliki banyak pengunjung dan sudah memulai menghasilkan uang dari blog. Anda bisa melakukan migrasi Blogger ke WordPress self-hosting. Apa itu WordPress ? Apa perbedaan Blogspot dengan WordPress ? Saya sebelumnya juga menggunakan platform blogger tapi setelah berfikir sekian lama saya memutuskan move on dari blogger ada beberapa alasan untuk migrasi dari Blogger ke WordPress. Apabila anda seorang pemula seperti judul postingan ini, mungkin WordPress merupakan pembicaraan yang terlalu jauh, jadi mungkin cukup sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat.

About the author

Novian Hanu

Blogger newbie yang ingin belajar dan berbagi karena ilmu adalah harta yang tak akan pernah habis.

Leave a Comment

3 Shares
Tweet
Share2
+11
Share