web page hit counter Membuat Semua Teks Wordpress Rata Kanan Kiri Otomatis Justify
Blogging

Membuat Semua Teks WordPress Rata Kanan Kiri Otomatis Justify

Membuat Semua Teks WordPress Rata Kanan Kiri Otomatis (Justify). Ada salah satu teman blogger bertanya. Bagaimana cara membuat teks rata kanan kiri atau justify secara otomatis di WordPress ? Justify yang dimaksud disini adalah satu script yang berlaku untuk semua postingan otomatis. Biasanya kita memang bisa mengatur teks align pada saat membuat postingan, apabila menggunakan cara ini tentu aja kita harus mengubah atau meng edit postingan satu persatu. Coba bayangkan apabila jumlah postingan anda sudah diatas 300 posting. Pasti sangat akan melelahkan dan membuang-buang waktu anda untuk mengubah semua teks menjadi Justify atau perataan lain yang diinginkan.

Untuk Justify biasanya memang tidak ditemukan pada shorcut pada saat kita menulis post. Biasanya yang ada hanyalah Align Left, Align Center dan Align Right. Juga tidak ditemukan disini. Alternatifnya anda bisa menekan Shift+Alt+J. Cara ini dilakukan apabila anda ingin membuat Justify manual dari masing-masing postingan. Atau bisa memunculkan shortcut Justify dengan cara dibawah

membuat justify otomatis wordpress

Cara diatas mungkin bisa anda lakukan apabila jumlah postingan yang harus diedit masih sedikit. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya apabila postingan sudah ratusan maka tidak mungkin untuk mengubahnya satu per satu. Oleh karena itu gunakan cara dibawah ini agar lebih efektif.

  1. Masuk ke WP-Admin WordPress anda
  2. Pada menu disamping kiri masuk Appearance -> Edit CSS
    Cara membuat Justify Otomatis Di WordPress
  3. Kemudian Masukkan Kode CSS Berikut :

    p { text-align: justify; }

  4. Selesai

Memang hanya begitu saja cara Membuat Semua Teks WordPress Rata Kanan Kiri Otomatis Justify. “p” adalah paragraf, kemudian “text-align: justify” adalah membuat tulisan rata kanan kiri. Kode diatas membuat semua “paragraf” dalam blog wordpress kita menjadi rata kanan kiri atau justify. Seperti yang kita ketahui pada blog terdapat beberapa tingkatan diantaranya paragraf (p), heading1 (h1), heading2 (h2), heading3(h3) dan seterusnya. Jadi dengan “p” anda hanya akan membuat paragraf saja yang menjadi rata kanan kiri.

Berikut contoh penerapan Kode CSS

Cara membuat Justify Otomatis Di WordPress

Sebelum

Cara membuat Justify Otomatis Di WordPress

Sesudah

Satu baris CSS sesingkat itu bisa membuat semua halaman, isi postingan dan komentar manjadi rata kanan-kiri atau justify. Sebaiknya pada saat anda membuat postingan tidak perlu menggunakan Align Teks secara manual karena hanya akan memperbanyak kode-kode html yang tidak terlihat sehingga akan berpengaruh terhadap loading speed, tapi memang pengaruh tidak terlalu banyak. Anda bisa menggunakan cara ini sehingga sewaktu-waktu ingin mengubah align teks apapun kapanpun sangat mudah.

 

Leave a Comment

1 Comment