Blogging

Mendapatkan Fitur Matched Content “Konten Yang Sesuai” Adsense

mendapatkan matched content
Written by Novian Hanu

Matched Content “Konten yang Sesuai” adalah sebuah fitur Google Adsense berupa rekomendasi sebuah iklan konten blog anda yang ditampilkan seperti artikel terkait. Dengan fitur matched content pembaca diharapkan lebih lama menghabiskan waktu di blog anda dengan beberapa konten relevan lainya.

Google memberikan fitur ini dengan tujuan untuk membantu pengunjung menemukan konten lain yang diminati dan membantu publisher mempromosikan konten blognya serta meningkatkan pendapatan adsense para publisher.

Matched content ditandai dengan tulisan powered by Google di pojok kiri atas iklan matched content. Anda tidak perlu mengatur post yang akan ditampilkan di matched content tanpa harus mengaturnya secara manual. Karena semua sudah diatur oleh Google Adsense jadi anda tinggal menggunakanya saja seperti kode iklan pada umumnya.

Satu yang spesial dari fitur matched content adalah fitur ini hanya tersedia untuk publisher dengan persyaratan tertentu yaitu situs yang memenuhi kelayakan volume yang mendapatkan fitur ini. Tidak dikatakan jelas berapa jumlah trafic yang dibutuhkan untuk fitur konten yang sesuai ini. Baca Penjelasan Google Disini

Matched Content berbeda dengan iklan Adsense lainya. Apabila iklan Adsense Pada umumnya dapat dipasang disemua blog asalkan sudah diapprove. Matched Content hanya bisa dipasang pada satu blog yang layak dan diberikan fitur ini oleh Adsense

Untuk melihat situs yang mendapatkan ditur ini caranya masuk Dasbor Adsense -> Setting -> Matched Content

Mendapatkan Fitur Matched Content "Konten Yang Sesuai" Adsense

Syarat Mendapatkan Fitur Matched Content

Pada hari saya menulis postingan ini saya Mendapatkan Fitur Matched Content. Sebelumnya 2 minggu lalu saya belum memiliki fitur ini dan tidak tau sejak kapan fitur ini aktif karena tidak ada pemberitahuan sama sekali. Yang saya tahu spesifikasi blog ini saat mendapatkan fitur matched content adalah menggunakan platform wordpress dan visitor sekitar 170 unique visitor per day dengan 180 postingan. Saya tidak tahu apakah wordpress juga berpengaruh karena sebelum migrasi blogger ke wordpress saya tidak pernah mendapatkan fitur ini.

Jumlah visitor dan posting blog ini bisa anda jadikan patokan. Tapi Google juga mengatakan bahwa jumlah artikel yang unik juga berpengaruh terhadap kelayakan suatu blog Mendapatkan Fitur Matched Content. Artinya jumlah artikel original juga berpengaruh. Oleh karena itu anda harus memastikan semua artikel anda Original dengan optimasi SEO.

Manfaat Matched Content

Matched Content sangat bermanfaat bagi publisher maupun pengunjung. Bagi pengunjung, mereka akan mendapatkan link menuju topik lain dari blog kita yang relevan dan mereka inginkan. Bagi publisher, tentu akan meningkatkan pendapatan Adsense hingga 100% karena matched content ini pada dasarnya adalah sebuah iklan oleh Google. Selain pendapatan yang meningkat tentu dapat mengurangi bounce rate blog. Karena pengunjung akan lebih lama menghabiskan waktu di blog kita.

Kesimpulan, apabila anda ingin meningkatkan pendapatan adsense dan menambah kualitas blog. Gunakan Matched Content untuk itu. Untuk mendapatkan matched content memang tidak jelas namun yang paling utama adalah Visitor dan Artikel Original

About the author

Novian Hanu

Blogger newbie yang ingin belajar dan berbagi karena ilmu adalah harta yang tak akan pernah habis.

2 Comments

  • Saya Mau Tanya, Soal matched content, Apakah script iklan matched content bisa di pasang di blog atau website lainnya. Di website yang belum mendapatkan matched content. Terima kasih, Mohon Infonya.

    • Bisa iya bisa tidak gan. Soalnya di dlm dasbor adsense hanya domain tertentu yang mendapatkan fitur ini. Jadi kalaupun matched content bisa muncul di domain lain berarti itu menyalahi aturan

Leave a Comment

3 Shares
Tweet
Share2
+11
Share