Otomotif

Mengatasi Satria FU susah hidup, langsung mati lagi

Mengatasi Satria FU susah hidup, begitu hidup langsung mati lagi. Saya pernah mengalaminya dikala pagihari yang dingin begitu susahnya men starter Satria FU sampai kaki loyo karena takut aki tekor kalau pakai double starter. Salah satu indikasi satria fu susah hidup adalah ada masalah dipengapianya.

Mengatasi Satria FU susah hidup

1. Cek Busi.

Buka busi dengan kunci bawaan sepeda motor dan lihat kondisi busi Satria FU apakah ujungnya hitam atau bagaimana. Busi Satria FU yang masih baik biasanya pada bagian ujung bawah masih bersih dan tidak ada kotoran ataupun oli, selain itu jarak ujung busi juga tidak terlalu rapat dan renggang. Jadi coba bersihkan atau amplas ujung busi anda.
Mengatasi Satria FU susah hidup, periksa ujung busi

2. Cek Cop Busi

Busi satria letaknya ada diatas dan rawan kemasukan air atau kotoran. Sehingga air yang masuk dapat menggendap dan menggangu performa busi. Oleh karena itu anda harus memastikan cop busi apakah dalam keadaan baik, dan pastikan menggunakan cop busi Original Satria FU karena cop busi imitasi biasanya sangat sensitif, rawan rusak dan suka kendor.

3. Cek Api Busi

Sebelum anda memasang kembali busi cek dulu api yang keluar dari busi dengan cara tancapkan busi pada cop busi kemudian dekatkan ujung elektroda busi ke bodi besin, kemudian starter motor. Akan ada api yang keluar antara busi dan bodi mesin. Api yang bagus akan berwarna putih kebiruan dan api terlihat jelas percikanya. Apabila percikan api tersebut kecil dan berwarna merah maka anda harus mengganti Busi. Coba ganti busi, apabila masih kecil cek langkah ke 4
Mengatasi Satria FU susah hidup, Cek pengapian

4. Cek kiprok atau regulator

Pastikan anda menggunakan regulator original dan jangan pernah menggunakan regulator KW karena Satria FU adalah motor DC ini akan berpengaruh besar. Kiprok satria fu letaknya ada dibawah tangki bensin anda harus melepas body dan tangki bensin terlebih dahulu.
Gunakan kiprox original

5. Cek Koil Busi

Koil Satria Fu terletak dibelakang stir atau atas busi. Terkadang api yang kecil juga berasal dari koil yang sudah lemah.

Baca Juga Satria FU Brebet RPM 5000

Itu cara  Mengatasi Satria FU susah hidup. Apapun alasanya pastikan anda menggunakan Part original SGP terutama untuk pengapian diatas agar satria fu anda tetap awet. Modifikasi diperbolehkan tapi jangan sampai gara-gara modifikasi yang ngawur Satria Fu anda jadi ancur.

2 Comments

  • Karbu sudah di ganti pe 28,tapi kalau pagi atau mesin dingin, kalau mesin di hidup kan, di gas malah mati, setelan karburator juga sudah pas, dan mesin belum panas tidak mau jalan, apa penyebabnya

    • Udah dipanasi ? jangan langsung di gas gan
      Kalau saya pernah mengalami susah hidup krn pakai oli yang terlalu kental

Leave a Comment