Blogging

Mengecilkan Ukuran Gambar untuk Web dengan Photoshop

Mengecilkan Ukuran Gambar untuk Web dengan Photoshop. Dari judul tersebut bisa diketahui metode yang digunakan adalah menggunakan adobe photoshop. Mengecilkan Ukuran Gambar / size foto memang penting untuk keperluan web hosting dengan kapasitas disk space terbatas. Kita harus pandai menghemat disk space agar dapat kita isi lagi dengan berbagai konten lainya, tidak penuh gara-gara satu konten yang memiliki size gambar besar. Saya sendiri mengalami hal tersebut. Dengan disk space hanya 300 mb saya bisa mengisi nya dengan sebuah blog dengan 450 posting. Tentu saya harus mengecilkan ukuran gambar untuk dapat memaksimalkan ruang yang ada.

Ada berbagai metode yang dapat kita gunakan untuk compress / mengecilkan size foto / gambar. Namun menggunakan photoshop menurut saya adalah cara yang paling efektif dan efisien untuk menghemat space. Tentunya anda harus memiliki softwarenya dapat anda download lewat pencarian google, tidak perlu adobe photoshop terbaru. Saya sendiri menggunakan adobe photoshop CS 2 karena lebih ringan dan mudah digunakan.

Kelebihan menggunakan adobe photoshop untuk mengecilkan ukuran size gambar / foto adalah kita dapat mengecilkan dengan ukuran seminimal mungkin hingga 80%. Biasanya saya bisa mengecilkan size dari 130 kb menjadi 18 kb. Kekurangannya dengan rentang ukuran sebesar itu akan mengubah kualitas gambar asli sehingga akan menjadi sedikit pecah. Tapi jangan khawatir karena anda dapat mengatur tingkat kualitas gambar sehingga tidak terlalu pecah.

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tahap 1

1. Pertama siapkan gambar yang akan dikecilkan size nya dan software photoshop.

2. Buka gambar/foto dengan Photoshop.

3. Tidak perlu edit apapun langsung simpan dengan cara pilih File -> Save for Web …

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar

4. Lalu akan muncul jendela baru. Pada bagian sebelah kanan yang saya tandai anda bisa memilih sesuai extensi gambar anda apakah jpeg, gif atau png. Disini pada bagian preset saya lebih suka menggunakan jpeg low. Dan pada bagian kiri bawah adalah size akhir yang didapatkan setelah pengecilan.

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar

5. Setelah selesai simpan dengan klik Save pada pojok kanan atas.

Sampai ditahap ini sudah selesai apabila anda menggunakan gambar yang memiliki resolusi tidak terlalu besar. Namun pada contoh ini saya menggunakan gambar beresolusi 3000×3000 pixel dari size 3 mb setelah di compress menjadi 240 kb. Menurut saya 240 kb masih terlalu besar bagi sebuah website karena saya tidak terlalu mementingkan kualitas jadi saya ingin mengecilkan gambar tersebut lagi. Sebenarnya cara kedua ini lebih tepatnya adalah resize gambar.

Mengecilkan Ukuran Gambar Tahap 2

1. Buka gambar yang sudah dikompress sebelumnya menggunakan photoshop lagi.

2. Pilih Rectangular Marquee Tool untuk menyelesi seluruh gambar

resize ukuran foto

3. Pilih Edit -> Free Transform -> Kecilkan ukuran gambar seperti biasa. Anda juga bisa mengatur resolusi pixel yang anda inginkan pada toolbar diatasnya. Apabila sudah sesuai tekan Enter

Compress Gambar

4. Sekarang pilih icon crop tool pada toolbar sebelah kiri. Lakukan cropping pada gambar kecil yang sudah anda sesuaikan resolusinya tadi.

Crop Resize image

5. Klik kanan pada area kosong -> Crop. Sampai disini resolusi gambar saya yang tadinya 3000 x 3000 px sudah berubah. Sekarang Simpan lagi dengan metode¬†Save for Web …¬†dengan begitu ukuranya akan menjadi lebih kecil.

Sebenarnya untuk mengecilkan ukuran gambar biasa dengan tahap 1 saja sudah cukup. Namun dalam contoh saya tadi menggunakan gambar dari kamera beresolusi besar sehingga kita juga harus mengubah resolusinya. untuk mendapatkan ukuran yang lebih kecil. Apabila anda pengguna wordpress ada cara tambahan untuk mengecilkan setiap gambar yang diupload menggunakan wordpress. Yaitu dengan memasang plugin Smush It Pro

About the author

Novian Hanu

Blogger newbie yang ingin belajar dan berbagi karena ilmu adalah harta yang tak akan pernah habis.

Leave a Comment

3 Shares
Tweet
Share2
+11
Share