Gadget

Mengenal dan Menggunakan Raise to Wake iOS 10

Peningkatan sistem operasi iPhone dari iOS 9 ke iOS 10 merupakan perubahan yang besar, ada beberapa fitur-fitur baru yang dimiliki iOS 10 diantaranya Raise to Wake. Raise to Wake adalah fitur untuk menyalakan display iPhone semudah mengangkatnya dengan tangan anda, artinya anda tidak perlu menekan tombol apapun untuk menyalakan display sehingga anda dapat langsung melihat notifikasi di ponsel anda. Bagaimanapun juga, Raise to Wake membutuhkan kinerja iOS yang terus menangkap dan menginterpretasikan data dari banyak sensor iPhone untuk menentukan bagaimana Anda memegang iPhone di tangan Anda.

M9 coprossesor raise to wake
Untuk mewujudkan fitur raise to wake ini dibutuhkan sensor menggunakan gerak coprocessor yang dirancang oleh Apple. Sensor ini juga digunakan untuk fitur “hey siri”. Sensor khusus ini yang membuat tidak semua iPhone yang menggunakan iOS 10 sekalipun belum tentu support dengan fitur raise to wake.

Perangkat yang mendukung Raise to Wake

Nama chip yang digunakan untuk raise to wake adalah M9. Tidak seperti motion coprossesor sebelumnya yang terdiri dari chip yang terpisah, Namun langsung tertanam langsung dalam prossesor utamanya yaitu chipset Apple A9.

Tidak semua iPhone yang mendapatkan update iOS 10 mendapatkan fitur raise to wake, namun hanya iPhone yang memeiliki chip M9 diantaranya :
  • iPhone SE
  • iPhone 6s
  • iPhone 6s plus
  • iPhone 7
  • iPhone 7 plus

Bahkan iPhone 6 dan 6 plus tidak support raise to wake apalagi iPhone 5, 5c atau 5s.

Kenapa chip M9 ?

Apple bisa saja memberikan fitur raise to wake untuk prossesor sebelumnya, bisa saja iPhone 5 dan iPhone 6 menggunakan fitur raise to wake. Alasan Apple tidak memberikan fitur raise to wake untuk Apple A8 kebawah adalah konsumsi daya yang signifikan karena generasi motion coprossesor sebelumnya tidak dioptimalkan untuk pemantauan terus menerus dari sensor iPhone untuk efisiensi daya. 

Jika Anda beruntung dan perangkat Anda didukung, Anda pasti akan menyukai fitur Raise to Wake. Memang fitur ini terdengar sepele tetapi ketika anda menggunakanya fitur ini akan sangat berguna.

Sebelum iOS 10, untuk membangunkan iPhone dari posisi sleep, Anda perlu menekan tombol Sleep / Wake tidak praktis karena posisi tombol pada sisi kanan atau tombol Home iPhone, namun pada sistem operasi iOS 10 yang baru ini langsung dapat membawa Anda ke Home dengan Touch ID yang sangat responsive.

iOS 10 memang baru release awal bulan lalu dan perangkat yang mendapatkanya mulai iPhone 5 keatas artinya iPhone 4s tidak mendapatkan iOS 10, namun tidak semua iPhone yang mendapatkan iOS 10 support dengan fitur yang disediakan iOS 10 diantaranya raise to wake ini.

Bagaimana cara menggunakan fitur Raise to Wake ?

Cara menyalakan raise to wake

Raise to wake tersedia untuk iPhone 6s keatas, fitur ini juga dapat dinyalakan atau dimatikan. Buka aplikasi Settings – Display & Brightness – Raise to Wake.

Mungkin beberapa orang berfikir raise to wake bukanlah fitur yang terlalu bagus diantara fitur baru di iOS 10 lainya namun menurut saya itu adalah salah satu terbaik yang dalam iOS 10 saat ini, bahkan smartphone pesaing Apple lainya belum ada yang menyediakan fitur ini. Apple adalah pelopor Raise to Wake pertama.

Pada iPhone 6s raise to wake sangat terasa sangat berguna ketika anda mengambil iPhone dari meja dan mengangkatnya anda sudah langsung melihat tampilan lock screen dan notifikasi yang ada lalu anda dapat dengan mudah geser ke kiri untuk membuka aplikasi kamera, atau saya dapat menggeser ke kanan untuk mengakses widget anda.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment