Gadget

Mengenal iPhone Refurbished Resmi dan Non-Resmi

Mengenal iPhone Refurbished. Produk elektronik dari Apple ini memang sudah tidak asing lagi, iPhone dikenal sebagai gadget exlusive yang mewah dari segi desain dan dikenal anti lemot pada sistem operasinya iOS. Memang adaa beberapa kekurangan iPhone jika dibandingkan ponsel berbasis Android dengan harga yang sama. Fitur yang disediakan tidak sebanyak Android seperti Samsung, Asus, Oppo, Lenovo, LG, Andromax dan lain-lain. Seperti tidak adanya dukungan memori external, baterai yang boros, sistem iOS juga susah untuk menyimpan data dari pc dan sebaliknya, juga app store yang terbatas dan banyak aplikasi berbayar tidak seperti play store. Namun iPhone masih tetap jadi idaman kebanyakan orang dan menjadi smartphone terbaik saat ini menurut survei venomku.com


Setelah Apple mencapai target produksinya maka perusahaan tersebut akan mengganti produknya dengan yang lebih baru dan tidak memproduksi lagi barang yang lama. Namun apa dikata masih banyak orang yang suka dengan iPhone 4 dan dan 5 namun seri iPhone tersebut sudah tidak diproduksi oleh Apple lagi, yang ada adalah iPhone 5 Special Edition namun harganya tentu lebih mahal karena mengusung specs iPhone 6s. Maka iPhone Refurbis adalah pilihan bagi pengguna jika ingin memiliki iPhone baru yang notabene sudah tidak diproduksi lagi. 

Apa itu refurbish ?

Produk refurbish adalah barang yang tidak memenuhi standar kualitas produksi, dikembalikan oleh penjualnya ke pabrik pemroduksinya kemudian diperiksa apakah masih layak pakai atau tidak, kemudian dijual kembali dengan harga yang jauh lebih murah setelah melalui proses reparasi dan penggantian komponen lama yang rusak. Kemasan box dari produk refurbished resmi Apple tentunya berbeda dengan produk Barunya. Ciri umumnya produk refurbished berwarna putih polos dengan tulisan seri iPhone dan logo Apple Certified Pre-Owned didepanya. Refurbish ada yang refurbished resmi dan tidak resmi.


Refurbished Resmi

Refurbished resmi adalah Produk yang didaur ulang oleh Apple langsung. Tidak ada perbedaan dari segi apapun pada Refurbish resmi dari Apple, karena walaupun refurbished Apple benar-benar memperhatikan kualitas, walaupun sebenarnya bukan Ponsel baru lagi namun Apple juga tidak menjualnya dengan kemasan baru juga namun menjualnya dengan kemasan berbeda. Tentunya bagi yang menginginkan harga lebih murah dan resmi maka refurbished adalah pilihan yang tepat. Selain itu pada iPhone refurbished resmi, garansi 1 tahun international yang diberikan oleh Apple juga masih penuh seperti barunya karena Apple juga sudah meresetnya, bisa dicek di http://selfsolve.apple.com/. Aksesoris bawaan Refurbished resmi juga Original Apple. Selain itu tentunya harga jual yang tinggi dibandingkan refurbished non resmi.


Refurbished Non Resmi

Disini pengetian refurbished masih sama hanya bedanya yang melakukan pemeriksaan bukan Apple langsung melainkan produsen lokal saja. Di Indonesia banyak bermunculan refurbished non-resmi ini biasa disebut dengan iPhone garansi distributor. 



Walaupun tidak resmi Apple mereka juga memberikan garansi perbaikan selama 1 tahun penuh, dengan packing baru juga (Brand In New Box). Namun kebanyakan distributor tidak memberikan part dan aksesoris standard Apple atau palsu tentu saja kualitas jauh berbeda dibandingkan Refurbished resmi. iPhone distributor atau non resmi ini memiliki ciri-ciri seperti yang sudah disebutkan pada link iPhone distributor diatas. Box yang digunakan pun bisa box tanda iPhone baru yang ada gambar iPhone didepanya atau bisa juga menggunakan box Apple Certified Pre-Owned (jadi refurbish non resmi apabila menggunakan box putih Apple Certified Pre-Owned artinya sudah direfurbish dua kali, pertama oleh apple, kedua oleh pihak ketiga). Ciri utamanya adalah adanya sticker dibagian depan yang bertuliskan garansi 1 tahun/ one year warranty. Dan biasanya apabila cek di http://selfsolve.apple.com/ status garansinya sudah expired namun tak kadang juga ada yang belum diaktifkan sehingga seperti baru. Intinya apabila kita membeli garansi distributor ini adalah untung-untungan tergantung bagaimana kita menyikapinya. Jelas distributor lebih murah namun harga biasanya sebanding dengan kualitas

Berdasarkan tingkat kemulusan iPhone refurbished atau second dapat dibagi dalam beberapa tingkatan, namun beberapa penjual menjual secara acak tidak mencantumkan hal dibawah ini, maka sebagai pembeli yang cerdas kita dapat menanyakan terlebih dahulu pada penjual.
Grade A
Fungsi barang 100%. Fisik seperti baru.
Grade B
Fungsi barang 100%. Fisik memiliki tanda-tanda seperti sudah pernah di pakai.
Grade C
Fungsi barang 100%. Fisik memiliki cacat fisik ringan seperti goresan atau penyok namun tidak mengurangi fungsi produk.
Grade D
Fungsi barang 100%. Fisik memiliki cacat yang cukup terlihat seperti goresan dan penyok. Pilihan yang cocok bagi yang mementingkan harga murah.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

1 Comment

Leave a Comment