Venomku

Mengenal Perkembangan Processor Intel Dari Waktu Ke Waktu

Berbicara mengenai processor, mungkin tidak banyak yang orang yang paham. Selain ini termasuk dalam bidang IT, processor bukan hal umum yang banyak orang ketahui. Oleh karena itu, dalam artikel di bawah ini akan sedikit menjelaskan tentang beberapa processor yang selama ini ada dan dinikmati, terlebih lagi kelebihan masing-masing.

Processor yang banyak dikenal oleh banyak orang adalah Intel Core. Intel Core adalah sebuah merk yang dibuat dari Intel yang memiliki paling banyak perkembangannya, terlebih lagi dirasakan oleh masyarakat Indonesia yang memiliki computer atau PC saat ini. Namun seiring berkembangnya zaman, semakin banyak pula processor intel terbaru yang dapat dinikmati banyak orang pengguna PC atau computer.

Tiga Processor Dari Intel

Untuk penjelasan lebih detailnya, berikut adalah penjelasan secara singkat tentang tiga processor yang dimiliki oleh Intel :

1. Intel Core i3

Processor jenis ini memiliki 2 inti yang telah menggunakan teknologi Hyperthreading dan dapat memberikan slot 4 thread dimana dapat dijalankan dalam waktu bersamaan.

2. Intel Core i5

Processor ini memiliki teknologi Hyperthreading dan turbo boost yang memiliki teknologi dan mempertahankan kecepatan yang sangat baik dan menghasilkan kondisi yang tetap stabil untuk bermain. Kelebihan ini sangat dirasakan jika Anda menggunakan processor jenis ini untuk membuka program secara bersama, maupun menginstall aplikasi-aplikasi editing video seperti Adobe Premiere atau 3D Max.

3. Intel Core i7

Processor yang satu tingkat di atas Intel Core i5 ini adalah teknologi yang sangat terbaru dan paling banyak dicintai oleh banyak pengguna PC dan laptop Windows di seluruh dunia. Processor ini sangat baik untuk Anda yang menyukai bidang desain dan editing video, processor ini sudah sangat mumpuni untuk digunakan.

Ketiga processor tersebut bukan hanya sekedar menunjukkan performanya yang sangat maksimal, namun dengan adanya Intel Core i7 itu sebagai wujud berkembangnya processor sejak 2008 silam, bahkan hingga saat ini. Walaupun setiap jenis processor berbeda kelebihan dan generasi, Intel Core i7 adalah processor Intel terbaru sekaligus terbaik saat ini.

Generasi Processor Intel Hingga Saat Ini

Processor ini memiliki banyak fitur yang tidak dapat ditemukan oleh kedua processor sebelumnya. Dengan generasi yang baru ini tentu akan banyak sekali yang mengincar dan menggunakan processor ini untuk setiap hari digunakan. Namun bagi Anda yang tidak mengetahui mengenai processor lebih jauh, ternyata processor memiliki beberapa generasi hingga saat ini. Berikut beberapa generasi yang dimaksud :

1. Intel Core Generasi 1

Intel Core jenis ini rilis pada tahun 2009 dan tidak memiliki indicator generasi di dalamnya. Beberapa produk yang ada pada generasi ini memiliki kode bernama “Arrandale”.

2. Intel Core Generasi 2

Intel generasi ini rilis pada tahun 2011 dan memiliki kode bernama “Sandy Bridge”. Dengan litografi 32 nm dan memiliki RAM sebesar 16GB.

3. Intel Core Generasi 3

Processor jenis ini rilis saat tahun 2012 dan memiliki kode bernama “Ivy Bridge”. Walaupun memiliki RAM yang maksimal 32GB dengan bandwidth 25,6 Gb/s saja.

4. Intel Core Generasi 4

Pada generasi keempat ini, processor ini memiliki kode bernama “Haswell” dan rilis pada 2012 silam. RAM yang bisa digunakan pada generasi ini hanya sebesar 32Gb.

5. Intel Core Generasi 5

Generasi ini menjadi processor intel terbaru dan paling banyak digunakan saat ini. Processor jenis ini rilis tahun 2013 dan memiliki kode bernama “Broadwell”.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment