Gadget

Tips Trik Cara Menjaga dan Merawat Baterai iPhone Apple agar Tidak Cepat Rusak dan Awet

Tips Trik Cara Menjaga dan Merawat Baterai iPhone Apple agar Tidak Cepat Rusak dan Awet. Merawat Baterai iPhone – Masih tentang iPhone. Smartphone yang satu ini memang sedang ngetren di kalangan masyarakat diseluruh dunia karena iPhone memang dikenal sebagai brand dan desain yang mewah, premium, elegan dan simpel termasuk juga ukuranya yang pas digenggam dan dikantongi tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Perangkat iDevice juga dikenal akan ketangguhanya walaupun rata-rata ram iPhone hanya 1 GB namun dengan processor yang gahar dapat melampaui speed dari Android dengan ram 3GB. Namun diantara kelebihanya iPhone juga memiliki kekkurangan terutama daya baterai iPhone yang Boros.

Memang baterai iPhone memiliki daya yang tidak terlalu besar misal dengan harga yang hampir sama iPhone 5s memiliki baterai 1540 mAh sedangkan Samsung Note 3 memiliki baterai 3200 mAh. dengan mAh setengahnya saja pasti iPhone terasa memang boros. Berapa kali anda charge iPhone ? untuk para pengguna lama pasti jawabanya lebih dari 2 kali untuk pemakaian normal saja. Namun tidak selamanya baterai iPhone boros. ini juga dipengaruhi dari penggunaan iPhone itu sendiri. Karena secara spesifikasi pabriknya tidak seboros itu.

 

Misal iPhone 6 dengan baterai 1810 mAh pada spesifikasi Stanby Up to 250h (3G) artinya dalam keadaan menyala dengan sinyal (3G) dapat pertahan hingga sekitar 10 hari, Talk time up to 14 h dan music play up to 50h, tapi terkadang expektasi tidak sesuai dengan realita. Jadi apakah spesifikasi tersebut hoax ? Belum tentu. Pastinya pabrik produsen seperti Apple sendiri tidak sembarangan menetapkan spesifikasi. Spesifikasi tersebut memang benar tapi yang salah adalah penggunaan kita.

Memang daya baterai tergantung penggunaan kita. Penggunaan yang salah terus menerus dapat merusak elemen baterai hingga baterai akan terasa boros atau cepat drop. Untuk itu kita juga harus tau cara perawatan baterai iPhone agar tetap awet dan tidak cepat rusak. Karena baterai iPhone ini menurut saya memang sensitif misalnya iPhone yang tiba-tiba mati biasanya disebabkan baterainya yang tidak beres, bisa konektor kurang kencang atau memang elemen sudah mulai rusak. Nah dibawah ini ada beberapa tips merawat dan menjaga baterai iPhone tetap dalam kondisi sehat.

Jangan biarkan baterai iPhone hingga terlalu habis

Terlalu habis maksudnya sampai 0 persen. Bagi pengguna iPhone pasti tau sendiri kalau iphone sampai kebaisan baterai. Untuk menyalakanya kembali membutuhkan waktu yang lama bahkan untuk pengguna baru tidak jarang mereka mengira kalau iPhone nya rusak atau matot. Sebenarnya itu wajar, dalam kondisi 0 persen iPhone mengisi sempai daya 5-10 persen dulu baru bisa nyala kembali. Tapi menghabiskan baterai sampai nol persen sangat tidak disarankan karena mungkin dapat merusak baterai.

Jangan mencharge iPhone hingga terlalu penuh

Nge-Charge iPhone ditinggal tidur, kesalahan hal ini biasanya sering dilakukan setiap orang. Terlalu penuh sangat tidak disarankan. Karena iphone tidak memiliki fitur stop charging dimana saat baterai sudah 100 persen namun masih terhubung ke charger, daya akan terus mengisi hingga batrai akan panas. Penggunaan seperti ini terus menerus dapat menyebabkan baterai cepat drop dan bisa kembung sehingga dapat merusak komponen lain seperti LCD.

Baca juga : Magnetic kabel charger agar tidak over charging

Gunakan adaptor dan kabel Original

Terutama adaptor tidak disarankan menggunakan adaptor 2 ampere memang ngisinya cepet tapi hal ini bisa menjadi penyebab baterai menjadi boros dan cepat drop karena baterai harus bekerja lebih keras dari desain awal adaptor yang hanya 1 ampere, jadi gunakan lah adaptor original atau kalau menggunakan powerbank cari yang 1 ampere. Kalau kabel saat ini banyak kabel OEM yang dapat dibawa kemana-mana untuk cadangan dan harganya lebih murah dari yang Original, bedanya mungkin keawetan dan materianya namun untuk fungsinya buat charge atau sync itune menurut saya tidak masalah, namun disarankan untuk menggunakan yang original biar tambah yakin.

Jangan charge dimobil

Maksudnya menggunakan charger yang terhubung dengan aki mobil karena arus dari mobil ini kadang tidak stabil dan dapat merusak baterai. Penggunaan terus menerus tentunya akan memperpendek umur baterai iPhone hingga harus ganti baterai.

Gunakan airplane mode untuk harge iPhone 2x lebih cepat

Untuk charge 2x lebih cepat tidak perlu menggunakan perangkat tambahan apapun cukup aksesoris original iPhone. Kita hanya perlu menggunakan airplane mode dan night mode saat mencharge buktikan sendiri baterai akan lebih cepat terisi dan ini juga dapat memperpanjang usia baterai.

Jangan gunakan iPhone saat Charging

Hal ini biasanya banyak dilakukan oleh orang sibuk, menggunakan iPhone untuk membalas sms, chatting, telepon bahkan bermain game. Hal ini akan menyebabkan baterai cepat panas dan penggunaan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan baterai cepat drop. Pada point sebelumnya sudah disarankan untuk charge menggunakan airplane mode.

Lakukan tips menghemat baterai iPhone

Untuk penggunaan lama yang baterainya sudah mulai terasa boros dapat menerapkan tips ini agar masa pakai baterai kita lebih lama tiap harinya. Baca tips menghemat daya baterai Apple iPhone

Leave a Comment