Karir

Menyusun Contoh Lamaran Kerja

Mendapat pekerjaan merupakan hal yang diinginkan oleh setiap masyarakat, karena dengan bekerja anda akan mendapatkan uang, pengalaman baru, dan bahkan hal-hal yang tak terduga lainnya. Perjalanan mendapatkan pekerjaan tentunya diawali lamaran. Anda harus memahami jelas contoh lamaran kerja yang baik dan benar, sehingga membuat perusahaan ini menerima anda.

Tahapan diterima untuk bekerja di perusahaan biasanya harus melalui beberapa tahapan, tahapan pertama adalah administrasi. Tahap ini akan menentukan anda untuk mengikuti interview atau tidak. Maka dari itu anda harus benar-benar memperhatikan persyaratan yang diberikan oleh perusahaan tersebut supaya dapat lolos ke tahap selanjutnya.

Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Memenuhi Syarat Lowongan Kerja

Contoh Lamaran Kerja

1. Membuat CV

Lembaran CV merupakan hal yang paling penting untuk memenuhi syarat lowongan kerja. Anda harus menyusun CV dengan sebaik-baiknya, karena semua hal yang menggambarkan diri anda bisa terbaca dari lembaran tersebut. Tonjolkan hal positif dari anda pada CV, sehingga bisa membuat anda terlihat lebih meyakinkan.

2. Foto

Hal yang sering diabaikan adalah foto. Bagian ini sangat penting untuk memenuhi syarat lowongan kerja, karena terkadang perusahaan akan menilai anda dimulai dari foto yang dikirimkan. Usahakan untuk memberikan foto terbaik anda dan tentunya yang paling terbaru. Jangan terlalu banyak mengedit fotonya, supaya fotonya tetap orisinil dan apa adanya.

3. Surat lamaran kerja

Nah, ini adalah bagian terpenting dalam tahap seleksi administrasi. Surat lamaran kerja akan menggambarkan kemampuan anda dalam administrasi, dan juga kecakapan mengenai keahlian yang anda kuasai. Jangan pernah membuat surat lamaran kerja dengan asal-asalan. Tunjukan bahwa anda adalah sosok yang berpendidikan, dan pahami contoh lamaran kerja lainnya.

Contoh Menyusun Surat Lamaran Kerja

Sebelum menyusun lamaran kerja sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu cara membuat surat. Membuat surat tentunya harus sesuai dengan kaidah EYD, karena ini akan memperlihatkan kualitas diri anda sebagai seorang akademisi yang pantas menerima pekerjaan. Anda juga harus mempelajari lebih tentang hal-hal yang harus tertera pada surat tersebut.

Dalam menyusun lamaran kerja, ada hal-hal yang harus masuk kedalam resume surat tersebut. Hal-hal yang harus tertera adalah tempat dan tanggal pada saat penulisan, tujuan perusahaan, kata pembuka, kata pengantar surat, data pribadi, pengalaman bekerja, dan keahlian yang dimiliki, dan yang terakhir adalah penutup. Berikut salah satu contoh lamaran kerja.

Bandung, 10 September 2018
Kepada Yth,
Pimpinan PT. Beryl Paper Production
Jalan Sutisna Senjaya No. 100 Tasikmalaya
Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari media online www.berylproduction.com perihal tersedianya lowongan pekerjaan sebagai manager di perusahaan Bapak/ibu setempat. Maka melalui surat ini saya yang bertanda tangan dibawah ini, mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di PT. Beryl Production untuk mengisi jabatan yang sedang dibutuhkan.

Nama : Putri Alia
Tempat tanggal lahir : Bandung, 10 Agustus 1995
Jenis kelamin : Perempuan
Pendidikan terakhir : Sarjana Ekonomi Universitas Nasional
Alamat domisili : Jalan Dewi Sartika Bandung
Nomor handphone/WA : 089767098787

Saya adalah seorang fresh graduated dari Universitas tersebut dengan predikat lulus cumlaude dan memiliki pengalaman organisasi serta prestasi selama perkuliahan berlangsung. Sehingga saya sudah terbiasa untuk melakukan kegiatan managerial. Berikut ini saya lampirkan beberapa data beserta data pribadi yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu sekalian.

1. Pas photo
2. Photo copy KTP
3. Photo copy Ijazah terakhir dan legalisirnya
4. Photo copy Sertifikat pengalaman organisasi
5. Photo copy Sertifikat prestasi yang pernah diraih

Demikian surat lamaran ini saya susun dengan keadaan sadar, sebenar-benarnya dan sebagai mana mestinya. Semoga bapak/ibu pimpinan sekalian bisa menerima saya dengan kebijaksanaannya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Putri Alia

Baca Juga :

Tips melamar pekerjaan bagi Fresh Graduate

About the author

Mendy

Leave a Comment