Otomotif

Merawat Aki Motor Agar Tahan Lama

Alat transportasi telah menjadi salah satu alat vital yang berguna dan memiliki peran besar dalam kehidupan manusia. Hal ini karena alat transportasi menjadi satu-satunya alat bagi manusia untuk bergantung dalam berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain. Apalagi di Indonesia yang memiliki budaya untuk menggunakan motor sebagai alat untuk bepergian sehari-hari.

Motor adalah salah satu jenis transportasi kita. Motor banyak menjadi pilihan masyarakat karena dianggap lebih gesit, efektif, dan harganya lebih mudah dijangkau daripada membeli sebuah mobil. Namun tentu saja walaupun mempunyai harga yang lebih murah bukan berarti motor dapat kita kategorikan sebagai barang murah. Motor mempunyai harga yang cukup tinggi sehingga harus dirawat dengan baik.

Karena motor merupakan barang tersier dengan harga yang cukup tinggi, maka keadaan motor harus kita jaga dengan baik. Salah satu bagian motor yang harus kita jaga keamanannya agar lebih tahan lama adalah aki. Aki motor adalah bagian dari motor yang mempunyai fungsi sebagai penyuplai tenaga ke Engine Control Unit atau yang biasa disingkat sebagai ECU. Aki merupakan salah satu bagian penting yang harus dijaga agar motor dapat berjalan dengan baik.

Untuk dapat merawat aki motor berikut adalah beberapa cara dan tipsnya:

1. Mengecek Badan Aki

Pengecekan ini dilakukan pada aki basah. Selalu hal pertama yang harus dilakukan saat melakukan pengecekan dan sekaligus merawat adalah mengecek badan aki. Mengecek apakah ada kebocoran pada badan aki tersebut atau tidak. Jangan sampai anda berkendara namun badan aki tersebut bocor, akan sangat berbahaya Jika bocor anda harus segera mengganti aki basah dengan badan aki basah yang resmi agar tidak memengaruhi performa motor.

2. Memanaskan Motor Sebelum Mengendarai

Aki adalah salah satu bagian yang dapat membuat sebuah motor dapat berjalan. Maka dari itu sel-sel aki harus aktif. Hal yang dapat dilakukan untuk membuat sel-sel aki ini tetap hidup atau aktif adalah dengan memanaskan motor sebelum anda mencoba menyalakan atau mengendarai motor tersebut. Hal ini diperlukan untuk memastikan dan membuat sel-sel aki kembali aktif.

Jika anda memanaskan motor pastikan motor sudah terstandarkan. Selain itu, jangan terlalu cepat memanaskan aki. Panaskan sekitar selama lima menit sebelum anda menggunakan motor. Jika motor anda sedang tidak digunakan anda tetap harus memanaskan motor anda minimal lima belas menit sehari secara rutin. Hal ini untuk menjaga agar sel-sel tetap aki tetap aktif dan dapat merawat aki motor anda.

3. Jangan Menyalakan Starter Elektrik Secara Paksa

Pada motor matic, para pengendara terbiasa untuk mengunakan starter elektrik untuk menghidupkan motor. Namun pada beberapa kasus terkadang starter elektrik tersebut sulit untuk dihidupkan atau bahkan tidak bisa menghidupkan motor anda. Jika sudah begitu, jangan paksakan menyalakan motor dengan starter matic. Hal tersebut dapat merusak aki

Hal yang harus anda lakukan adalah dengan menggunakan starter manual atau dengan engkol. Karena sesungguhnya starter elektrik ini dipersiapkan untuk keadaan darurat saja, Untuk harian anda dapat menggunakan starter manual agar dapat merawat aki motor.

4. Saat Mematikan Motor, Pastikan Komponen Listrik Lain Mati

Komponen listrik lain dalam motor salah satunya adalah head lamp atau lampu sign berbelok kanan atau kira. Hal ini perlu dilakukan agar saat kita akan menyalakan motor lagi, beban aki untuk menyalakan motor tidaklah terlalu besar. Karena jika menggunakan berbagai komponen listrik secara bersamaan malah akan mengganggu stabilitas listrik pada motor.

Baca Juga : Aki Motobatt,

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment