Blogging

Merekam Dekstop Menjadi Gambar Bergerak GIF

Gambar diam pada umumnya memiliki format .jpeg .png .bmp sedangan untuk gambar animasi bergerak memiliki format gif. Membuat gambar foto dekstop bergerak memang sangat berguna bagi blogger yang ingin menamahkan gambar GIF bergerak di blognya. Biasanya sangat bermanfaat digunakan untuk membuat postingan berupa tutorial. Selain memudahkan pemahaman pembaca, animasi gambar bergerak ini juga membuat postingan jadi lebih menarik karena ada gambar bergeraknya. Bagi yang belum tau pasti akan heran dan bingung bagaimana cara membuat gambar bergerk seperti dibawah ini ? Padahal caranya sangat mudah. Gambar seperti video pendek tersebut memiliki format GIF dan tampak menarik menurut saya ditambahkan dalam sebuah postingan.

Nama aplikasinya adalah LICEcap . Ada beberapa keunggulan LICEcap diantaranya. Aplikasi ini memiliki interface yang sangat sederhana dan bisa dibuktikan sendiri dengan sekali mencoba pasti anda dapat langsung menggunakanya. Ukuranya hanya 243 kb jadi sangat ringan digunakan pada berbagai PC/laptop spek rendah sekalipun. Aplikasi ini juga benar-benar gratis / freeware tanpa versi berbayar dan bisa digunakan untuk hal komersial maupun personal. Cocok juga bagi pengguna yang ingin membuat tutorial sederhana flash based.

Selain kelebihan LICEcap juga memiliki kekurangan diantaranya, hanya bisa digunakan untuk menghasilkan file berformat GIF jadi tidak bisa untuk merekan menjadi video berformat seperti AVI, mp4, atau MOV. Jangan harap juga anda dapat merekam suara karena formatnya GIF. Interfacenya terlalu sederhana dan terkesan jadul ala windows 95 namun hal ini tentu saja juga menjadi kelebihan karena ram yang dibutuhkan sangat kecil dan sangat ringan.

Merekam Gambar Dekstop Menjadi Animasi GIF

Yang terjadi saat anda selesai menginstal aplikasi ini adalah sebuah frame windows dan anda dapat mengatur ukuran layar secara manual, isikan angka sesuka anda yang dirasa proporsional karena kalaupun upload dalam postingan nanti ukuranya juga bisa dipilih sesuka hati. Lalu anda siap merekam aktifitas dekstop dengan menekan tombol record dibawahnya, anda akan diarahkan ke folder dimana anda akan menyimpan file GIF anda. Setelah selesai merekan cukup tekan Stop. Aplikasi ini hanya satukali merekam tanpa dapat diedit seperti video, jadi anda harus yakin sehingga tidak terjadi kesalahan aktifitas dekstop dari yang anda inginkan.

Download aplikasinya Disini

Fitur:

Merekam langsung ke. GIF atau. LCF.
Memindahkan layar menangkap frame sewaktu perekaman.
Dan restart rekaman, dengan pesan teks opsional dimasukkan.
Global hotkey (shift + ruang) untuk beralih berhenti sementara rekaman
Perekaman maksimal disesuaikan framerate, untuk memungkinkan penggunaan CPU throttling.
Bingkai dasar judul, dengan atau tanpa teks.
Merekam kursor saat diklik
Menampilkan waktu yang berlangsung saat rekaman.

    Leave a Comment