Blogging

Migrasi Blogger ke WordPress Self Hosting Terbaru Terlengkap Termudah

Migrasi Blogger ke Wordpress
Written by Novian Hanu

Migrasi Blogger ke WordPress Self Hosting Terbaru Terlengkap Termudah. Sesuai judul disini saya akan memberikan tutorial paduan migrasi blogspot ke wordpress self hosting. Pada 27 Desember 2016 venomku telah berhasil memindahkan posting, comment dan gambar ke wordpress self hosting sendiri. Ada beberapa alasan kenapa saya melakukan migrasi dan menyarankan bermigrasi bagi pengguna blogger. Sebenarnya cara migrasi wordpress ke blogspot cukup mudah dan banyak tutorial yang tersedia di mbah Google. Namun yang saya temukan ada beberapa kendala dari berbagai artikel tentang migrasi wordpress ini karena kebanyakan cara tersebut tidak berhasil. Itulah yang mendasari penulisan artikel ini, jadi apabila anda mengalami kesulitan dalam bermigrasi ke wordpress anda juga dapat mencoba cara yang saya lakukan pada blog Venomku ini.

Daftar Isi Migrasi Blogger ke WordPress

  1. Mengarahkan Doman ke Hosting
  2. Instal WordPress di cPanel
  3. Setting WordPress Untuk Pertama Kali
  4. Import Post, Page dan Komentar Blogger ke WordPress
  5. Redirect URL posting Blogger ke WordPress
  6. Redirect Manual 404 error: Page not found
  7. Submit URL WordPress Baru ke Webmaster
  8. Selesai !

Baca Juga : Pengertian WordPress

Anda harus mengikuti langkah demi langkah, step by step untuk migrasi blogspot ke wordpress. Salah sedikit saja akan menyebabkan error dan akan menyulitkan anda. Hal ini juga penting agar anda tidak akan kehilangan traffic pengunjung dari Google karena permasalahan yang pasti anda hadapi nantinya adalah adanya beberapa “halaman tidak ditemukan” cukup menyulitkan tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan cara redirect URL yang error.

Syarat Migrasi Blogger ke WordPress

  • Memiliki Domain
  • Memiliki Hosting
  • Memiliki Uang (Siap membayar domain dan hosting secara berkala)

Sebelum anda berpindah dari hosting blogger ke hosting sendiri ada beberapa hal yang harus anda ketahui, syarat utama adalah tentu saja anda harus memiliki Domain dan Hosting. Anda harus membeli keduanya apabila ingin memiliki website yang professional. Akan tetapi apabila anda ingin ber experimen silahkan Baca Belajar WordPress Self Hosting dengan Hosting Gratis. Namun kekuranganya menggunakan hosting gratis biasanya server sering down dan lamban. Oleh karena itu anda harus menyewa hosting dengan server yang mumpuni sesuai dengan kebutuhan anda.

Kemudian jika anda sudah memiliki Domain dan Hosting, anda harus mengarahkan domain ke blogger dulu sebelum melakukan migrasi ke wordpress self hosting. Seperti yang anda ketahui apabila anda menggunakan blogger pasti domain anda berupa domain.blogspot.com, Jadi anda harus memiliki domain berupa domain.com domain.net domain.id dsb. Apabila anda masih menggunakan blogspot saya sarankan membeli domain murah dan berkualitas karena wordpress self hosting tentu tidak bisa menggunakan domain blogspot.com

domain.blogspot.com (blogger) → www.domain.com (blogger) → domain.com (wordpress)

Apabila anda baru saja membeli domain anda harus melekukan pointing domain ke blogger.

Langkah Migrasi Blogger ke WordPress

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memindahkan semua konten blogger ke wordpress. Ada beberapa langkah yang harus anda jalankan dengan sabar dan teliti agar migrasi blogger ke wordpress anda berjalan dengan lancar.

1. Mengarahkan domain ke hosting

Langkah pertama adalah mengarahkan domain ke hosting. Sebelumnya anda sudah mengarahkan domain ke blogger, biarkan seperti itu, anda tidak perlu mengutak-atik blogger lagi. Karena yang mempengaruhi pengarahan ke hosting adalah nameserver jadi anda tidak perlu mengubah atau menghapus DNS yang sudah anda atur saat mengarahkan domain ke blogger sebelumnya. Nameserver bisa anda dapatkan dengan menenyakan ke penyedia hosting anda masing-masing

Caranya login ke member area Domain anda -> masuk ke detil domain -> Name Server -> Pilih gunakan nameserver anda -> masukkan name server yang anda dapat dari pihak hosting.

pointing domain ke hosting

Apabila anda menggunakan pihak domain dan hosting yang sama akan lebih memudahkan anda. Namun apabila berbeda layanan juga tidka menjadi masalah. Dalam kasus ini saya menggunakan domain idwebhost dan hosting domainesia

Waktu yang dibutuhkan untuk mengarahkan name server tidak tentu biasanya butuh waktu 8 jam atau bahkan sehari penuh, saya sendiri membutuhkan waktu semalaman (sampai ketiduran). Untuk memastikan domain berhasil diarahkan ke hosting dengan sempurna, coba cek dengan mereload domain anda dan pastikan sudah tidak mengarah ke blogger lagi, untuk lebih memastikan sebelum mereload browser bersihkan terlebih dahulu cache browser.

2. Instal WordPress di cPanel

cPanel adalah Fasilitas yang memudahkan pemilik akun hosting untuk mengatur seluruh fasilitas web hosting miliknya. Salah satunya juga menginstal wordpress.

Dalam Migrasi Blogger ke WordPress. Caranya Login dan masuk member area hosting anda -> masuk ke cPanel -> cari Softaculous Apps Installer / perangkat lunak -> Pilih WordPress -> Instal Now

instal wordpress cpanel

Setelah klik Instal Now anda akan diminta mengisi beberapa pengaturan. Ingat Kosongkan In Directory apabila anda ingin menginstal wordpress di halaman utama anda misal domain.com apabila halaman utama anda bukan wordpress maka isikan sesuka hati anda misal hasilnya domain.com/directory. Isikan juga Site Name, Site Description, Admin Account, Username, Password dan Email.

cara instal wordpress

3. Setting WordPress Untuk Pertama Kali

Setelah anda menginstal wordpress tunggu beberapa saat kemudian masuk ke dashbor wordpress anda caranya refresh langkah kedua saat instalasi wordpress, anda akan melihat alamat wordpress anda klik gambar Admin untuk masuk dashbor wordpress.

masuk wordpress wp admin

Atau, anda bisa masuk melalui domain.com/wp-admin -> masukkan username dan password wordpress anda yang dibuat pada langkah ke-dua

Hapus Default Post, Page, dan Komentar

Secara Default anda akan menemukan Post “Hello World!”, Sample Page dan Komentar. Ini hanya sebuah contoh silahkan dihapus saja.

sample page post comment wordpress

Setting Permalink

Permalink adalah bagaimana URL website anda ditampilkan dalam browser. Masuk Pengaturan -> Permalink. Secara default pengaturan permalink wordpress biasa http://domain.com/p=123 permalink pendek tapi tidak SEO -> Ubah menjadi Nama tulisan https://domain.com/contoh-tulisan/ -> lalu Save

setting permalink wordpress

Atur Zona Waktu dan Bahasa

Masuk ke Setting -> General

Untuk wilayah Jakarta Indonesia pilih Jakarta. Anda juga dapat mengatur bahasa dibagian paling bawah. Lalu Judul dan Slogan juga harus anda sesuaikan dengan blog anda karena berhubungan dengan SEO.

setting zona waktu

4. Import Post, Page dan Komentar Blogger ke WordPress

Langkah selanjutnya dalam Migrasi Blogger ke WordPress adalah meng-import seluruh konten blogger. Ini adalah bagian terpenting karena konten adalah nyawa dari sebuah blog.

Pertama Export konten blog anda. Caranya masuk dashbor blogger -> Setelan -> Lainya -> Cadangkan Konten -> Simpan file xml

Export Blogger

Kembali ke WordPress -> Tools -> Import -> pilih Blogger Importer

Setelah blogger importer terpasang, jalankan dan unggah file xml yang didapat dari blogger tadi dengan tools import blogger tersebut hingga berhasil seluruhnya akan tampil seperti dibawah.

Blogger Importer Success

Baca Cara import blogger ke wordpress

Klik link diatas untuk mendapatkan paduan import dan memecahkan beberapa masalah yang mungkin terjadi dan yang saya alami saat migrasi blog venomku ini. Beberapa paduan migrasi yang saya temukan di Google menyarankan menggunakan Blogger Importer Extended, akan tetapi saya mengalami masalah karena posting tidak bisa ter-imprt dengan sempurna. Oleh karena itu saya menggunakan Blogger Importer.

Memindahkan Image ke Server Hosting WordPress

Dalam tahap ini mungkin anda juga akan menemukan sedikit problem lagi dimana dimana gabar yang anda miliki dalam postingan wordpress masih dihost oleh blogger dengan ciri-ciri URL gambar berupa :

https://1.bp.blogspot.com/-at6K8b_dBE8/EtOv6_DhXFCLcB/s640/download-video-youtube.jpg seharusnya https://venomku.com/wp-content/uploads/2016/12/download-video-youtube.jpg

1.bp.blogspot.com

2.bp.blogspot.com

3.bp.blogspot.com

4.bp.blogspot.com

dst

adalah ciri gambar yang di host oleh blogger, sedangkan gambar wordpress cirinya domain.com/wp-content/uploads/ untun memindahkan gambar serta mengubah seluruh link gambar dalam semua posting dengan gambar yang dihost oleh server hosting kita membutuhkan plugin bernama Image Cache

Plugin ini membantu proses migrasi gambar dengan sederhana dan dapat dilakukan hanya dalam 2 kali klik setelah menginstall dan mengaktifkan plugin. Plugin ini membuat proses download gambar dari blogger dan meng-upload secara otomatis ke server self hosting. Juga sekaligus merubah semua link diposting tanpa menyebabkan gambar error dalam postingan. Caranya :

  • Install dan Aktifkan Plugin Cache Image
  • Tools -> Cache Remote Images -> klik “ Scan” atau “Scan (including linked)

image cache wordpress

  • Klik cache from this domain
  • Cek URL gambar dipostingan anda

Jangan heran kalau setelah anda memindahkan semua gambar dari hosting blogger ke wordpress, kapasitas hosting server anda naik dengan pesat karena gambar semua sudah di upload ke hosting. Saya sendiri tidak menggunakan fitur cache image ini karena saya memiliki disk space sangat terbatas, jadi saya membiarkan gambar dihost oleh blogger, dan menurut saya tidak masalah karena server host blogger sudah tidak diragukan lagi kenceng dan tidak akan hilang, mungkin memang dari segi SEO tidak baik menggunakan hosting lain untuk menyimpan gambar.

5. Redirect URL posting Blogger ke WordPress

Sampai Migrasi Blogger ke WordPress disini link postingan anda dari blogger belum terhubung ke postingan dengan permalink wordpress karena beda permalink. Sehingga ketika anda membuka link url post dari blogger anda yang muncul adalah page not found atau eror 404 oleh karena itu anda harus melakukan langkah dibawah ini untuk melakukan redirect url post blogger ke wordpress. Tenang anda tidak akan mengedit postingan satu per satu. Misal :

http://www.venomku.com/2016/12/cara-riset-keyword-terbaru.html Menjadi https://venomku.com/cara-riset-keyword-terbaru/

Masuk cPanel -> File Manager -> public_html -> klik kanan .htaccess -> Edit

edit htacccess

Tambahkan Script dibawah ini kedalam .htaccess diatas #BEGIN WordPress

RewriteEngine on
RedirectMatch 301 /([0-9]+)/([0-9]+)/(.*)\.html$ /$3/
RewriteCond %{QUERY_STRING} ^m=1$
RewriteRule (.*) $1? [R=permanent]

Simpan

Sekarang coba buka salah satu postingan anda dengan alamat permalink blogger. Apabila langkah-langkah diatas anda lakukan dengan benar maka semua postingan anda akan berhasil teredirect dengan benar, namun mungkin ada beberapa yang tidak ditemukan, hal ini wajar. Anda bisa menggunakan plugin redirect untuk mengatasi halaman tidak ditemukan agar traffic anda tidak anjlok.

6. Redirect Manual 404 error: Page not found

Langkah selanjutnya dalam Migrasi Blogger ke WordPress adalah mengarahkan halaman error ke halaman yang benar. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya. Anda mungkin akan menemukan beberapa masalah pada beberapa postingan anda dan menemukan 404 error: Page not found. Anda harus menyempatkan waktu untuk memeriksa seluruh postingan anda untuk memastikan sudah tidak ada halaman 404 error: Page not found lagi.

Yang kita butuhkan adalah plugin untuk redirect halaman 404 error tersebut ke url yang benar. Walaupun kita sudah menambahkan script di .htaccess kadang kita menemui masalah pada url yang terlalu panjang seperti ini :

http://www.venomku.com/2016/12/cara-aktivasi-net-framework-35-di.html Menjadi https://venomku.com/cara-aktivasi-net-framework-3-5-di/ harusnya https://venomku.com/cara-aktivasi-net-framework-3-5-di-windows-10-offline/

Untuk mengatasi permasalahan ini saya menggunakan fitur dari SEO Yoast, yaitu plugin wajib untuk wordpress dan sangat praktis untuk mengoptimalkan SEO.

seo yoast redirection

Sayangnya fitur redirection untuk Yoast ini hanya tersedia untuk SEO Yoast premium, anda tidak akan mendapatkan fitur ini apabila menginstal dari plugin di WordPress.

Download SEO by Yoast Premium

Solusinya anda juga bisa menggunakan plugin bernama Redirection fungsinya sama, bahkan anda dapat mengetahui halaman yang menemui Error 404

redirection

7. Submit URL WordPress Baru ke Webmaster

Ini yang tak kalah penting setelah kita melakukan migrasi tentunya semua url akan berubah. Kita harus melakukan submit ulang ke Webmaster agar blog wordpress baru kita di Indeks oleh Google dan search engine lainya

Lagi-lagi disini saya menggunakan fitur dari SEO Yoast karena lebih praktis. Untuk membuat sitemap.xml pada wordpress setahu saya harus menggunakan plugin, tidak seperti blogger yang otomatis tinggal ditambahkan sitemap.xml. Mengaktifkan sitemap di SEO Yoast cukup mudah. Masuk ke SEO -> Peta Situs XML

submit url webmaster wordpress

Coba klik pada “You can find your XML Sitemap here: XML Sitemap” Untuk memastikan sitemap anda sudah aktif. Hasilnya seperti dibawah ini :

sitemap xml wordpress

Kemudian copy daftar link tersebut kedalam tambahkan sitemap webmaster

submit url sitemap xml webmaster wordpress

Selengkapnya Baca Cara index Google Webmaster

8. Selesai !

Selamat Migrasi Blogger ke WordPress anda sudah berhasil dengan lancar. Langkah selanjutnya adalah bagaimana anda mengoptimalkan blog wordpress anda. Anda bisa menambahkan tema wordpress keren SEO Friendly Coba theme Genesis Framework Gratis atau anda juga bisa mencoba theme blog ini Theme Voice Gratis

Ada beberapa plugin yang saya sarankan untuk mengoptimalkan web wordpress anda diantaranya :

  • Akismet : untuk melindungi blog dari spam
  • Loginizer : untuk melindungi login wp-admin dari hacker
  • Yoast SEO : untuk optimasi search engine (Download SEO by Yoast Premium)
  • W3 Total : Cache untuk mempercepat blog anda
  • WP Smush : untuk menghemat disk space server hosting dengan mengkompresi gambar
  • Quick Adsense : untuk menempatkan kode iklan dengan mudah
  • Contact Form 7 : untuk membuat halaman contact form dengan mudah dan menarik
  • Jetpack from WordPress.com : untuk memantau statistic kunjungan blog wordpress
  • Social Warfare : untuk membuat tombol share sosial media menarik, melayang

Diatas adalah plugin yang sangat saya sarankan tapi kalau menurut anda tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya tidak perlu menginstal plugin tersebut untuk menghemat disk space anda.

Plugin tambahan yaitu Plugin WordPress Database Reset untuk mereset wordpress anda. Plugin ini sangat berguna saat anda ingin mengembalikan wordpress anda seperti saat pertama kali diinstal dengan menghapus semua setting dan posting. Sangat berguna apabila anda mengalami masalah postingan yang tidak berhasil terimport sepenuhnya.

Oh iya Bagaimana dengan blog Blogger lama anda ? Biarkan saja tidak perlu diapa-apakan karena sekarang urusan kita untuk membuat posting dan pengoptimalan SEO ada pada wordpress. Jangan khawatir tidak akan terjadi duplikasi konten karena URL lama sudah ter redirect ke URL baru. Semua konten hanya ada satu yaitu pada blog wordpress anda. Bagaimana dengan Backlik yang sudah susah payah kita bangun ? Jangan khawatir juga anda tidak akan kehilangan backlink karena anda masih menggunakan domain yang sama jadi backlink akan tetap mengarah ke blog anda.

Selesai Migrasi Blogger ke WordPress Self Hosting Terbaru Terlengkap Termudah. Sepertinya sudah 2017 kata saya menulis artikel ini. Apabila anda membutuhkan bantuan atau ingin menambahkan sesuatu yang kurang dari artikel diatas silahkan mengisi kolom komentar dibawah untuk berbagi dengan teman-teman lain juga. Saya akan dengan senang hati membalas setiap komentar anda untuk kemajuan bersama.

About the author

Novian Hanu

Blogger newbie yang ingin belajar dan berbagi karena ilmu adalah harta yang tak akan pernah habis.

Leave a Comment

3 Shares
Tweet
Share2
+11
Share