Blogging

Migrasi WordPress dari Blogspot Setelah Sekian Lama

Migrasi Wordpress dari Blogspot
Written by Novian Hanu

Migrasi WordPress dari Blogspot Setelah Sekian Lama berfikir panjang sekarang menjelang tahun baru 2017 ini anda akan melihat blog venomku dengan tampilan wordpress. Sebelumnya blog venomku didukung oleh blogger selama 3 tahun ini, selain itu blogger juga gratis. Sebenarnya selama menggunakan blogger saya tidak pernah mengalami kendala yang berarti, namun yang saya rasakan adalah ketika memakai Blogger kurang leluasa meng-edit tampilan blogger. Salah satu cara untuk membuat tampilan custom adalah mendownload template blogger karena saya sendiri tidak pandai menggunakan HTML untuk dapat membuat template sendiri, dan apabila mendownload template pasti ada saja fitur dari template yang tidak saya sukai sehingga harus mengeditnya lagi. Karena suatu template sudah disusun sang pembuat dengan rapi dan saling terkait, kadang saat saya melakukan editing hasilnya akan berantakan dan tidak karuan. Hal ini lah yang menjadi satu alasan saya untuk migrasi dari blogspot ke wordpress.

Berbeda dengan Blogger. WordPress memiliki fitur plugin dimana kita bebas mengganakanya walaupun tanpa kemampuan coding sama sekali. Selain itu menurut saya wordpress juga terlihat lebih profesional dan elegan. Sebelumnya saya sudah membuat post tentang pilihan WordPress atau Blogger. Ada beberapa alasan kenapa saya mulai untuk migrasi ke wordpress.

Alasan venomku migrasi wordpress dari blogger

Alasan Pertama. Tentu saja sebelum menggunakan wordpress saya sendiri sudah belajar dan membiasakan diri dengan interface wordpress dengan memanfaatkan hosting gratis. Setelah mencoba menggunakan wordpress akhirnya saya mulai terbiasa dan sangat terbantu dengan fitur yang diberikan worpres self hosting.

Alasan Kedua. Suka dan cocok dengan aneka plugin yang ditawarkan wordpress. Plugin Favorit saya adalah SEO Yoast. Plugin ini sangat membantu saya dalam menulis artikel untuk keperluan SEO Onpage karena disini terdapat fitur edit snippet, analysis dan insight. Suatu plugin wordpress wajib dan sangat keren menurut saya.

Ada plugin wordpress wajib lainya seperti Jetpack, Contac form 7, dan masih banyak lagi yang dapat anda coba dan gunakan sesuka hati.

Alasan Ketiga. Menggunakan wordpress membuat blog kita tampak lebih profesional jelas karena menggunakan wordpress.org kita juga harus siap menyewa dan membayar hosting dalam periode tertentu.

Alasan Keempat. Sudah menemukan tempat sewa hosting yang cocok dan murah dengan gratis SSL selamanya. Menurut beberapa artikel situs yang menggunakan SSL atau biasa dikenal https:// terbukti mendapatkan peringkat lebih tinggi didalam search engine.

Alasan Kelima. Sudah menemukan theme wordpress yang pas dan mudah diatur. Saya terinspirasi menggunakan theme Voice ini dari tema blog Portal-Uang. Dan setelah saya coba ternyata penggunaanya sangat mudah dan memiliki fitur sangat lengkap.

Alasan Keenam. Dan Lain-Lain.

Sebenarnya sebelumnya saya ragu menggunakan WordPress karena kendala biaya sewa hosting. Walaupun venomku memiliki Adsense namun belum pernah sekalipun merasakan Gajian dari Adsense (Ngenest). Akan tetapi setelah banyak berfikir saya memilih untuk migrasi wordpress self hosting lebih cepat lebih baik. Karena pikir saya dengan tampilan https:// dan permalink yang beda dengan blogger, semakin cepet didaftarkan ke Webmaster akan lebih baik.

Pada postingan selanjutnya saya akan berbagi pengalaman cara mudah migrasi dari Blogspot ke WordPress.

About the author

Novian Hanu

Blogger newbie yang ingin belajar dan berbagi karena ilmu adalah harta yang tak akan pernah habis.

Leave a Comment

0 Shares
Tweet
Share
+1
Share