Otomotif

Modifikasi Honda CBX

Pecinta kendaraan roda dua yang kuno pasti tak asing dengan Honda CBX. Motor ini begitu booming di era 70-an dengan tampilannya yang gahar, banyak silinder di bagian bawah dan dinamakan superbike pada zamannya. Dengan mesin 1047 cc dan 105 bhp, motor ini masih diperebutan hingga kini dan dimodifikasi sedemikian rupa. Berikut cara modifikasi Honda CBX yang bisa dilakukan.

Modifikasi Honda CBX

Modifikasi Honda CBX

  1. Melebarkan bagian belakang

Dengan cara ini, anda bisa sekaligus mengganti suspensi baru dan ketinggiannya bisa disesuaikan di dua sisinya. Penambahan bingkai juga berfungsi untuk memasukkan singarm yang baru untuk susukkan suspensi yang baru. Bagian belakang juga sebaiknya diperkuat dengan cara menghilangkan flex yang ada.

  1. Memodifikasi mesin

Mesin yang sudah berusia 30 tahunan juga sebaiknya diganti agar kemampuan berhenti, belok dan berjalannya bisa optimal. Memodifikasi bagian ini terutama sistem knalpotnya bukanlah tugas yang mudah. Honda CBX memiliki 6 knalpot yang terbuat dari stainless steel. Bagian pipanya sebaiknya direlokasi untuk tegap di samping motor bagian depan.

  1. Aliran elektrik

Aliran listrik sebaiknya disederhanakan dengan menggunakan baterai lithium-ion karena sifatnya yang ringan dan juga anti gravitasi. Motor ini nantinya bisa dihidupkan hanya dengan menggunakan tombol on dan off. Semua kontrolnya bisa ditangai hanya dengan menggunakan mini-switch.

  1. Jok

Modifikasi jok sebaiknya hanya dengan mengganti cover kulitnya saja. Bagian jok dari Honda CBX memiliki ciri khas yang vintage dan unik. Mungkin anda akan kesulitan untuk mencari penggantinya di outlet aftermarket, sehingga anda sebaiknya membuatnya secara kustom.

  1. LED

Lampu utama di bagian depan, anda bisa menggantinya dengan lampu LED. Lampu LED bisa berupa lampu kecil berjumlah 12 buah. Lampu jenis ini akan membuat motor honda CBX memiliki kesan futuristik namun tetap gahar.

  1. Velg

Salah satu keharusan modifikasi honda CBX adalah dengan mengganti velg-nya. Meskipun motor ini berhenti diproduksi pada tahun 1982, tetapi di tahun 2011 beberapa perusahaan penyedia produk velg aftermarket membuat desain velg yang mirip dengan pabrikan Honda CBX zaman dulu. Brand seperti Michelin Pilot menjadi favorit pemilik Honda CBX untuk memodifikasi motornya.

Leave a Comment