Otomotif

Modifikasi Motor Mio

Modifikasi Motor Mio. Mio merupakan motor keluaran Yamaha yang menjadi tren motor berjenis skuter. Di Indonesia, Mo memiliki banyak pengguna sejak kehadirannya di awal tahun 2000-an. Hingga sekarang, motor berjenis skuter makin banyak diminati. Agar tampilan dan performa Mio lama anda masih tetap seperti baru dan prima, berikut ini adalah tips modifikasi motor mio yang bisa anda coba.

Modifikasi Motor Mio

  1. Modifikasi knalpot

Penggemas modifikasi biasanya akan meodifikasi bagian knalpot untuk memberikan power yang ekstra. Pengubahan knalpot sebaiknya menjadi bilik yang lebih luas. Perluasan tersebut akan memberikan efek tekanan yang akan dikeluarkan ketimbang tekanan tersebut masuk kembali. Pencegahan tekanan tersebut memberi keuntungan beruba efisiensi bahan bakar.

  1. Silinder kit 70 cc

Pemasangan silinder kit 70 cc akan memberikan peningkatan yang besar pada powernya. Kit ini memang didesain spesial untuk motor matic yang memakai silinder 50 cc. Kapasitas kit 70 cc berkontribusi pada performa yang tinggi dan menghasilkan power yang lebih baik daripada silinder standar.

Instalaksi kit 70 cc juga biasanya akn memberikan power ganda pada motor mio, yang secara drastis juga meningkatkan nilai torsinya. Keuntungannya adalah motor mio anda akan bisa lebih cepat dibandingkan mobil, yaitu mencapai 80-100 km/ jam. Namun patut diingat, modifikasi ini nantinya akan memakan biaya servis dan pemeliharaan yang lebih tinggi.

  1. Modifikasi transmisi

Pada modifikasi satu ini, ada beberapa cara dan beberapa level yang akan dilakukan. Bagian transmisi terbagi ke dalam 4 macam yaitu variator, belt, diff gear dan bagian clutch. Yang terpenting adalah memasang variator untuk memaksimalkan kecepatannya dan juga meningkatkan efisienasi saat berada di kecepatan maksimum.

Variator juga akan menyebabkan perubahan akselerasi pada motor mio menjadi lebih halus, konsisten dan membuat pengendara menjadi lebih percaya diri. Keunggulan lainnya adalah variator akan lebih sensitif terhadap perubahan kecil yang dialami oleh mesin.

  1. Modifikasi karburator

Modifikasi motor mio yang sering dilakukan adalah penggantian karburator. Mengganti karburator akan emasok lebih banyak udara dan bahan bakar ke dalam mesin sehingga powernya akan menjadi lebih besar. Biasanya, motor mio menggunakan karburator standar yaitu 12 mm dan 17.5 mm dan sebaiknya diganti dengan karburator berukuran 19 mm atau 21 mm.

 

Leave a Comment