free hit counters Modifikasi Satria Fu Supermoto pakai Peninggi Shock Depan Belakang
Otomotif

Modifikasi Satria Fu Supermoto

Modifikasi Satria Fu Supermoto. Suzuki Satria Fu merupakan motor yang hits dikalangan anak muda. Modifikasi Satria Fu banyak dilakukan. Sparepart aftermarket apapun juga tersedia banyak untuk motor yang satu ini. Walaupun saat ini Satria Fu versi karburator sudah tidak diproduksi lagi, namun aksesoris variasi untuk versi karbu ini masih banyak sekali dipasaran. Biasanya modifikasi Satria Fu mengusung tema roadrace atau drag race. Namun tema modifikasi kali ini juga sangat menarik yaitu mengusung konsep supermoto.

Tidak ada yang menyangka kalau Satria Fu juga bagus apabila dirombak menjadi supermoto. Tidak harus menggunakan sparepart aksesoris yang mahal namun masih mempertahankan cirikhas Satria Fu, menjadikan Modifikasi satria fu supermoto ini menjadi sangat sedap dipandang mata. Modifikasi seperti ini masih tergolong jarang walaupun akhir-akhir ini mulai menjamur orang-orang yang ikut melakukan modifikasi seperti ini.

Keuntungan lain dengan modifikasi Staria Fu Supermoto adalah lebih aman dari banjir karena menggunakan peninggi shock depan belakang. Cocok untuk jalan daerah pedesaan dan offroad. Selain itu stang fatbar juga menjadikan motor ini lebih mudah dikendalikan dan tidak gampang capek karena riding psistion menjadi seperti motor trail.

Modifikasi Satria Fu Supermoto

Satria fu supermoto

Modifikasi Satria fu supermoto

Modifikasi Satria fu supermoto

Modifikasi Satria fu supermoto

Modifikasi Satria fu supermoto

Semua aksesoris yang digunakan motor diatas 90% Plug n Play sisanya kita harus melakukan penyesuaian seperti potong spakbor depan belakang. Namun kita tidak perlu mengubah dudukan apapun dari motor, sehingga ketika suatu saat kita ingin mengembalikan seperti keadaan semula, kita tidak perlu repot-repot tinggal bongkar pasang saja.

Berikut ini rincian sparepart dan aksesoris yang digunakan untuk memodifikasi Satria Fu menjadi supermoto.

Spakbor Depan

Pada spakbor depan menggunakan spakbor KTM 85 dapan anda dapatkan di banyak onlineshop dengan kata kunci tersebut. Untuk memasang spakbor depan kita harus memotong terebih dahulu bagian belakang spakbor KTM 85 ini karena akan terlalu panjang apabila dipasang di FU. Kemudian kita juga harus melepas dudukan plat nomor karena spakbor akan dipasang menggunakan kabel ties pada segitiga stang bagian bawah. Jadi spakbor akan mepet dengan batok headlamp. Plat nomor bisa diakal dengan membuatkan dudukan dibagian Visor. Jadi tetap aman dari tilang polisi. Harganya kisaran 100 ribu rupiah.

Peninggi Shock Depan

Peninggi shock depan ini berupa sebuah sambungan pada tabung shock depan atas. Gunakan tinggi sambungan 15 cm agar kita leluasa mengatur tinggi rendah bagian depan. Harganya kisaran 50 ribu rupiah.

Selang Rem

Selang rem gunakan yang lebih panjang 90 cm, karena stang akan tambah tinggi dan lebar. Selang rem original tidak akan bisa digunakan. Harganya kisaran 50 ribu rupiah.

Stang Fatbar

Stang Fatbar ini memiliki lebar sekitar 90 cm. Jadi posisi tangan ketika berkendara akan terasa seperti KLX atau CRF. Cara pasang cukup mudah, raiser fatbar diikat dengan mur baut 12×6  kedalam lubang baut yang ada di segitiga stang. 2 baut saja sudah cukup. Yang jadi kendala ketika kita memasang holder kanan kiri satria akan terdapat semacam pengait agar tidak melintir, sedangkan stang Fatbar belum memiliki lubang untuk pengait holder ini. Sehingga kita harus mengebor sendiri agar holder saklar dapat terpasang. Selebihnya pemasangan PnP. Harganya kisaran 150 ribu rupiah.

Peninggi Shock Belakang

Peninggi shock belakang ini dipasang dibagian bawah shockbreaker belakang yang terhubung dengan swing arm. Bisa anda dapatkan juga di Onlineshop. Harganya kisaran 50 ribu rupiah.

Spakbor belakang

Untuk membuat tampilan lebih manis ala undertail. Spakbor belakang dipotong sampai mepet. Lubang kunci jok juga dipotong dan dilepas, disisakan kabel yang nongol saja, untuk membuka jok kita bisa menarik ujung kabel tersebut. Sangat disayangkan kalau memotong spakbor aslinya, selain itu spakbor asli juga sangat keras susah untuk dipotong. Oleh karena itu saya sarankan untuk membeli spakbor belakang KW untuk dipotong. Anda masih bisa menyimpan yang asli dan bisa anda pasang lagi ketika cuaca hujan dan perjalanan jauh. Spakbor belakang Satria Fu KW harganya kisaran 75 ribu rupiah.

Ban Depan Belakang

Ban asli Satria Fu memiliki ukuran ban depan 70/90-17 dan ban belakangnya berukuran 80/90-17. Dengan ukuran tersebut akan terlihat sangat kecil ketika Satria Fu kita sudah ditinggikan depan belakang. Selain itu untuk melibas jalanan yang jelek uga lebih nyaman dengan ban yang lebih besar. Satria Supermoto Diatas menggunakan ban depan ukuran 90/80-17 dan ban belakang ukuran 100/80-17. Saya menggunakan ban michelin pilot street harganya kisaran 800 ribu rupiah untuk depan belakang.

Standar Samping

Karena Satria Fu Supermoto tingginya bertambah maka standar samping juga harus diganti yang lebih panjang kalau tidak mau ribet cari ganjel. Selain itu standar tengah juga sudah tidak berfungsi lagi dan sebaiknya standar tengah dilepas untuk estetika. Disini standar samping dipotong tengahnya kemudian disambung dengan pipa tang ukuranya sama. Ongkosnya sekitar 25 ribu rupiah.

Total Biaya

Jadi total biaya yang kita perlukan untuk membuat modifikasi satria fu supermoto seperti diatas sekitar Rp 1.300.000.

Dengan referensi seperti diatas anda sudah memiliki Satria Fu Supermoto. Modifikasi seperti ini yang seharusnya kita dukung karena kemampuan motor bertambah namun tidak mengurangi safety dalam berkendara. Jadi tetap aman digunakan dijalan raya maupun untuk semi trabas.

Leave a Comment