Teknologi

Daftar OTG Lightning iPhone dan iPad untuk Kebutuhan External Storege

OTG iPhone dan iPad iXpand v2 Flash Drive Lightning OTG USB 3.0 for Iphone
Written by Novian Hanu

OTG iPhone dan iPad untuk Kebutuhan External Storege. iPhone dan iPad adalah produk Apple yang menggunakan sistem operasi iOS. iPhone dan iPad adalah smartphone yang berbeda dengan lainya. Kesan exlusive dengan security yang terjamin keamananya adalah kelebihan namun bisa juga menjadi kekurangan. Untuk storage kapasitas penyimpanan internal iPhone dan iPad sendiri yang tersedia adalah 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB dan 256 GB pada iPhone 7. Tidak masalah apabila iPhone anda sudah memiliki kapasitas penyimpanan besar. Namun untuk iPhone 4, 4s, 5, 5c, 5s, 6, 6+, 6s yang masih menggunakan memori penyimpanan 16 GB pasti dirasa kurang untuk sebagian orang dengan kebutuhan memori yang besar.

OTG merupakan singkatan dari On The Go. USB On The Go pada iDevice berfungsi untuk memindahkan data dari perangkat iDevice langsung ke perangkat portable seperti flashdisk lalu bisa juga ke perangkat iDevice lain atau ke komputer atau laptop. OTG untuk iOS tidak seperti OTG untuk Android. OTG untuk Android bisa kita dapatkan di toko komputer terdekat seharga 5 ribu rupiah. Saat ini juga ada flash disk OTG seperti merk sandisk untuk micro USB Android harganya 100 ribu untuk 16 GB. Selain itu OTG untuk android tidak membutuhkan aplikasi tambahan dan langsung bisa digunakan karena semua android terdapat file exploler untuk mengakses file.

Jangan khawatir bagi anda pengguna smartphone Apple saat ini juga bisa menggunakan OTG seperti pada Android. Namun memang mungkin dibutuhkan langkah dan budget extra untuk menggunakanya. Ya memang iOS sangat melindungi privasi penggunanya sehingga tidaklah mudah mengambil atau mengirim file ke perangkat iOS anda. Jika anda pikir ini sangat ribet, itu berarti anda tidak cocok dengan smartphone exlusive seperti iPhone dan iPad. Jadi kalau anda berpikir ribet dan harga yang sangat mahal, lebih baik anda menggunakan android 500 ribuan. Tentu anda tidak akan mendapatkan pengalaman pengguna seperti saat menggunakan perangkat iOS.

Apple sendiri tidak mengeluarkan aksesoris berupa OTG Lightning to USB secara resmi karena memang tidak ada apliksi iOS standard yang mendukungnya. Yang mendekati OTG yang kita maksud hanyalah kabel Lightning to USB Camera Adapter. Adapter tersebut berfungsi untuk mentransfer file berformat foto dan video. Artinya anda tidak bisa memindahkan file berformat dokumen dan format lainya. Dalam situs resmi Apple tidak ada satupun aksesoris yang berfungsi untuk Lightning to USB cek Apple Accessories. Jadi menurut saya Lightning to USB sebenarnya dilarang karena melanggar kebijakan Apple. Tapi its okay seperti halnya jailbreak yang dapat dilakukan orang awam sekalipun dengan langkah-langkah yang ditemukan di internet. Namun pastinya Apple Inc tidak akan bertanggung jawab dengan hal yang terjadi. (lebay)

OTG iPhone dan iPad

Seperti yang sudah saya katakan bahwa Apple tidak mengeluarkan produk OTG iPhone maupun iPad berupa Lightning to USB. Dibawah ini ada beberapa perangkat dengan fungsi Lightning to USB yang dapat anda gunakan dengan instalasi mudah dan “aman”.

1. i-Flash Drive

Lightning to USB Adaptor Universal Micro SD

Sumber : Lazada

i-FlashDrive adalah penyimpanan tambahan untuk iPhone / iPad dengan slot microSD yang tersedia. Anda dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan iDevice, dan transfer data antara iDevice dan PC. Fungsinya lebih seperti card reader dengan konektor lightning. Besar memori tergantung dengan kapasitas micro SD yang anda pasang. Anda dapat dengan mudah mengatur semua file di micro SD seperti create, copy, move, delete, rename, transfer file di PC atau iPhone.

Untuk dapat menggunakanya anda perlu mendownload i-easydrive di Appstore iOS dan i-UFlash di PC Windows. Harga Universal i-Flash Drive ini sekitar Rp. 150.000,-. sangat murah pastinya.

2. Pqi iConnect Mini OTG Flashdisk Lightning Apple & USB 3.0

Pqi iConnect Mini OTG Flashdisk Lightning Apple & USB 3.0

Sumber : Lazada

Pqi iConnect Mini adalah produk yang memiliki sertifikat resmi Apple MFi Certified Lightning Interface & USB 3.0 yang dibuat untuk menambah kapasitas penyimpanan iPhone dan iPad yang terbatas. Lebih exlusive cocok dengan perangkat high end anda. Pqi iConnect ini sudah termasuk flashdisk berkapasitas 32 GB.  Support untuk iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 6 Plus, iPhone 6, iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 5, iPad Air 2, iPad Air, iPad (4th generation),iPad mini4, iPad mini 3, iPad mini2, iPad mini, iPad ProiPod touch (5th generation) and newer (iOS 9).

Anda juga harus mendownload aplikasi Pqi iConnect+ di appstore. Aplikasi OTG Flashdisk ini juga memiliki fitur keamanan Fingerprint untuk melindungi keamanan file dan data anda. Harganya bisa dibilang mahal Rp. 1.200.000,- namun setara dengan fitur dan lisensi yang kita dapatkan. Jangan kawatir kalau anda masih kekurangan kapasitas karena ada pilihan kapasitas lain yang juga berbeda harga.

3. Sandisk iXpand v2 Flash Drive Lightning OTG USB 3.0 for Iphone

iXpand v2 Flash Drive Lightning OTG USB 3.0 for Iphone

Sumber : Lazada

Sandisk iXpand v2 merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya yang memiliki bentuk kotak lebih besar. Untuk V2 ini desainya lebih mungil seperti flashdisk pada umumnya. Fungsinya seperti Pqi iConnect Mini namun belum bersertifikat MFI sehingga harganya lebih murah. Dengan aplikasi bernama iXpand anda bisa mentransfer file maupun menikmati film dan musik langsung dari Sandisk iXpand. Dengan kecepatan transfer yang tinggi tentunya. Harganya Rp. 500.000,- untuk 32 GB.

4. iKlips

iKlips iBox Indonesia

Sumber: iBox Indonesia

Selanjutnya Flashdisk OTG Lightning to USB yang dijual iBox Indonesia. Kalau sebelumnya anda bisa dapatkan melalui toko online, untuk yang satu ini anda bisa dapatkan di toko Authorized Reseller resmi Apple. Jadi pastinya juga memiliki lisensi MFI seperi Pqi iConnect Mini. Apabila anda ingin membeli sebuah OTG iPhone / iPad yang berkualitas saya sangat merekomendasikan untuk membelinya di iBox atau toko resmi lainya dengan datang langsung untuk mencoba secara langsung iKlips sehingga anda bisa memastikan OTG yang anda beli bisa berjalan tanpa kendala. Harga iKlips di iBox sekitar Rp. 999.999,-.

Penutup

Sebenarnya masih ada banyak lagi OTG iPhone yang memiliki harga lebih murah dibandingkan ke-4 OTG diatas namun bagaimanapun juga ada harga ada kualitas tentunya. Ada alternatif lain apabila anda ingin mentransfer sebuah file dari iOS ke perangkat lain. Yaitu menggunakan aplikasi Share it yang tersedia untuk iOS, Android dan Windows.

About the author

Novian Hanu

Blogger newbie yang ingin belajar dan berbagi karena ilmu adalah harta yang tak akan pernah habis.

Leave a Comment

3 Shares
Tweet
Share1
+11
Share1