free hit counters Perbandingan LCD vs OLED | iPhone XR vs iPhone XS
Gadget

Perbandingan LCD vs OLED | iPhone XR vs iPhone XS

Perbandingan LCD vs OLED pada iPhone XR vs iPhone XS. iPhone XR, XS, dan iPhone 11 memang sedang dibicarakan banyak orang. Sekilas iPhone XR dan XS terlihat sangat mirip hampir dari segala sisi. Apalagi dari layar depan secara visual tidak ada perbedaan. Perbedaan yang paling terlihat hanyalah kamera belakang. Jadi, apa bedanya? iPhone XR hadir dengan “Liquid Retina” layar LCD vs dan iPhone XS hadir dengan “Super retina ” layar OLED. Apa perbedaan Perbandingan LCD vs OLED ? Kalau dari segi fitur tentu saja iPhone XS lebih baik karena harga juga lebih tinggi. Namun bagaimana dengan perbedaan layar yang digunakan ?

OLED iPhone XS vs LCD iPhone XR

Perbandingan LCD vs OLED iPhone XR vs iPhone XS

Teknologi OLED sudah begitu populer akhir-akhir ini. Tapi apa OLED lebih baik dari LCD ?

Secara sederhana, jika Anda memiliki layar OLED, setiap pixel di layar tersebut memancarkan cahayanya sendiri. Itu berarti bagian pixel yang berwarna hitam dari layar tidak perlu dihidupkan sama sekali, hal ini dapat menghemat daya serta mencapai kontras yang lebih baik.

Baca Juga : Jangan Gunakan Dark Mode buat Baterai iPhone Jadi Boros

Disisi lain, LCD memerlukan backlight secara keseluruhan, sehingga bahkan jika Anda mengisi layar dengan full warna hitam, Anda masih akan melihat cahaya pada layar LCD anda.

Kekurangan Layar OLED

Bagaimanapun kelemahan besar layar OLED, adalah kerentanan mereka untuk terbakar, atau setelah gambar muncul, ketika gambar yang pernah di layar akan tetap terlihat setiap kali menggunakan perangkat. Hal ini biasanya disebut Shadow dan biasa terjadi pada menu dan item statis lainnya yang tetap di tampilan layar untuk jangka waktu yang panjang. Walaupun Shadow sudah banyak sekali kita temukan di perangkat Amoled dan OLED milik Samsung, tapi sejauh ini belum pernah ditemukan masalah yang terjadi dilayar OLED iPhone. Bagaimanapun Samsung adalah produsen layar OLED terbesar dan pemasok layar OLED untuk iPhone Terbaru.

Kekurangan Layar OLED

Diatas adalah perbedaaan kedua Display antara LCD dan OLED secara Umum.

Baca Juga : Cara Screenshot iPhone X, iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max

XR Display vs XS Display

Pertama kita akan membahas resolusi. iPhone XS memiliki resolusi 2436 x 1125, sementara iPhone XS Max memiliki resolusi 2688 x 1242. Kedua layar ini memiliki kerapatan piksel yang sama yaitu 458 PPI, tampilan keuanya sama-sama tajam.

Disisi lain, LCD pada iPhone XR memiliki resolusi 1792 x 898 dengan kerapatan piksel 326 PPI, meskipun tampilan adalah empat-persepuluh inci lebih besar dari XS. Jika Anda melihat kedua ponsel ini disejajarkan satu sama lain, Anda akan dapat melihat bahwa iPhone XS atau XS Max memiliki tampilan lebih tajam daripada XR.

Selain itu, XS dan XS Max memiliki fitur HDR atau High Dynamic Range Display. Layar HDR dapat memberikan warna yang lebih dalam dan lebih cerah pada film, acara TV, dan bahkan video YouTube. XR tidak memiliki layar HDR, sehingga Anda tidak akan mendapatkan pengalaman yang sama.

Apabila Anda sedang mencari tampilan layar paling tajam dan kuat, mungkin anda harus mencoba pengalaman layar OLED di iPhone.

Jadi, Apakah iPhone XS Lebih Baik?

Lebih jelasnya, ada beberapa perbedaan antara iPhone XR dan XS Selain tampilan display mereka, tetapi juga ada banyak kesamaan. iPhone terbaru mana yang Anda pilih tidak hanya sebatas tampilan Display saja. Anda harus membandingkan semua fitur lainnya juga. Dan yang jelas harga keduanya diatas 10 juta rupiah.

Leave a Comment