free hit counters Perbedaan Airpods GEN 1 vs Airpods GEN 2 vs Airpods PRO
Gadget

Perbedaan Airpods GEN 1 vs Airpods GEN 2 vs Airpods PRO

Perbedaan Airpods GEN 1 vs Airpods GEN 2 vs Airpods PRO. Produk Apple memang terkenal akan kalitas yang bagus terutama untuk kualitas suara dari earpods nya. Sejak kemunculan iPhone 7, Apple sudah tidak menggunakan konektor jack 3.5mm lagi. Airpods memang tidak disertakan dalam pembelian iPhone baru, namun untuk iPhone yang tidak memiliki port 3.5mm lagi, Apple sudah menyediakan earpods kabel bawaan dengan koneksi port lightning. Selama menggunakan earpods saya merasakan mendapatkan pengalaman yang tidak ada duanya. Apa lagi kalau menggunakan Airpods

Airpods adalah sebuah headset bluethooth wireless dari apple, karena kualitas dan harganya yang terbilang mahal, saat ini banyak yang meniru dari Airpods ini. Pada post sebelumnya saya sudah memberikan Cara Membedakan Airpod ASLI vs PALSU. Sampai saat ini airpods sudah memiliki 3 Generasi diantaranya :

  • Airpods Generasi 1 (13 December, 2016)
  • Airpods Generasi 2 (20 March, 2019)
  • Airpods Pro (30 October 2019)

Perbedaan Airpods GEN 1 vs Airpods GEN 2 vs Airpods PRO

Perbedaan Harga : Airpods GEN 1 vs Airpods GEN 2 vs Airpods PRO

Airpods Pro belum masuk ke Indonesia secara resmi, namun harga resmi yang diumumkan Apple adalah $249.00 atau dalam kurs Rupiah Rp 3.409.743,-. Sedangkan Airpods Gen 2 sudah tersedia di Authorizer Reseller Apple Indonesia seperti di ibox dengan harga Rp 2.799.000,- dan Rp 3.299.000,- dengan charging wireless case. Sedangkan di eraspace Rp 2.299.000,-. Untuk Airpods generasi pertama dibandrol dengan harga yang sama dengan generasi kedua. Namun mungkin karena produk lama pasti akan ada diskon dan harganya dibawah Airpods gen 2. Airpods Gen 1 harganya sekirar Rp 1.500.000,-

Persamaan : Airpods GEN 1 vs Airpods GEN 2 vs Airpods PRO

Semua model AirPod dapat tersambung ke iPhone atau Apple Watch hanya dengan satu ketukan, yang menawarkan penyiapan super simple. Setelah terhubung, Anda hanya perlu memilih AirPods dari perangkat yang sedang Anda gunakan dan Anda siap untuk menggunakanya.

Ada sensor kontrol audio otomatis, Jadi AirPods akan otomatis mengeluarkan suara saat sudah berada di telinga Anda dan juga mengaktifkan mikrofon otomatis. Anda juga dapat memilih untuk memakai salah satu AirPod atau keduanya Kapanpun.

AirPods 2 dan AirPods 1 juga memungkinkan Anda mengetuk dua kali untuk memutar musik atau ganti lagu dan keduanya memiliki desain yang sama. Sementara AirPods Pro, memiliki desain yang sedikit berbeda dengan silikon empuk diujung sehingga akan lebih nyaman ditelinga, tetapi untuk kontrol perangkat sama dengan model lainnya namun kualitas hardware dan software lebih baik dan maju.

Perbedaan Fitur : Airpods GEN 1 vs Airpods GEN 2 vs Airpods PRO

Desain

  • AirPods Pro: IPX4 tahan air dan keringat
  • AirPods gen 1: tidak ada peringkat IP
  • AirPods gen 2: tidak ada peringkat IP

AirPods Pro memiliki desain yang sedikit berbeda dengan AirPods 2 dan AirPods 1. Model Airpods Pro memiliki sertifikasi IPX4 tahan air dan keringat, sedangkan model AirPods lama tidak tahan air dan Airpods Pro juga memiliki ujung telinga silikon diseiakan tiga pasang ukuran silikon tambahan yang bisa diganti.

AirPods Pro memiliki desain ventilasi untuk penyesuaian tekanan, serta sensor gaya pada batang, yang memungkinkan kontrol lebih banyak. Selain itu, AirPods Pro memiliki dua mikrofon untuk mengaktifkan noise cancelling.

Kontrol

  • AirPods Pro: kontrol perangkat tingkat lanjut
  • AirPods gen 2: kontrol perangkat dasar
  • AirPods gen 1: kontrol perangkat dasar

AirPods Pro memiliki kontrol yang lebih canggih daripada airpods 2 dan AirPods 1.

Pada AirPods Pro, satu ketukan pada batang Airpod memungkinkan pengguna untuk memutar, menjeda, atau menjawab panggilan telepon. Dua ketukan memungkinkan pengguna untuk skip kedepan lagu dan tiga ketukan untuk mengulang kembali lagu. Tekan dan tahan mengaktifkan mode niose cancellation dan transparansi.

Pada AirPods gen 2 dan AirPods gen 1, satu-satunya kontrol adalah dalam bentuk double tap. Dengan double tap terbatas ini anda dapat membuka siri, next track, previous track, atau Play/Pause. Ketika panggilan telepon datang melalui, Double Tap akan menjawab panggilan sekalipun.

Suara

  • AirPods Pro: EQ adaptif, noise cancellation
  • AirPods 2: tidak ada noise cancellation
  • AirPods lama: tidak ada noise cancellation

AirPods Pro menjanjikan pengalaman suara yang lebih imersif daripada AirPods 2 dan AirPods 1. Model pro memiliki Adaptive EQ, yang secara otomatis menyetel musik low dan mid sesuai bentuk telinga seseorang. Dengan speakers yang didesain untuk mengoptimalkan kualitas audio dan menghapus kebisingan latar belakang.

AirPods Pro juga memiliki Active noise cancellation, seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya. Dua mikrofon dipadukan ke dalam desain AirPods Pro yang digunakan bersamaan dengan perangkat lunak yang canggih untuk beradaptasi dengan telinga pengguna (kanan-kiri) dan menghilangkan kebisingan latar belakang.

AirPods 2 dan AirPods 1 menawarkan pengalaman suara yang sama antara (kanan-kiri). Tidak memiliki EQ adaptif, tidak ada Active noise cancellation dan tidak ada mode Transparency.

Prosesor

  • AirPods Pro: chip H1
  • AirPods gen 2: chip H1
  • AirPods gen 1: chip W1

AirPods Pro dan Apple AirPods gen 2 berjalan pada chip yang disebut H1, lebih unggul dibandingkan dengan chip W1 pada AirPods gen 1.

Chip H1 diklaim memiliki dua kali koneksi lebih cepat dari pada chip W1, 50 persen lebih banyak waktu bicara dan koneksi 1,5 x lebih cepat untuk panggilan telepon. Hal ini juga diklaim memberikan 30 persen Gaming latency lebih rendah .

Kontrol suara siri

  • AirPods Pro: kompatibel dengan siri
  • AirPods gen 2: kompatibel dengan siri
  • AirPods gen 1: siri melalui iPhone atau Apple Watch

Berkat chip H1, Apple AirPods Pro dan Apple AirPods gen 2 sudah memiliki kontrol “Hey siri ” sendiri, memungkinkan pengguna untuk membuat panggilan telepon, memutar musik, mengubah volume dan meminta petunjuk menggunakan suara mereka.

AirPods gen 1 tidak mendukung siri, meskipun pengguna tetap dapat menggunakan iPhone atau Apple Watch untuk menggunakan siri.

Casing Wireless Charging

  • AirPods Pro: casing pengisian daya nirkabel
  • AirPods gen 2: casing lighning standar atau casing pengisi daya nirkabel
  • AirPods gen 1: casing lighning standar, kompatibel dengan casing pengisi daya nirkabel

Apple AirPods Pro dilengkapi dengan wireless charging case sebagai standar. Apple AirPods gen 2 menawarkan opsi untuk wireless charging case atau charging case standar seperti Apple AirPods gen 1.

wireless charging case kompatibel dengan Qi, memungkinkan Anda mengisi daya AirPods baru pada alas charging Qi tanpa kabel. Casing pengisi daya nirkabel dapat dibeli secara terpisah, dan kompatibel dengan Apple AirPods gen 1 juga.

 

Leave a Comment