free hit counters Perbedaan Kelebihan kekurangan Projie LED dan Projie HID
Otomotif

Perbedaan Kelebihan kekurangan Projie LED dan Projie HID

Perbedaan projie menggunakan LED vs HID. HID (High Intensity Discharge ) atau disebut juga dengan lampu Xenon dan LED (Light Emitting Diode). Pada postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang Pengertian Bagian-Bagian Lampu HID Projector Kendaraan dan Perbedaan Lampu Angel Eyes Dan Demon Eyes. Disebut lampu projie atau projector karena didalamnya terdapat reflektor dan sebuah lensa seperti pada proyektor pada umumnya. Sedangkan HID dan LED keduanya berbeda dan projie bisa menggunakan salah satu dari lampu LED dan HID tersebut.

Apabila anda merupakan penggemar modifikasi mungkin sudah tidak asing lagi dengan lampu projie. Lampu projie dengan paduan angel eyes dan demon eyes membuat motor atau mobil lebih indah dimalam hari. Sebelum membeli sebuah lampu projie tentu anda harus memutuskan untuk lampu utama yang akan anda gunakan. Apakah LED atau HID. Dari segi harga sudah jelas LED lebih murah.

Kelebihan kekurangan Projie LED dan Projie HID

Demon atau angel eyes berfungsi menggantikan lampu kota atau lampu posisi. Antara kedua projie tersebut yang berbeda adalah lampu utama yang digunakan. Oleh karena itu pada intinya anda harus tau perbedaan antara lampu HID dan LED. Mari kita bahas masing-masing.

  • Projie HID

Perbedaan Kelebihan kekurangan Projie LED dan Projie HID

Projector menggunakan lampu HID memiliki kelebihan cahaya yang dihasilkan super terang dan jangkauan cahaya luas dan tebal. Warna cahaya juga beragam tergantung panjang gelombang cahaya yang dihasilkan dalam kelvin. Namun warna yang umum digunakan untuk kendaraan harian adalah warna putih atau kuning.

Agar bisa menggunakan HID motor harus memiliki arus Fullwave atau DC, dan untuk memasang lampu HID kita harus menggunakan perangkat tambahan yaitu ballast untuk menstabilkan arus DC agar lampu tetap awet.

Kekuranganya lampu proji ini bisa membuat mika headlamp meleleh karena panas. Tergantung pada ketinggian tingkat kelvin yang digunakan. Untuk penggunaan aman kami sarankan memilih ukuran 4000k  sampai 4500k saja. Masa pakai juga cenderung lebih pendek dibandingkan LED. Harga HID cenderung mahal untuk mendapatkan kualitas yang bagus, untuk harga lampu HID+ballast tanpa projie kisaran 200 ribu sampai 500 ribuan kalau sudah dirakit dengan proji dan AE atau DE harganya pasti diatas 800 ribuan. Namun mungkin untuk beberapa merek tertentu harganya bisa lebih murah tergantung kualitas.

Kelebihan HID

  1. Cahaya yang dihasilkan super terang.
  2. Jangkauan lampu lebih luas.

Kekurangan HID

  1. Harga lebih mahal dibandingkan LED.
  2. Beberapa varian bisa merusak reflektor dan mika headlamp.
  3. Lifetime pendek sekitar 15000 Jam.
  4. Harus memasang Ballast.
  5. Arus harus Fullwave DC.
  • Projie LED

Perbedaan Kelebihan kekurangan Projie LED dan Projie HID

Projector menggunakan lampu LED memiliki kelebihan lebih murah dan hemat daya. Sedangkan kekuranganya tentu saja cahaya yang dihasilkan tidak seterang HID. Anda bisa mendapatkan sepaket Projie, AE, DE dengan lampu LED ditoko online hanya dengan Rp 200 ribuan. Tapi berdasarkan pengalaman setelah masa pakai beberapa bulan cahaya LED semakin meredup sehingga dimalam hari masih kalah terang dengan lampu Bohlam /bulp Halogen.

Kekurangan lain lampu LED biasanya menyorot hanya kesatu titik saja tidak menyebar seperti HID. Namun sekarang sudah ada banyak varian lampu LED khusus untuk lampu utama motor atau mobil menjadikan sorotan lampu lebih menyebar dengan kipas pendingin dibelakangnya agar lampu tetap awet.

Pemasangan lampu LED tidak membutuhkan ballast dan juga sudah ada verian yang bisa digunakan untuk arus AC maupun DC.

Kelebihan LED

  1. Support arus AC maupun DC(beberapa varian).
  2. Lifetime panjang sekitar 30000 Jam.
  3. Harga lebih murah dari HID.
  4. Cahaya tidak panas dan tidak akan merusak mika headlamp.
  5. Aki tidak cepat tekor.

Kekurangan LED

  1. Cahaya kurang bagus dan kurang terang. Bahkan beberapa ada yang kalah terang dengan lampu bohlam/bulp Halogen biasa.
  2. Lampu cenderung fokus satu titik tidak menyebar.

Kesimpulan Projie LED vs Projie HID

Perbedaan Kelebihan kekurangan Projie LED dan Projie HID

Dari penjelasan diatas bisa ditarik kesimpulan penggunaan Projie HID walaupun harga lebih mahal diperuntukkan bagi anda yang menginginkan cahaya yang terang dibandingkan lampu lain, saat berkendara malam hari lampu yang terang sangat kita perlukan. Sedangkan penggunaan Projie LED diperuntukkan untuk mereka yang sekedar menyukai gaya saja karena lebih murah dan awet.

Perbedaan yang signifikan dari kedua lampu tersebut adalah cahaya yang dihasilkan. Jadi manakah lampu projie yang cocok untuk anda ?

Leave a Comment