Blogging

Perbedaan Singkat Link DoFollow dan NoFollow

Perbedaan Link DoFollow dan NoFollow. Sejak awal google memang sudah memberikan imbauan kepada para blogger diseluruh dunia untuk mengurangi pemberian link DoFollow terhadap situs lain yang belum jelas kreibilitasnya.

Saran Google ini diperuntukkan kepada blog yang sering memberikan outbond link pada postingan mereka, Google menyarankan untuk selalu menambahkan atribut rel NoFollow saja. Kenapa demikian ? Apabila kita terlalu banyak memberikan sebuah link DoFollow kepada situs lain yang tidak berkaitan dengan blog kita maka Google Bot bisa menganggap bahwa situs kita melakukan spam dan akan mengurangi peringkat blog kita di mesin pencari Google.

DoFollow dan NoFollow merupakan ilmu SEO dasar yang harus kita ketahui. Apa perbedaan link DoFollow dan NoFollow ?

Perbedaan Link DoFollow dan NoFollow

Cara menambahkan link DoFollow dan NoFollow dalam sebuah postingan sebenarnya sangat mudah. Misalkan dalam blogspot saat anda membuat sebuah link maka akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini. Tinggal kalian centang pada “Ad ‘rel=nofollow’ attribute” apabila ingin membuat NoFollow link dan hilangkan centang apabila ingin membuat DoFollow link.

Perbedaan Link DoFollow dan NoFollow

Link DoFollow

DoFollow dalam bahasa inggris artinya “Mengikuti”. Maka artinya anda mengijinkan blog kita untuk mengikuti situs yang dituju.

DoFollow sebenarnya adalah script default, apabila ingin membuat link DoFollow sebenarnya anda anda tidak perlu menambahkan apapun dalam script tersebut. Misalkan :

<a href=”http://www.venomku.com/”>Venomku Blog</a>

Dengan link DoFollow maka anda akan mengijinkan Google Bot untuk mengindex link yang ditujuh sampai keakar-akarnya. Sehingga bisa jadi menurunkan peringkat anda diserp. Pengunjung akan dibawa menuju link tersebut dan Google juga merayapi link tersebut.

DoFollow link secara berlebihan akan berdapak buruk terhadap situs anda dan akan menurunkan peringkat anda di google search. Apalagi apabila anda sedang dalam proses Review Adsense maka kemungkinan ditolak jadi lebih banyak.

Link DoFollow bisa diberikan apabila kita sebagai pemilik blog juga mendapat keuntungan, misalkan saling bertukar link DoFollow dengan blog lain, atau melalui content placement.

Link NoFollow

NoFollow dalam bahasa inggris artinya “Tidak Mengikuti”. Kebalikan dari DoFollow, artinya kita tidak mengijinkan Google Bot untuk mengindeks atau perayapi blog tersebut sama sekali. Namun pengunjung yang melakukan klik pada link tersebut tetap diarahkan ke link yang ditujuh.

Dalam meletakkan link external sebenarnya Google selalu menyarankan untuk menambahkan atribut rel, sehingga sehingga Google Bot tau tujuan penempatan link external tersebut. Baca Disini

<a href=”http://www.venomku.com/” rel=”nofollow”>Venomku Blog</a>

Diatas adalah contoh dari link NoFollow. Jadi anda tidak perlu kawatir lagi Rank blog anda akan turun, karena Google tidak akan merayapi link tersebut.

Cara Cek NoFollow atau DoFollow Link

Cara cek NoFollow Atau DoFollow link sangatlah mudah tanpa harus masuk ke halaman edit posting. Sehingga link apapun bisa anda ketahui apakah merupakan DoFollow atau NoFollow. Caranya klik kanan pada link yang ingin dicek -> klik inspect -> akan muncul kotak dialog inspect element seperti dibawah.

Cara Cek NoFollow atau DoFollow Link

Tanda panah diatas menunjukkan bahwa link pada komentar blog ini merupakan link NoFollow. Meskipun demikian walaupun link tersebut besifat NoFollow tetapi siapapun yang melakukan klik pada link tersebut akan dibawa menuju tujuan link, sehingga bisa menambah pengunjung anda. Jadi silahkan berkomentar dengan baik diblog ini agar saya bisa mengunjungi blog anda 😀

Leave a Comment