Gadget

Review Android Nougat pada Samsung Galaxy S7

Samsung menghadirkan gaya visual yang segar ke bagian Android bersama dengan banyak fitur baru.

Review Android Nougat pada Samsung Galaxy S7 kali ini tidak akan membahas secara tuntas mengenai apa saja yang ada dalam android Nougat, namun hanya akan tampilan notifikasi baru dan quick setting saja.

Pemberitahuan adalah bagian utama dari pengalaman pengguna Android, dan mereka telah berubah secara garis besar dalam versi 7.0, Nougat. Pemberitahuan lebih fungsional dan memberikan informasi lebih padat daripada sebelumnya, dengan Balasan cepat dan kemasan pemberitahuan yang memungkinkan Anda untuk melihat dan melakukan lebih banyak tanpa membuka aplikasi.

Nougat juga memberikan pembaruan untuk Galaxy S7 Edge dan S7, Samsung telah memperluas fitur dasar Android, dan diperbaiki juga tampilan Quick Setting panel yang tampak berbeda dari sebelumnya.

Berikut ini adalah apa yang kita lihat di Android 7.0 beta pada Samsung Galaxy S7. Semua hal ini berubah, tetapi kebanyakan fitur beta ini kemungkinan akan hadir ke update akhir Nougat.

Tampilan notification android nougat

Samsung belum merombak terlalu banyak dengan tata letak standar pemberitahuan Nougat. Anda mendapatkan pemberitahuan yang besar, lebar penuh dengan informasi yang padat. Alert untuk banyak aplikasi messager dan email seperti Gmail, Hangouts dan Samsung sendiri punya SMS app yang dapat diperluas untuk menunjukkan paket pemberitahuan. Dan balasan inline membuatnya mudah untuk membalas pesan langsung dari notifikasi, seperti pada iOS.

Di tempat lain, skema warna agak berubah lebih kalem, sesuai dengan desain Samsung baru, desain bahasa ringkas, dan ada sebuah tombol untuk melompat langsung ke pengaturan pemberitahuan juga tombol Hapus semua pemberitahuan.

Tampilan Quick Setting Baru

Tampilan Quick Setting Baru Android  Nougat

Samsung telah benar-benar membongkar area quick setting, dan hasilnya sesuatu yang berperilaku lebih seperti Nougat asli — dengan sedikit tampilan visual yang ditambahkan, dan beberapa fungsi tambahan yang diberikan. Menggeser turun dari tampilan pemberitahuan untuk memperluas baris tunggal dari cara pintas ke tata letak kotak penuh area quick setting, dan dari sana Anda dapat menggulir secara horizontal untuk melihat lebih banyak pintas pengaturan. Selain ikon di sekitar yang bergerak, itu juga memungkinkan untuk mengubah pengaturan grid — 3 x 3, 4 x 3 atau 5 x 3 — dan swap di sekitar penempatan slider kecerahan, sehingga selalu di atas.

Serta pilihan menu standar seperti Wi-Fi dan Bluetooth, area quick setting yang baru menambahkan cara pintas untuk modus filter cahaya biru (untuk mengurangi ketegangan mata), modus kinerja tinggi, mode penghemat baterai, Always-On mode dan mode privat.

Search

Search android nougat

Samsung juga diam-diam mengubah fitur Cari di seluruh perangkat lunak, dan sekarang ada bar pencarian di bagian atas terletak di bagian atas area quick setting.

Ini memungkinkan Anda menemukan apa yang ada dalam perangkat, aplikasi pada telepon, file pada penyimpanan internal, kontak di buku alamat, catatan di kalender Anda dan hanya tentang apa lagi yang dapat Anda pikirkan.

Implementasi tidak begitu sempurna saat ini, sering banyak info yang tidak relevan dalam urutan tertentu. Tapi peningkatan itu seperti pada konfigurasi S Finder yang disertakan pada ponsel Samsung lama.

Quick connect

Quick connect android nougat

Samsung Quick connect assistance telah pindah dari menjadi sebuah bar di bawah area pemberitahuan Anda — sesuatu yang kita sering matikan tak lama setelah menyiapkan telepon-untuk hal lebih kecil dan toolbar kurang intrusif yang hanya muncul ketika ada sesuatu yang berguna untuk ditunjukkan.

Quick connect menunjukkan perangkat, seperti Bluetooth speaker atau headphone, atau Wi-Fi printer, yang terhubung ke perangkat, bersama dengan pilihan yang relevan. Misalnya, dengan perangkat audio, Anda dapat memilih dimana Anda ingin menggunakan media dan panggilan audio untuk dihubungkan, dan dengan cepat melompat ke pengaturan Bluetooth untuk mengkonfigurasi hal-hal lebih lanjut.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment