Blogging

Rumor Apple iPhone 8

Apple telah mendesain ulang besar-besaran untuk iPhone yang direncanakan hadir 2017 ini, dengan body kaca dan edge-to-edge OLED display yang terintegrasi dengan Touch ID sensor sidik jari dan front-facing camera. IPhone 8 baru ini mungkin akan upgrade yang signifikan tapi dengan layar standar iPhone 4.7 dan 5,5 inci.

Fitur yang diharapkan hadir di iPhone 8 :

  • OLED display
  • Prosessor paling cepat
  • Body Kaca
  • Edge-to-edge display
  • Camera and Touch ID terintegrasi ke layar
  • Tidak Ada Home button
  • Wireless charging
  • Tiga models – satu OLED, dua standard

2017 akan menandai ulang tahun iPhone ke 10 dan appel memiliki sesuatu yang besar direncanakan untuk merayakan ulang tahunya. Kita lebih dari satu tahun dari peluncuran iPhone 8, tetapi karena Apple rencana ambisius untuk perangkat, sudah ada banyak rumor yang mengisyaratkan fitur mengesankan hadir di iPhone 2017.

Apple dikabarkan telah uji Model prototipe iPhone lebih dari 10 kali, sehingga tidak sepenuhnya jelas apa yang akan kita lihat, dan karena ada begitu banyak uji perangkat dalam prosesnya, kabar juga banyak bertentangan dan tidak jelas sampai pada saat ini.

Rumor menyarankan itu akan menjadi desain ulang besar-besaran, dengan layar Edge-to-edge yang tidak jauh dengan atas dan bawah bezels seperti xiaomi mix namun memiliki fitur seperti sensor sidik jari Touch ID dan kamera depan yang baru. Touch ID dan kamera dapat ditambahkan langsung ke tampilan, artinya tidak akan ada tombol home. Jony Ive ingin memperkenalkan iPhone yang terlihat seperti selembar kaca selama beberapa tahun belakangan, dan kaca juga diperlukan jika Apple ingin memperkenalkan wireless charger.

Dengan desain Edge-to-edge, layar akan memakan seluruh tampilan depan dari iPhone, tetapi tidak jelas jika tampilan akan penuh seluruh depan iPhone atau iPhone akan kesulitan untuk menyesuaikan tampilan (rumor menyarankan Apple akan menggunakan layar 5.5 inci atau lebih besar). Layar itu sendiri dikatakan OLED fleksibel daripada LCD, yang memungkinkan Apple untuk memperkenalkan perangkat tipis yang mengkonsumsi lebih sedikit daya dan menawarkan tampilan yang lebih baik dengan rasio kontras yang lebih tinggi dan kaya warna/true tone. Mungkin juga memiliki fitur tepi yang agak melengkung di kedua sisi, tapi rumor tidak jelas pada titik ini.

Body, rumor menyarankan Apple akhirnya akan pindah dari aluminium digunakan dalam iPhone 5, 5s, 6, 6s, dan SE, sebaliknya kembali mengadopsi tubuh kaca yang mirip dengan tubuh yang digunakan pada iPhone 4. Setidaknya satu model iPhone datang pada 2017 akan menggunakan tubuh kaca yang, menurut Apple mendukung teknologi receiver charger, dan menurut analisis Kuo Ming-Chi, kaca akan dibangun di sekitar bingkai aluminium atau stainless steel.

Edge-to-edge iPhone concept image via ConceptsiPhone

Di dalam, iPhone 8 diperkirakan memiliki 10-nanometer A11 chip yang akan lebih cepat dan lebih efisien, ditambah rumor mengatakan hal ini juga dapat mencakup fitur seperti long-range wireless charging dan penambahan biometrik seperti iris atau facial scanning. Di akhir lebih tinggi model dengan dual-lensa kamera, lensa kedua diharapkan memiliki fitur stabilisasi gambar optik.

Apple mengatakan akan merencanakan posisi OLED iPhone 8 sebagai model “Premium” yang akan mungkin dijual dengan resolusi standar 4.7, 5, dan 5,5-inci model iPhone 8, tapi itu tidak jelas persis apa dua ukuran akan tersedia dan apa konfigurasi yang tersedia. Rumor mengatakan ukuran antara 4.7 inci dan 5.8 inci, dan ada beberapa kebingungan Apakah semua model akan memiliki layar yang melengkung. Rumor  juga mengatakan model mulai dan yang lebih tinggi akan memiliki layar OLED.

IPhone 8 masih dalam pengembangan dan kemungkinan besar peluncuran pada akhir tahun 2017, kami akan pasti mempelajari lebih lanjut tentang spesifikasi perangkat ini. Tahun 2016 ini, Apple telah merilis iPhone 7, perangkat dengan perubahan desain iPhone 6 yang lebih sederhana.

Skema tahun peluncuran iPhone

Mengikuti Skema peluncuran perangkat standar Apple, dengan kenaikan setiap satu tahun sekali Apple pasti meluncurkan satu versi iPhone baru, untuk menandai perubahan eksternal desain dan peningkatan “S” selama bertahun-tahun yang aneh untuk menunjukkan pembaruan fitur internal, pada tahun 2017 iPhone akan disebut “iPhone 7s.”

Mengingat perubahan utama Apple berencana untuk memperkenalkan iPhone pada 2017, tampaknya tidak mungkin iPhone 7 akan menerima nama “S”, sehingga ada kesempatan baik Apple dapat memutuskan untuk melompat langsung ke jumlah penuh berikutnya, penamaan iPhone 2017 iPhone 8.

2007 → Phone
2008 → iPhone 3G
2009 → iPhone 3GS
2010 → iPhone 4 (desain baru)
2011 → iPhone 4s
2012 → iPhone 5 (desain baru)
2013 → iPhone 5s
2014 → iPhone 6 and iPhone 6 Plus (desain baru)
2015 → iPhone 6s and iPhone 6s Plus
2016 → iPhone 7 and iPhone 7 Plus
2017 → iPhone 8 and iPhone 8 Plus

iPhone 8 adalah nama paling cocok untuk perangkat tersebut walau belum dikukuhkan oleh Apple–tetapi tampaknya menjadi pilihan yang paling logis untuk pembaharuan besar. Selalu ada kemungkinan Apple akan menyebutnya sesuatu yang lain atau membuat tahun  2017 bergerak menjauh dari skema penamaan nomor iPhone. Apple juga dikabarkan berencana untuk mengeluarkan total tiga model iPhone pada 2017, sehingga penamaan bisa berubah.

Bekerja pada 2017 iPhone dikatakan berasal dari Israel, dan satu laporan menunjukkan karyawan di sana menelepon dan menyebut perangkat “iPhone 8”, tapi masih belum jelas Apakah itu adalah nama resmi yang akan digunakan Apple.

Desain

Menurut analisis Kuo Ming-Chi, Apple akan pindah dari body aluminium yang telah digunakan sejak 2012 dalam upaya untuk membedakan iPhone dari perangkat yang terbaru dengan sebelumnya.

Apple diharapkan sebaliknya kembali mengadopsi body yang didukung kaca yang terakhir digunakan untuk iPhone 4s. Kaca lebih rapuh dan lebih berat daripada aluminium, tetapi Kuo tidak meramalkan ini bukan masalah. Banyak kemajuan telah dibuat dalam teknologi kaca dan bahan-bahan seperti kaca Gorilla Glass yang lebih kuat daripada sebelumnya, yang dapat membantu mencegah kerusakan. Pengurangan ketebalan dan berat tampilan melalui penggunaan OLED akan memungkinkan Apple untuk menggunakan bahan yang lebih berat bagi bodynya tanpa secara signifikan yang mempengaruhi berat keseluruhan dari perangkat.

Kuo juga percaya bahwa Apple akan menggunakan bingkai logam untuk rumah komponen dari iPhone, yang akan dibungkus dalam kaca. Dia memprediksi bingkai stainless steel akan digunakan dalam iPhone masa mendatang, sementara model-model yang dibawahnya mungkin mendapatkan rangka aluminium.

Beberapa rumor telah mengatakan akan ada tiga versi iPhone: “premium”model  OLED yang dijelaskan di atas dan dua perangkat standar, dengan ukuran yang mungkin diantara 4.7, 5, dan 5.5 inci.

Allen Horng, CEO Apple Catcher Technology, telah diperkuat dengan pernyataan Kuo. Horng dan Kuo, setidaknya mengatakan iPhone model  2017 iPhone model akan didukung dengan desain kaca, tetapi Apple dapat memasangkan satu model bertubuh kaca dengan satu atau dua bertubuh aluminium. Rumor tidak setuju pada apakah semua tiga model akan mencakup kaca tubuh, seperti Nikkei mengatakan semua model iPhone akan memiliki kaca backings.

Rumor agak bertentangan satu dari Barclays penelitian menunjukkan Apple akan menawarkan iPhone 8 dalam hanya dua ukuran: 5 inci dan 5,8 inci. Menurut Barclays, kedua model akan memiliki layar melengkung, panel-gratis, tapi satu-satunya akan menampilkan OLED teknologi.

Allen Horng, CEO Apple pemasok teknologi penangkap, telah diperkuat Kuo’s laporan. Horng dan Kuo, setidaknya satu 2017 iPhone model akan termasuk gelas dukungan, tetapi Apple dapat memasangkan satu model bertubuh kaca dengan satu atau dua model aluminium. Rumor tidak yakin apakah semua tiga model akan mencakup kaca tubuh, seperti yang dikatakan Nikkei semua model iPhone akan memiliki casing kaca.

Rumor agak bertentangan dengan penelitian Barclays menunjukkan Apple akan menawarkan iPhone 8 dalam hanya dua ukuran: 5 inci dan 5,8 inci. Menurut Barclays, kedua model akan memiliki layar melengkung, free-panel, tapi satu-satunya akan menampilkan teknologi OLED.

Display

IPhone 8 diharapkan menyertakan tampilan OLED fleksibel dan Apple telah menandatangani kesepakatan dengan setidaknya satu produsen – Samsung – untuk menghasilkan OLED menampilkan untuk perangkat yang ditetapkan untuk debut 2017.

Apple juga akan berkonstribusi di AMOLED supplier AU Optronics dan memiliki laboratorium rahasia di mana digunakan untuk mengeksplorasi pilihan tampilan yang canggih seperti OLED dan mikro-LED Taiwan. Supplier Apple juga bersiap-siap untuk menghasilkan tampilan OLED, investasi dalam peralatan baru dan teknologi.

Panel OLED setidaknya berasal dari Sharp, dimana Apple sedang bekerja sama denganya. Sharp juga telah mengkonfirmasi bahwa Apple memang sedang membuat desain dan beralih ke OLED pada 2017.

Samsung akan menyediakan untuk Apple dengan sekitar 40 juta panel AMOLED pada 2017, berpotensi dilengkapi dengan panel dari LG Display, AU Optronics, Japan Display, dan Sharp.

Layar OLED menghilangkan kebutuhan untuk backlighting yang digunakan dalam LCD retina Apple, yang akan memungkinkan Apple untuk mengurangi ketebalan dan berat layar yang digunakan dalam perangkat. Menampilkan OLED juga bisa fleksibel, memungkinkan Apple untuk membuat sebuah perangkat dengan layar lebih melengkung.

Menampilkan OLED juga menawarkan lebih baik rasio kontras, warna lebih nyata, ditingkatkan viewing angle, daya efisiensi untuk memaksimalkan hidup baterai yang lebih baik, dan waktu respon lebih cepat dari pada layar LCD. Kekurangan nya, OLED tidak memiliki umur lebih dari layar LCD dan mereka lebih rentan terhadap kerusakan air, dua masalah Apple akan perlu untuk mengatasinya. Apple sudah menggunakan OLED Display di Apple Watch.

Apple Watch memiliki AMOLED display

Ada beberapa rumor pada ukuran dan jenis panel Apple yang akan digunakan, dan rumor menunjukkan Apple telah menguji lebih dari 10 prototipe iPhone. Rumor pertama menunjukkan Samsung yang menyediakan kebutuhan  5,5-inch OLED panel Apple, sementara yang lain mengatakan Apple mencari 5.8 inci layar OLED untuk digunakan dalam salah satu model iPhone 8, dan lainnya mengatakan Apple akan mulai dengan debut layar 5 dan 5.8-inch, satu dengan panel OLED dan satu dengan layar LCD lama.

Selain ketidakpastian atas ukuran dari iPhone baru yang akan diluncurkan untuk debut 2017, ada juga rumor yang bertentangan di desain. Secara keseluruhan, itu tampak seperti kita akan melihat setidaknya satu model dari iPhone dengan layar OLED yang mungkin melengkung dan tepi-ke-tepi, tanpa bezel. Untuk mendapatkan gambaran jelas mengenai apa yang diharapkan dari iPhone 8, kita harus menunggu untuk informasi tambahan, tetapi juga ada beberapa kemungkinan yang tercantum di bawah ini.

Pertama, dan mungkin yang paling menarik, Apple blogger John Gruber mengatakan ia telah mendengar beberapa “rumor” yang mengatakan Apple memiliki rencana untuk menerapkan sebuah layar edge-to-edge. Artinya, telepon akan tidak memiliki bezel di sisi atas, bawah, atau sisi, dengan tampilan yang mengambil seluruh depan perangkat.

Informasi Gruber’s telah dikonfirmasi oleh laporan dari The Wall Street Journal dan Bloomberg, keduanya percaya Apple bekerja pada tepi-ke-tepi layar yang membuat iPhone terlihat seperti selembar kaca.

Sensor seperti Touch ID dan kamera menghadap ke depan entah bagaimana dapat tertanam dalam tampilan tersebut, tidak terlihat dengan mata telanjang, dan tidak akan ada ikon Home pada perangkat. Apple telah bekerja pada pengembangan sentuhan dan tampilan driver (TDDI) sejak 2015, jadi jelas mungkin bahwa iPhone 8 tidak akan memiliki tombol Home, dan Apple telah juga dipatenkan metode untuk embedding Touch ID dan sensor cahaya ambient di layar.

Dengan edge-to-edge dsplay, analis pengawas KGI Kuo Ming-Chi percaya Apple akan terus menggunakan layar 2.5D melengkung, seperti layar yang ada di iPhone 7. Tidak seperti beberapa rumor lain, ia tidak memprediksi kurva lebih dramatis yang mencakup sisi perangkat.

Dalam skenario ini, hal ini tidak jelas apakah Apple akan mengecilkan iPhone dengan ukuran layar atau memperluas layar untuk menyesuaikan ukuran iPhone yang sudah ada, namun Kuo percaya bahwa jika Apple memperkenalkan edge-to-edge dsplay besar iPhone OLED yang sekitar 5.8 inci, area layar yang aktif akan lebih kecil, kira-kira 5.1 atau 5.2 inci.

Jika Apple tidak benar-benar menghilangkan bezels di iPhone 8, ada kesempatan bahwa layar 5.8-inch petunjuk pada rencana untuk layar sampul. Tampilan ahli Ray Soneira berspekulasi layar sampul memungkikan, seperti yang terlihat dalam mockup di bawah ini, dan Apple telah mempatenkan konsep serupa.

edge-to-edge dsplay

Bila diterapkan dengan tinggi iPhone 5.5-inci yang ada, 5.8-inch layar seperti yang dikabarkan Apple akan meninggalkan tambahan 7.25mm tampilan di setiap sisi yang dapat digunakan untuk membungkus di sekitar tepi perangkat. Ini akan memperpanjang tampilan di depan dan sisi iPhone, mungkin memungkinkan gerakan berbasis sisi dan tombol. Kita tidak tahu apa bentuk iPhone dengan sisi Bar, tapi dikabarkan 5.8 inci ukuran layar tentang hak untuk menambah panel samping untuk iPhone generasi sekarang.

Berdasarkan informasi yang bersumber dari rantai supplier Asia, analis IHS Kevin Wang juga percaya iPhone 2017 akan mencakup layar OLED “dual-kurva” yang mencakup tepi kiri dan kanan perangkat. Hal ini tidak jelas dari pernyataan Wang sejauh tampilan akan memperpanjang tepi perangkat atau apakah itu akan berbentuk kurva halus untuk tujuan desain atau layar sampul fungsional seperti Samsung menggunakan perangkat galaksi edge nya.

Beberapa laporan analis dan rantai supplier Asia menunjukkan tampilan OLED bisa terbatas satu model iPhone 8 sebagai fitur untuk membedakannya dari model iPhone 8 lainnya. Sisa iPhone 8 akan dilaporkan menggunakan layar LCD retina display lama dalam skenario ini untuk total tiga iPhone pada 2017.

Prosesor

TSMC telah mulai mencatat desain untuk chip A11 dibangun pada proses 10-nanometer, menyelesaikan tahap pertama dari desain yang cenderung ditujukan untuk iPhone 2017. Sertifikasi untuk proses 10-nanometer diharapkan dicapai pada akhir tahun 2016, dengan chip 10-nanometer pertama dikirim ke Apple untuk validasi selama kuartal pertama tahun 2017. TSMC dilaporkan telah mengamankan semua pesanan untuk A11 chip.

Chip A11, seperti semua chip upgrade Apple, akan menjadi lebih cepat dan memiliki energi lebih efisien, selain itu ukuranya juga menjadi lebih kecil.

Wireless Charging

Apple bekerja pada long-range wireless charging technology yang rumornya mengatakan bisa diterapkan di iPhone 2017, membuat tambahan yang ideal untuk iPhone 8. Wireless Charging Jarak Jauh unggul untuk banyak metode pengisian nirkabel yang ada karena itu tidak memerlukan perangkat untuk didekatkan dengan sumber pengisian..

Ada beberapa hambatan yang harus ditangani sebelum teknologi tersebut dapat diimplementasikan, seperti hilangnya efisiensi transfer daya yang terjadi ketika jarak antara pemancar dan Penerima meningkat. Hal ini menyebabkan baterai lebih lanjut dari sumber pengisian untuk mengisi lebih lambat.

Apple telah mempekerjakan insinyur dengan keahlian dalam pengisian nirkabel pada beberapa bulan terakhir, menyatakan fitur pengisian nirkabel memang bisa digunakan dalam perangkat. Dengan rencana Apple untuk menghilangkan headphone jack di iPhone 7 pada 2016 kemarin, menggunakan Lightning port untuk melayani banyak fungsi, pengisian nirkabel adalah langkah logis berikutnya untuk iPhone 2017. Rumor dari casing kaca juga mendukung rumor Wireless Charging, seperti fungsi Wireless Charging yang bekerja lebih baik tanpa casing aluminium.

Apple dikabarkan akan mencari suplier untuk chip Wireless Charging, dan rumor menunjukkan fungsi pengisian nirkabel bisa berpotensi dapat diaktifkan melalui penggunaan kasus atau aksesori iPhone lain daripada dibangun ke dalam iPhone itu sendiri.

Apple manufaktur mitra Foxconn dikatakan telah menguji modul Wireless Charging yang dimaksudkan untuk iPhone 2017. Apakah modul baru ini yang akan membuatnya menjadi iPhone masa depan tergantung pada apakah Foxconn dapat meningkatkan hasil laju ke tingkat yang lebih tinggi.

Ada juga rumor yang menunjukkan Apple bekerja dengan mitra, yang mungkin Energous, sebuah perusahaan yang telah mengembangkan solusi pengisian nirkabel jarak jauh yang disebut WattUp.

Tidak diragukan lagi kita akan mendengar lebih banyak tentang rencana Apple pengisian nirkabel dalam bulan-bulan yang mengarah ke rilis iPhone 8, memberikan kita gambaran yang lebih jelas bagaimana akan dilaksanakan.

Fitur lain

BIOMETRIK

Menurut analis pengawas KGI Kuo Ming-Chi, yang sering akurat dalam memprediksi rencana Apple, iPhone 8 dapat mencakup fitur biometrik lanjutan seperti pengenalan wajah atau pemindaian iris mata. Kuo tidak merinci apa fitur biometrik tambahan akan digunakan, tetapi mungkin ini akan menjadi metode-metode alternatif untuk mengakses iPhone atau menambahkan lapisan tambahan perlindungan.

Laporan dari rantai supplier Asia juga menyarankan Apple sedang mengerjakan sebuah fitur pemindaian iris mata, tapi satu rumor mengatakan fitur tidak akan siap sampai 2018, jadi masih ada ketidakpastian mengenai apakah kita akan melihat pemindaian iris pada 2017.

Apple dikatakan menjadi sumber chip pemindaian iris dari supplier Taiwan berbasis Xintec, dengan Xintec berencana untuk mulai produksi massal pada komponen pada 2017.

IPhone 8 adalah diharapkan untuk menyertakan NAND flash memori dari Samsung, tetapi hal ini tidak jelas apa perbaikan yang mungkin dilakukan. Dengan iPad Pro sekarang tersedia dalam kapasitas naik ke 256GB, dimungkinkan iPhone 7 dan iPhone 8 akan tersedia dengan penyimpanan 256GB.

TAPTIC ENGINE

Taptic Engine adalah salah satu fitur yang dapat dimasukkan dalam 2017 iPhone, menurut laporan dari situs Jepang Nikkei. Apple dikatakan bekerja pada sebuah “high-performance motor” Itulah yang mampu “membuat getaran taptic lebih kompleks”. Seperti yang ketahui Home button iPhone 7 memiliki fitur ini.

Mesin tersebut mungkin akan diperlukan jika Apple memang menghilangkan tombol Home di iPhone 8, seperti yang telah dikabarkan. Haptic feedback dapat menawarkan getaran untuk menunjukkan pemicu seperti unlocking iPhone dan konfirmasi pembayaran Touch ID, dua fitur yang saat ini terikat tombol iPhone Home fisik.

KAMERA

Analisis Kuo Ming-Chi percaya bahwa dual-lensa kamera diperkenalkan di iPhone 7 5.5 inci dan hal tersebut menjadi kenyataan dan akan terus ditambah menjadi sebuah fitur yang eksklusif untuk model “high-end” iPhone pada 2017.

Kuo memprediksi iPhone 4.7-inci dengan kamera tunggal, 5.5-inch model dengan dual-lensa kamera dan model OLED dalam ukuran yang tidak ditentukan dengan dual-lensa kamera.

Dia memprediksi bahwa model masa depan akan mencakup optical image stabilization (OIS) untuk kedua lensa lebar dan tele. Di iPhone 7 Plus, hanya lensa wide-angle yang memiliki OIS. Tahun depan kamera bisa juga mendukung efek fotografi 3D jika Apple memilih untuk menggunakan modul kamera LG.

Tanggal rilis

Selama beberapa tahun terakhir, Apple telah merilis iPhone pembaruan pada bulan September, jadi kami berharap untuk melihat iPhone 8 pada September 2017.

Supplier Apple sudah bersiap-siap untuk mulai memproduksi komponen iPhone 8. Foxconn mengembangkan kedua casing kaca dan menampilkan OLED dalam upaya untuk mengamankan pesanan dari apple.

Diatas iPhone 8

Pada tahun 2018, Apple dapat menambahkan kemampuan pemindaian iris untuk iPhone.

Pemindaian iris adalah fitur yang telah dikabarkan untuk iPhone 2017, sehingga tidak jelas ketika iPhone bisa berpotensi mendapatkan kemampuan ini. Rumor pemindaian iris datang dari dua sumber, tapi dengan iPhone 2017 dan 2018 masih jauh, rencana Apple bisa berubah.

Leave a Comment