Otomotif

Satria Fu RoadRace Pakai Knalpot Proliner TR-1R

Satria Fu RoadRace Pakai Knalpot Proliner TR-1R. Halo teman-teman, pada postingan kali ini saya ingin share pengalaman menggunakan knalpot Proliner pada Motor Satria Fu 150. penggantian knalpot ini bermula dari patah nya leher knalpot motor saya. Tak tanggung-tanggung patahnya pas di las-lasan pada manifold yang masuk ke blog mesin, dan saat itu saya sedang pulang kerja.

Saat itu kebetulan saya lagi pingin kenalpot racing, tapi saya tidak mau knalpot kw atau purbalingga. Akhirnya karena dana yang mepet saya mendapatkan Proliner TR-1R Asli. Knalpot ini original bukan kaleng-kaleng. Satria Fu saya buatan tahun 2012 walaupun telah mengalami modifikasi secara fisik namun mesin sampai saat ini masih original.

Baca Juga : Modifikasi Satria FU 150 Part 2 + Rincian dan Harga

Saya juga pernah menggunakan konsep supermoto dengan menambah peninggi kaki-kaki. Baca Juga : Modifikasi Satria Fu Supermoto

Namun saat ini saya sedang menggunakan konsep RoadRace dengan ban besar dan stang RZR. Selama ini saya masih menggunakan silincer knalpot standar pabrik walaupun sudah 2 kali ganti leher knalpot. Nah karena sebuah insiden knalpot yang keropos akhirnya saya memutuskan untuk mengganti knalpot dengan knalpot racing sekalian. Ini adalah kali pertama saya menggunakan knalpot racing.

Satria Fu RoadRace Pakai Knalpot Proliner TR-1R

Saya tertarik dengan knalpot Proliner karena memiliki DB Killer tambahan untuk meredam suara knalpot sehingga tidak terlalu keras. Kalau tanpa DB Killer Proliner memiliki suara bass yang mantap padat namun suaranya yang super keras walau dalam rpm rendah membuat tidak enak dengan tetangga. Oleh karena itu saya memutuskan untuk tetap memasang DB Killer walaupun knalpot jadi terlihat kurang seksi yang penting tidak terlalu berisik.

Bagaimanapun juga walau sudah menggunakan DB Killer knalpot ini saya rasa masih memiliki suara yang keras. Dan saya tidak sarankan apabila anda tinggal diperkampungan padat penduduk karena tidak ramah telinga. Namun saya akui bentuk knalpot ini sangat seksi ditambah dengan action stainlis steel dan finishing sandblast membedakan knalpot original satu ini dengan knalpot KW. Harga Knalpot Proliner TR-1R Original untuk Satria Fu Adalah Rp 750.000,-.

Baca Juga : Modifikasi Knalpot Satria FU Racing Terbaik

Apakah knalpot Proliner aman dari tilang polisi ? Bagaimanapun juga knalpot aftermarket sangat rawan kena tilang kepolisian saat ada razia meskipun suaranya tidak terlalu kencang. Namun ada peraturan menteri negara lingkungan hidup No. 7 tahun 2009 mengatakan motor kurang dari 175cc batas ambang kebisingan maksimal 80 desibel. Sedangkan ambang kebisingan motor diatas 175cc adalah 83 desibel. Dan knalpot Proliner ini memiliki tingkat kebisingan diatas itu sehingga pasti kena tilang. Oleh karena itu saya tidak mungkin menggunakan knalpot ini dalam jangka waktu yang lama.

Leave a Comment