Komputer

Solusi Mudah Cara Merubah Word ke Pdf Dengan Cepat

Word adalah software yang sangat banyak digunakan oleh banyak orang, dari segi bidang pekerjaan apapun. Bukan seseorang yang sudah bekerja saja, mahasiswa bahkan anak-anak sekolahan saat ini sudah menggunakan word untuk mengerjakan tugas sekolah ataupun tugas kampus. Tidak sedikit tugas-tugas dari sekolah atau kampus juga mengharuskan menyertakan file dalam bentuk pdf. Lalu bagaimana cara merubah word ke pdf?

Namun sayangnya banyak orang yang belum tahu bagaimana merubah word ke pdf, padahal merubahnya sangat mudah dibanding harus mengubahnya dari pdf ke word. Banyak alternatif yang dapat Anda lakukan yaitu bisa menggunakan software atau aplikasi jika ingin diinstall pada PC Anda, maupun dapat mengandalkan laman internet saja untuk mengubahnya.

cara merubah word ke pdf

Cara Merubah Word ke Pdf Tanpa Sofware

Jika Anda tidak ingin menginstall sebuah aplikasi, Anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut ini sebagai cara merubah word ke pdf :

  1. Buka laman word Anda yang ingin diubah ke dalam pdf
  2. Klik ‘File’ di pojok kiri atas dan pilih ‘Save As’
  3. Pilih Save as Type dan pilih .pdf untuk Anda simpan dengan judul file yang berbeda dari file word
  4. Pilih folder yang ingin Anda simpan file tersebut
  5. File word Anda berhasil disimpan dalam file pdf

Namun sayangnya beberapa step tersebut diperuntukkan bagi Anda yang menggunakan windows 10 pada PC ataupun computer Anda. Jika Anda masih menggunakan windows 7, tentu Anda belum dapat melakukan convert ke file pdf semudah dan secepat itu. Inilah salah satu kelebihan menggunakan windows 10 karena dapat mengubah file begitu cepat tanpa harus install aplikasi dan software tertentu.

Cara Merubah Word ke Pdf Dengan Link dan Software

Namun bagi Anda yang belum menggunakan windows 10 dan merasakan kemudahan ini untuk mengubah atau convert file satu ke file lainnya, Anda jangan bersedih. Karena Anda masih dapat menggunakan beberapa link yang bisa digunakan sebagai alternatif cara merubah word ke pdf tanpa harus Anda menginstall software. Berikut beberapa link tersebut :

  1. Smallpdf.com
  2. Dopdf.com
  3. Wordtopdf.com

Selain beberapa link yang dapat Anda akses secara online untuk mengubah file Anda, Anda dapat juga menginstall software sebagai cara merubah word ke pdf yaitu Free Word to PDF Converter. Software ini dapat Anda unduh secara gratis dan dapat mengunduhnya dari Google dengan kata kunci “word to pdf software”. Dengan begitu Anda dapat menginstall pada PC, computer ataupun laptop Anda.

Namun kebanyakan orang banyak yang lebih memilih menggunakan software daripada harus mengubah file dari link online, karena dianggap lebih simple dan cepat karena dapat diakses secara offline di PC masing-masing orang. Berikut beberapa kelebihan yang dapat Anda dapatkan ketika menggunakan software tersebut :

  1. Dapat diakses secara offline tanpa membutuhkan koneksi internet
  2. Dapat dengan cepat berhasil diubah dari word ke pdf
  3. File tidak memiliki watermark walaupun ini disediakan dari sebuah software

Untuk saat ini, converter terbaik untuk mengubah file word Anda ke pdf adalah secara manual yaitu dengan menggunakan fasilitas bawaan dari windows 10. Namun sayangnya belum semua orang menggunakan windows 10 dan merasakan kemudahan ini.

Walaupun begitu, saat ini sudah terdapat banyak kemudahan yang dapat digunakan baik menggunakan software maupun diubah secara online. Bahkan, jika ingin instan, anda bisa menggunakan Adobe Reader premium atau nitro pro 9, disana terdapat fitur langsung mengubah pdf ke word ataupun sebaliknya.

Baca Juga : Cek kesehatan Hardisk

About the author

Mendy

Leave a Comment