Blogging

Sub Link pada Domain dalam Pencarian Google

Site Link pada Domain dalam Pencarian Google. Adalah sub Link berupa URL yang muncul dibawah hasil pencarian saat nama blog dicari menggunakan mesin pencari / Google. Site link ini akan menuju suatu halaman atau URL yang sering dikunjungi pada blog kita. Sub link / sitelink ini akan mempermudah pengunjung untuk menuju suatu halaman blog anda tanpa melewati beranda blog anda terlebih dahulu. Site link ini akun muncul juka kita mengetikkan nama blog kita atau tanpa doman. Sedangkan kemunculan sitelink ini sendiri menjadi permasalahan yang menjadi misteri dikalangan para blogger, tidak ada cara yang spesifik untuk dapat memunculkan sublink ini pada search engine. Kemunculanya tidak dapat diprediksi kadang muncul dan kadang tidak. Kemunculanya sendiri pasti dalam jumlah genap yaitu dua, empat atau enam. Kemunculan sitelink di Google dibawah deskripsi blog, dianggap sebagai anugerah dan menunjukkan bahwa domain kita diakui oleh search engine sebagai domain dengan struktur yang jelas dan menambah kesan profesional website atau blog di mata pengunjung.


Site Link


Saya sendiri tidak tau persis bagaimana cara mendapatkan sitelink ini, Namun sekarang saya mendapatkanya. Setelah mengetikkan nama blog pada Google, blog saya muncul pada halaman awal teratas google diikuti enam sub menu link dibawahnya. Bahkan dalam satu halaman tersebut isinya menuju blog saya. walaupun nama blognya sudah unik tapi dulu sebelum mendapatkan sublink, hasil pencarian blog saya masih kalah dengan venom2 lainya di google. ada yang bilang kalau site link ini muncul seiring usia blog 3 bulan lebih.

Lalu apa yang saya lakukan hingga mendapatkan sublink ? Saya hanya mengikuti saran dari sahabat blogger lain pemilik website gilang-acces.com saat saya melihat sublink muncul pada blognya. Yang saya lakukan adalah memperbaiki struktur HTML blog. Ada beberapa blog yang mengatakan site link hanya akan muncul jika structure jelas, saya kira juga itu yang sangat mempengaruhi. Setelah sebelumnya saya mencari cara memunculkan site link akhirnya masalah terpecahkan. Lalu bagaimana cara membuat struktur HTML tersebut ? Anda hanya perlu menyamakan HTML dengan HTML blog yang sudah memiliki struktur jelas. Anda dapat mencoba cek struktur blog ini di https://developers.google.com/structured-data/testing-tool/ lalu masukkan url blog ini dan inilah hasilnya
check structured data testing tools google
Tabel sebelah kanan adalah hasil tes dan sebelah kiri adalah struktur HTML blog tersebut. sekarang anda perlu menyesuaikan dengan HTML blog anda. Caranya klik salah satu hasil pada tabel sebelah kanan, maka secara otomatis pada tabel sebelah kiri akan menuju ke struktur yang harus anda tambahkan. Anda tinggal menambahkan beberapa baris struktur tersebut pada template-edit HTML blog anda, biasanya ditandai dengan http://schema.org/. Memang anda juga harus memahami HTML anda agar tidak malah terjadi error pada HTML. Saya bukanlah Master SEO yang dapat menjelaskan hal tersebut secara rinci. Tapi setidaknya anda tau bagaimana cara memunculkan site link ini.

Update:

Sub Link pada Domain dalam Pencarian Google
Menurut saya Sub Link pada Domain dalam Pencarian Google dengan meng input url posting kita ke google webmaster, kalau belum tau cara penggunaan webmaster baca Cara Cepat Postingan Terindeks Google Webmaster di blog ini. Jika sudah mengikuti langkah tersebut masuk ke webmaster-perayapan-ambil sebagai google. Masukkan semua link yang menuju post anda disini. klik Ambil dan render lalu link yang kita input tadi akan masuk daftar dibawahnya klik kirim ke indeks. Kemudian muncul jendela baru dengan 2 pilihan rayapi url ini saja atau rayapi url dan tautanya langsung, inilah yang membuat sub link muncul digoogle. Tinggal pilih rayapi url dan tautanya langsung maka dalam beberapa bulan kedepan pasti akan muncul sublink di pencarian google.

Leave a Comment