Blogging

Teknik Optimasi SEO Off Page Mudah, Cepat dan Berkualitas

Teknik Optimasi SEO Off Page Mudah dan Cepat menuju peringkat pertama Search Engine. Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang Teknik SEO On Page untuk optimasi dari segi konten yang berkualitas. Sedangkan pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang Optimasi SEO Off Page dimana kita akan melakukan optimasi blog dengan cara mendatangkan pengunjung dan perayapan dari website lain. Apabila anda ingin memaksimalkan Optimasi SEO tentunya anda juga harus mengetahui teknik SEO baik On Page maupun Off Page.

SEO Off Page dilakukan dengan membangun backlink menuju website kita. Tidak hanya itu kita juga harus pandai-pandai mempromosikan blog kita ke berbagai situs dan media sosial untuk menarik pengunjung agar bersedia mengunjungi blog kita, itulah yang dinamakan Off Page. Jadi lebih mudahnya On Page bekerja dari dalam sedangakan Off Page bekerja dari luar.

Apa itu SEO Off Page ?

SEO Off Page adalah sebuah istilah dari bagian lain teknik SEO selain SEO On Page, yang dilakukan dengan jalan membangun backlink menuju blog kita. Semakin banyak backlink semakin baik pula peringkat blog kita dimata Search Engine.

Selama ini kita melihat banyak sekali orang yang berniat membuat backlink sebanyak-banyaknya dengan cara melakukan SPAM ke website lain. Hal ini Salah dan termasuk dari bagian SEO Black Hat. Saya katakan salah karena pasti akan mengganggu dan memperjelek tampilan komentar website lain, selain itu blog korban spam juga biasanya tidak memiliki peringkat search engine alhasil kita hanya akan mendapatkan backlink tidak berkualitas. Jujur saya sendiri tidak suka dengan orang yang melakukan spam untuk kepentingan blognya sendiri dengan meninggalkan link aktif yang tidak relevan dengan topik bacaan (seperti iklan obat-obatan dll). Beda cerita kalau anda meninggalkan link yang masih ada kaitan dengan topik bacaan.

Dalam artikel ini akan membahas bagaimana untuk Optimasi Off Page dan mendapatkan backlink yang berkualitas

Teknik Optimasi SEO Off Page Mudah Dan Cepat

1. Bagikan Blog dengan Orang Disekitar Kita

Cara ini tidak sepenuhnya bekerja, tapi bisa bekerja dengan baik dengan blog yang memiliki tema tertentu. Misal blog kita berisi tentang materi perkuliahan, kita bisa membagikan blog dengan adik-adik angkatan dibawah kita sehingga mereka mendapatkan ilmu dan materi sedangkan anda mendapatkan traffic. Biasanya mareka yang mendapatkan manfaat dari suatu blog suatu saat nanti juga akan membagikan blog tersebut ke teman-temanya sehingga traffic akan terus berdatangan.

2. Bagikan Blog melalui Sosial Media

Tentu anda sudah tau kekuatan sosial media. Suatu artikel yang menarik bisa mendapatkan ribuan share melalui Sosial Media. Anda dapat melakukanya dengan membuat sebuah fanspage untuk blog kemudian membagikanya keseluruh teman facebook anda. Atau sekedar membagikan melalui sebuah post saja. Anda juga harus ikut berinteraksi aktif kedalam post tersebut apabila mendapatkan respon orang lain. Sosial media yang bisa anda gunakan diantaranya Facebook, Twitter, Pintrest, Google Plus dll. Anda juga akan mendapatkan backlink berkualitas dari sosial media terkenal tersebut.

3. Menjadi Penulis Tamu di Blog Lain

Saat ini sudah banyak blog yang membuka bagi siapapun yang ingin berkontribusi pada blog tersebut. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi kedua pihak karena kita bisa meletakkan backlink dalam artikel dan blog tersebut mendapatkan artikel baru yang akan mendongkrak traffic blog tersebut.

4. Gunakan kombinasi Long-tail Keyword

Long-tail keyword adalah salah satu jalan ampuh untuk mendatangkan pengunjung. Selangkapnya baca Cara Riset Keyword Terbaru. Karena short-tail keyword memiliki banyak sekali saingan maka anda perlu gunakan long-tail keyword.

Bukanya ini termasuk SEO On Page ?

Yang saya maksud bukan long-tail keyword yang ada di dalam konten blog baik judul maupun isi blog. Melainkan long-tail keyword yang digunakan untuk sebuah link yang mengarah ke website anda.

5. Berpartisipasi Aktif dalam Komentar Blog dan Forum

Dimana kita dapat menulis dan membagikan ke orang lain, disitulah anda juga dapat membangun sebuah backlink. Lakukan blog walking dengan mengnjungi blog lain dan kemudian berkomentarlah sesuai dengan topik tersebut karena biasanya pemiliki blog akan memoderasi sebuah komentar, kalau anda hanya berkomentar berisi link tidak bermutu maka komentar anda bisa dihapus oleh sang pemilik blog. Anda juga dapat memanfaatkan blog wordpress karena biasanya dalam kolom komentarnya sudah terdapat form untuk alamat website.

Anda juga bisa mendapatkan backlink dari forum seperti kaskus dll. Untuk forum caranya juga sama dengan melakukan interaksi dalam sebuah thread, atau anda juga bisa membuat sebuah thread dengan isi diambil dari salah satu postingan anda kemudian diakhir kalimat taruh link sumber menuju blog anda.

6. Submit Artikel di Web Directory

Web Directory tidak seperti search engine dan tidak menampilkan daftar halaman berdasarkan kata kunci, akan tetapi menampilkan daftar situs berdasarkan Kategori dan subkategori. Kebanyakan artikel Web Directory juga tidak ditemukan oleh mesin pencari tapi oleh manusia. Kategorisasi biasanya didasarkan pada seluruh situs dari satu halaman atau suatu kata kunci, Web direktori memungkinkan pemilik situs untuk mengirimkan situs mereka untuk dimasukkan kedalamnya, dan memiliki fasilitas editor. Contoh Web Directory adalah Best of the Web Directory, Dmoz, JoeAnt, Sources, World Wide Web Virtual Library, Hotfrog dll.

Namun beberapa Web Directory mengharuskan anda untuk membayar agar dapat mengirimkan situs anda. Namun kulitas backlink yang anda dapatkan jangan diragukan lagi.

Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas :

  • Backlink menggunakan tag Do-Follow
  • Backlink berasal dari artikel yang relevan dengan Website anda
  • Backlink berasal dari situs dengan PageRank tinggi

Itulah beberapa teknik Optimasi SEO Off Page mudah dan berkualitas. Setelah anda selesai membangun sebuah blog yang perlu anda lakukan secara bertahap adalah optimasi SEO Off Page agar website anda tetap berada diperingkat atas search engine tidak tenggelam dibawah. Anda juga bisa menggunakan Linkcollider untuk meningkatkan pengunjung secara cepat dan mendapatkan backlink berkualitas.

About the author

Novian Hanu

Blogger newbie yang ingin belajar dan berbagi karena ilmu adalah harta yang tak akan pernah habis.

3 Comments

Leave a Comment

3 Shares
Tweet
Share2
+11
Share