free hit counters Teknik SEO Gambar : alt tag, title tag, image size, image name.
Blogging

Teknik SEO Gambar : alt tag, title tag, image size, image name.

Tips SEO On Page dan SEO Gambar adalah teknik dasar untuk menuju peringkat pertama Google. Seiring dengan perkembangan search engine Google yang terus memperbaharui algoritma nya yang lebih pintar dan lebih kompleks, kita juga harus melakukan beberapa optimasi extra seperti Teknik SEO Gambar.

Tidak hanya konten dengan teknik SEO On Page yang berkualitas untuk dapat menjadi peringkat teratas.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi rangking dari search engine, salah satu faktornya adalah optimasi SEO On Page. On page adalah faktor penting yang mempengaruhi SEO dan SEO Gambar adalah salah satu bagian dari SEO Onpage.

Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa gambar adalah salah satu faktor untuk meningkatkan rangking search engine. Oleh karena itu saya menyarankan untuk menambahkan sebuah gambar atau setidaknya thumbnails agar konten kita dianggap berkualitas oleh Google.

Baca Juga : 5 Website Penyedia Gambar Thumbnails Bebas Hak Cipta

Faktor utama dalam optimasi Gambar SEO adalah alt tag, title tag, image size, image name dan image link.

SEO Gambar juga penting karena lalulintas ke blog anda bisa berasal dari Google image search.

teknik-seo-gambar

Teknik Optimasi SEO Gambar

1. Gambar yang relevan

Gambar yang relevan dengan isi konten adalah faktor penting dari Optimasi SEO Gambar. Jangan berfikir bahwa Google tidak bisa membaca gambar anda. Gambar yang dianggap menyesatkan bisa mengurangi rangking anda di Search Engine.

2. Alt Tag

Alt Tag atau Alternative tag adalah faktor penting lainya. Text yang ada didalam Alt Tag memberikan gambaran pengunjung tentang gambar yang yang akan mereka lihat apabila gambar terlihat kurang jelas atau membutuhkan waktu loading yang lebih lama.

Kebanyakan search engine membaca gambar berdasarkan text. Biasanya blogger pemula sering membiarkan alt tag ini kosong dan mengabaikanya. Padahal hal ini sangat penting bagi pengunjung dan perayapan search engine.

alt tag seo image

ALT Tag yang baik adalah alt tag yang pendek namun mewakili seluruh isi gambar.

3. Ukuran gambar dan hosting

Ukuran/size gambar juga merupakan faktor krusial yang berkaitan dengan loading time. Berikut ini tips untuk membuat ukuran dan loading gambar lebih cepat :

  • Gunakan .jpg jangan .png
  • Gunakan plugin compress image seperti plugins WP Smush Pro WordPress Plugin
  • Bagi anda pengguna blogger.com bisa gunakan Snagit Full Version untuk mengkonvert ke .jpg dan me-resize ukuran gambar. Saya sarankan gunakan gambar ukuran 300×250 untuk thumbnails dan dibawah 1000px untuk gambar didalam konten.

Selain itu image hosting juga penting. Mungkin bukan masalah besar ketika anda masih menggunakan blogger.com dan meng-upload gambar di blogger. Namun ketika anda menggunakan wordpress self hosting yang memiliki kapasitas disk space yang terbatas, mungkin anda akan berfikir  menghosting gambar ditempat lain.

Sebenarnya alangkah lebih baik apabila kita menghosting gambar ditempat yang sama dimana konten kita dihosting. Namun ketika anda harus mengupload video atau foto yang memiliki resolusi besar dan menghabiskan banyak disk space maka anda juga bisa menggunakan hosting lain.

Apabila anda menggunakan hosting lain diluar hosting anda, saya sarankan untuk mengupload file gambar dan video di blogger.com atau video di youtube.com. Kenapa harus blogger ? Karena eksistensi blogger saat ini sudah tidak diragukan lagi karena blogger milik raksasa Google, sehingga tidak mungkin gmbar kita akan hilang disana.

4. Nama gambar

Nama gambar yang dimaksudkan disini adalah nama gambar sebelum di Upload.

Jangan salah. Nama gambar juga digunakan sebagai keyword yang membantu search engine.

Biasanya apabila kita mengambil gambar dari foto kamera akan mendapatkan nama seperti : “DSC0019.jpg” atau “07-04-2020 6-08-52.jpg” nama tersebut tidak memberikan informasi sama sekali.

Gunakan nama dengan keyword dipisahkan dengan “-“. Sebagai contoh gambar untuk thumbnails post ini, “teknik-seo-gambar.jpg

5. Title tag dan link gambar

Gambar adalah sesuatu yang menarik perhatian dan sangat bagus digunakan untuk linking. Namun ketika ingin memberikan link pada sebuah gambar sebaiknya selalu melalui anchor text, supaya lebih efektif terhadal SEO.

Title tag disini berfungsi sebagai anchor text. Jadi ingat apabila anda ingin menambahkan link pada gambar jangan lupa untuk memberikan title tag sebagai keyword.

6 Berapa banyak gambar yang bisa digunakan dalam satu artikel ?

Tidak ada aturan tentang berapa banyak gambar yang anda gunakan dalam sebuah konten. Namun apabila anda ingin menjadi publisher Adsense komposisi gambar dan text juga harus anda perhatikan.

Sebagai contoh apabila blog anda tentang blog tutorial mungkin anda harus menggunakan 10-20 gambar didalam konten. Ingat untuk menambahkan tulisan diantara gambar-gambar tersebut.

Saya sendiri menggunakan maksimal 3 gambar dalam artikel sepanjang 300 kata (minimal jumlah kata yang disarankan untuk Adsense). Artinya setiap 100 kata sekali saya menggunakan 1 gambar. Angka tersebut bukan angka fix melainkan hanya pemikiran saya pribadi.

Leave a Comment