Karir

Tips Menghadiri Interview Kerja Pasti Lolos

Tips Menghadiri Interview Kerja Pasti Lolos. Anda pastilah memahami bahwa pada saat tes melamar pekerjaan, interview merupakan momok menakutkan bagi sebagian orang. Sebenarnya interview ini tidak lah begitu menakutkan asalkan anda mengetahui caranya. Untuk itu kami sarankan agar anda menanyakan tips menghadiri interview kerjakepada orang orang yang dirasa lebih berpengalaman.

Untuk mempermudah usaha anda dalam menemukan tips menghadiri interview kerja, akan kami berikan ulasannya untuk anda. Bisa dikatakan bahwa tips ini memang lah merupakan sebuah tips yang sangat lah akurat tetapi dengan catatan, anda memang sangat perlu memahami apa yang kami ulas ini dengan sebaik baiknya.

Tips Menghadiri Interview Kerja Pasti Lolos

Tips Menghadiri Interview Kerja
Persiapan Awal Sebelum Menemui HRD

Sebelum anda menemui HRD, ada beberapa hal yang perlu anda siapkan terlebih dahulu. Untuk anda yang belum mengetahui persiapan awal yang perlu anda lakukan tersebut, pada ulasan tentang tips menghadiri interview kerjaini akan kami berikan untuk anda hal hal yang perlu anda lakukan sebagai persiapan awal tersebut. Berikut hal hal tersebut :

1. Penampilan

Penampilan merupakan salah satu persiapan awal yang perlu anda perhatikan dengan sungguh sungguh. Tidak perlu anda melakukan suatu hal yang berlebihan seperti menggunakan parfum atau sejenis nya karena yang paling penting adalah kesopanan pada penampilan itu sendiri. Jika anda menggunakan pakaian berlengan panjang, lipatlah hingga ke siku ketika hendak melaksanakan interview.

2. Berkas

Anda pun pastilah memahami bahwa berkas berkas ini perlu anda persiapkan dengan sebaik baiknya ketika anda hendak melaksanakan interview. Jangan sampai ada berkas yang anda lewatkan karena hasilnya akan sangat negatif jika anda melupakan sebuah berkas penting ketika sedang melaksanakan interview. Akan lebih buruk lagi jika berkas yang tertinggal itu ditanyakan oleh HRD.

Proses Ketika Nama Anda Dipanggil

Ketika nama anda dipanggil, akan ada ketegangan tersendiri bagi seorang pemula. Hal ini merupakan suatu hal yang sangat wajar dan untuk itu anda memang sangat perlu bisa mengontrol ketegangan tersebut. Sebenarnya tidak masalah apabila anda tegang hanya saja jangan sampai anda malah menjadi gugup. Ketika anda hendak memasuki ruangan HRD, ketuk lah terlebih dahulu ruangan tersebut dan ucapkan salam.

Apabila dikatakan “masuk” oleh HRD, masuk lah dan beri lah senyum dan sapa kepada HRD tersebut. Mendekatlah ke kursi tempat anda akan duduk tetapi anda jangan langsung duduk. Bersalaman lah dengan HRD tersebut dan jika HRD tersebut mengatakan “silakan duduk”, duduk lah dan proses interview pun akan dimulai.

Proses Ketika Sedang Interview

Ketika anda sedang melaksanakan interview, pastikan lah anda terus tenang. Pada awalnya, anda akan diperintahkan untuk memperkenalkan diri anda. pada tahap ini, perkenalkan lah diri anda dengan selengkap mungkin dan jangan sampai anda selesai memperkenalkan diri sebelum HRD tersebut memotongnya karena biasanya, HRD tersebut akan memotong perkenalan diri anda.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemula adalah ketika ia sedang ditanyakan tentang kelebihan dan kekurangan. Untuk kelebihan, jelaskan lah semua kelebihan anda, tetapi untuk kekurangan, jelaskan lah yang bersifat masih bisa dipelajari seperti kurang pandai berbahasa asing atau kurang pandai mengoperasikan komputer. Jangan pernah mengatakan malas atau pelupa yang merupakan suatu hal yang tidak bisa dipelajari.

Sebenarnya ada satu hal simpel yang perlu anda perlihatkan ketika sedang interview dan hal simpel itu adalah memperlihatkan kepada HRD bahwa anda memang ingin bekerja. Tatap lah matanya ketika sedang interview dan hal tersebut akan membuktikan keseriusan anda. senyum lah ketika sedang melaksanakan interview tetapi jangan berlebihan.

Baca Juga : Tips Melamar Kerja Bagi Fresh Graduate

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment