Otomotif

Tips Modifikasi Motor Agar Tetap Nyaman dan Aman

Tips Modifikasi Motor. Memodifikasi sepeda motor memang hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Ada yang semata-mata hanya demi eksistensi di lingkungan sosial dan ada juga yang melakukannya demi ingin tampil beda. Namun terkadang, karena mungkin terlalu semangat ketika memodifikasi, hasilnya cenderung terlihat berlebihan.

Ketika memodifikasi motor terlalu berlebihan, hasil modifikasi malah terlihat tak kreatif bahkan cenderung asal-asalan. Oleh karenanya penting untuk melihat relevansi antara konsep dan penerapan. Selain konsep yang diusung, penting juga untuk memperhatikan keamanan dan kenyamanan berkendara setelah konsep modifikasi diterapkan pada motor.

Berikut tips modifikasi motor yang bisa anda jadikan acuan untuk menyusun konsep modifikasi motor anda:

  1. Jangan Menggunakan Ukuran Ban yang Terlalu Kecil

Ukuran ban yang terlalu kecil dapat mengurangi kenyamanan dan keamanan. Kalau ban terlalu kecil, ketika motor anda melintasi jalan yang tidak mulus, selain mudah pecah, ban anda juga dapat meniimbulkan guncangan berlebih terlepas dari bagus tidaknya suspensi anda.

Ban kecil juga dapat membahayakan pengendara karena dapat mengurangi gaya gesek ke aspal. Hal tersebut bisa membahayakan ketika anda mengerem terlalu kuat saat motor melaju dengan kecepatan tinggi.

  1. Jangan Modifikasi Motor Hingga Terlalu Ceper

Anda tahu bahwa banyak jalanan di Indonesia yang tidak rata dan memiliki polisi tidur. Ground clearance yang terlalu kecil berbahaya ketika anda melintasi jalan seperti itu. Oleh karenanya, sebaiknya anda hindari konsep modifikasi yang terlalu ceper.

  1. Memilih Lampu Depan yang Tidak Terlalu Terang

Lampu depan yang terlalu terang dapat menggangu pengguna jalan lain. Hal tersebut berpotensi menimbulkan kecelakaan dan sebaiknya dihindari.

Baca Juga : Lampu HID Projie, Kelebihan Kekurangan Lampu HID, Lampu Angel dan Demon Eyes

  1. Sesuaikan Warna Motor Dengan STNK

Jika anda ingin mengubah warna cat motor anda, jangan terlalu signifikan mengubahnya. Karena jika warna dominan pada motor anda tidak lah lagi sesuai dengan STNK, maka anda telah menyalahi peraturan dan akan dikenakan tilang jika pihak kepolisian lalu lintas mengetahuinya.

  1. Jangan Menggunakan Knalpot yang Terlalu Bising

Knalpot bising malah membuat motor anda tidak terlihat keren. Justru sebaliknya, motor anda menjadi menyebalkan ketika melintas. Maka dari itu, ada baiknya untuk tidak menggunakan knalpot yang terlalu bising.

Baca Juga : Knalpot Racing Satria FU

Sekian tips modifikas motor agar gak terlalu lebay. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Comment