Otomotif

Tips Modifikasi Motor Trail

Tips modifikasi motor trail bukanlah pekerjaan mudah dan murah. Apalagi bagi pemula yang pengetahuannya tidak begitu gamblang dan jelas mengenai parameter yang harus terpenuhi agar dapat dikatakan motor trail. Yang jelas, parameter tersebut bukan hanya tampilan visual saja. Parameter fungsi adalah yang paling penting.

Banyak jenis motor yang dapat dimodifikasi menjadi motor trail, bahkan motor bebek sekalipun, hanya saja harganya bervariasi tergantung permintaan dan jenis motornya. Untuk memodifikasi motor trail, hal-hal yang harus dikerjakan adalah:

  1. Mengganti Stang Kemudi

Stang kemudi penting karena motor trail dipergunakan untuk melalui medan yang lebih berat. Anda harus menggunakan stang yang lebih panjang sehingga mudah untuk bermanuver, tidak terlalu berat meskipun medannya lumpur, pasir, bahkan batu sekalipun.

  1. Mengupgrade Mesin

Mesin yang sesuai untuk motor trail bukanlah mesin dengan tenaga yang tanggung-tanggung. Anda memerlukan mesin yang benar-benar kuat, terutama di putaran awal menengah. Medan yang dilalui pastilah bervariasi dan tidak terprediksi, maka dari itu, motor anda harus didukung dengan mesin yang mumpuni melalui medan tersebut.

  1. Mengupgrade Kaki-kaki

Seperti yang dijelaskan di atas, medan yang tidak terprediksi. Boleh jadi penggunaan motor trail akan melintasi genangan air, jalur berbatu dengan ukuran batu yang besar. Anda harus menambah ground clearance motor anda. Tetapi untuk menambahnya, anda juga harus mempertimbangkannya dengan tinggi badan anda.

Selain ground clearance, anda perlu mengganti ban yang dapat diandalkan ketika melalui medan tak terprediksi. Jika anda melewati medan lumpur, pasir, tentu ban yang diperuntukkan di aspal akan sangat tidak efektif di sana.

  1. Mengganti Knalpot

Knalpot memiliki peran penting untuk mendukung mesin. Biasanya setelah anda melakukan upgrade pada mesin, anda butuh knalpot yang sesuai. Khususnya motor 2-tak, peran knalpot berpengaruh pada tenaga mesin dan konsumsi bahan bakar. Selain itu, jika suara knalpot cukup gahar, hal tersebut dapat memicu adrenalin anda.

Tentunya masih banyak hal detail yang harus anda perhatikan untuk memodifikasi anda menjadi motor trail. Artikel ini memberikan anda gambaran umum tentang modifikasi motor trail sehingga anda dapat dengan mudah mengerti terutama yang awam terhadap dunia otomotif dan modifikasi.

Leave a Comment