Blogging

Tips SEO On Page Untuk Mendapatkan Banyak Pengunjung

Tips SEO On Page
Written by Novian Hanu

Tips SEO On Page. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pengunjung blog adalah dengan membuat sebuah artikel yang SEO friendly. Tujuanya tentu agar artikel yang kita buat bisa masuk ke halaman pertama Google. Ada SEO On Page dan Off Page. Untuk Off Page akan kita bahas setelah artikel ini. Kali ini kita akan membahas tentang SEO On Page. SEO (Search Engine Optimization) dan On Page artinya memaksimalkan / optimasi yang kita lakukan dari dalam sebuah artikel.

Setiap blog / website semua dapat dioptimalkan untuk mendapatkan rangkin Google. Pengoptimalan ini dilakukan dengan jalan membuat postingan yang memiliki keyword bertarget sehingga search engine akan mudah merayapi dan menentukan isi postingan anda dan blog anda akan menuju peringkat utama Google.

Baca Juga : Cara Jitu Riset Keyword Terbaru

Ketika anda ingin membuat sebuah artikel yang SEO Friendly ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Diantaranya :

  • Keyword
  • Link Building
  • Content
  • Meta Tag
  • dan Sitemap

Namun untuk kebutuhan SEO On Page ini yang kita lakukan lebih fokus ke peletakan keyword dan memaksimalkan keyword tersebut agar masuk dalam halaman pertama Google.

Apabila menggunakan wordpress kita tidak akan kesulitan memaksimalkan SEO On Page menggunakan plugin bernama YOAST SEO. Namun di blogger kita harus menentukan sendiri secara manual SEO artikel yang kita buat berbekal pengetahuan dan pengalaman saja.

Baca Juga : SEO White Hat 

Tips SEO On Page (Search Engine Optimized)

Tips SEO On Page Untuk Mendapatkan Banyak Pengunjung

Ada beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh Google agar kita dapat Optimasi SEO On Page dan akan membantu blog kita disukai search engine sehingga akan berdampak pada jumlah pengunjung blog kita.

1. Post Title dan Meta Title

  • Post title adalah Judul dimana pengunjung melihatnya dari blog anda.
  • Meta title adalah Judul dimana pengunjung melihatnya dari hasil pencarian search engine.

Jika anda menggunakan blogger, Judul yang digunakan sebagai Post title itu juga yang muncul pada Meta title jadi kita bisa fokus ke post title saja.

Tips :

  • Pastikan anda menggunakan tidak lebih dari 66 karakter untuk Judul
  • Pastikan Judul anda juga diawali dengan keyword. Misal saya menggunakan keyword Tips SEO: “Tips SEO On Page Untuk Mendapatkan Banyak Pengunjung” Bukan “Mendapatkan Banyak Pengunjung Dengan SEO On Page”

 

2. Deskripsi Penelusuran

Letaknya disebelah kanan area posting disebut juga meta description. Isi dalam deskripsi penelusuran ini akan muncul di deskripsi penelusuran Google. Deskripsi penelusuran sangatlah penting dan menentukan rangking anda di Google. Pastikan anda meletakkan keyword dan menambahkan kata-kata yang menarik minat pengunjung untuk meng-kliknya.
Tips :
  • Pastikan anda menggunakan tidak lebih dari 156 karakter

3. Image Alt Attribute

Google tidak dapat membaca gambar. Oleh karena itu anda harus membantu search engine untuk mengetahui apa isi gambar tersebut. Beberapa orang melakukan upload gambar dan mengupload dengan nama image001.jpg. Tentu ini adalah sebuah kesalahan besar. Ketika memberi nama sebuah gambar usahakan memberikan nama gambar tersebut yang relevan dengan gambar tersebut.
Anda juga harus menambahkan image alt (alternative text) untuk Optimasi SEO. alt attributes juga akan mendatangkan pengunjung yang berasal dari hasil pencarian Google. Anda juga harus menyisipkan Keyword anda disini.

4. Interlink dan Anchor Text

Ketika anda menulis sebuah posting yang terbaik adalah dengan menambahkan link menuju postingan lama anda. Hal ini akan memberikan navigasi yang bagus untuk pengunjung dan akan mengurangi tingkat bounce rate yang sangat berpengaruh terhadap SEO.
Ketika anda menuliskan internal link, pastikan anda menggunakan keyword juga disini.
5. Permalink
Permalink adalah judul yang muncul dibrowser, secara default penulisan permalink di pisahkan menggunakan strip(-). Hilangkan kata hubung seperti ke, untuk, di, dari
misal url/permalink posting: venomku.com/tips-seo-on-page-untuk-mendapatkan-banyak-pengunjung
Diperbaiki menjadi: venomku.com/tips-seo-on-page-mendapatkan-pengunjung
 
Tips :
  • Usahakan gunakan permalink sejak pertama kali postingan tersebut di publikasikan dan jangan sekali-kali mengubah permalink, karena Google akan merayapi keduanya dan hanya akan menyebabkan halaman tidak ditemukan pada postingan aslinya.
5. Heading H1, H2, H3 dst
Penggunaan heading juga penting untuk membuat blog anda lebih. Tips SEO On Page disini juga harus anda tambahkan keyword anda sehingga hasilnya akan lebih maksimal.
Secara default biasanya Judul menggunakan tag H1 selanjutnya sub headung kebawah menggunakan tag H2, H3 dst

Kesimpulan Tips SEO On Page

Kesimpulanya disini kita mengandalkan keyword untuk mencapai peringkat satu Google, Selain cara diatas anda juga dapat optimasi search engine dengan membuat posting lebih dari 300 kata karena ini disukai Google. Semakin panjang semakin baik asalkan semua original.
Keyword adalah hal yang penting. Letakkan keyword tertentu anda di 5 cara SEO On Page diatas. Dengan begitu anda akan mendapatkam sebuah artikel yang SEO. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menjadi rangking pertama Google. Oleh karena itu kuncinya adalah sabar dan jangan pernah menyerah.

About the author

Novian Hanu

Blogger newbie yang ingin belajar dan berbagi karena ilmu adalah harta yang tak akan pernah habis.

Leave a Comment

0 Shares
Tweet
Share
+1
Share