free hit counters Traffic Blog Turun Drastis 4 Mei 2020 - PV Drop Hilang Sampai Setengah
Blogging

Traffic Blog Turun Drastis 4 Mei 2020

Traffic Blog Turun Drastis Awal Mei 2020. Lalu lintas atau traffic adalah aset sebuah blog. Seorang pemilik blog akan merasa bahwa website atau blog mereka bermanfaat bagi banyak orang ketika lalu lintas blog mereka terus bertambah seiring berjalanya waktu, saya pun merasakanya. Traffic blog sekitar 90% berasal dari seach engine, terutama Google. Setiap orang mencari informasi melalui Google. Sebagian besar browser juga menggunakan Google sebagai search engine utama nya. Oleh karena itu Google merupakan kunci utama untuk mendatangkan pengunjung bagi sebuah website atau blog. Maka kita harus membuat Google menyukai blog kita dan menyarankan blog kita ke halaman pertamanya.

Search Engine Google berjalan menggunakan sebuah algoritma, tidak ada yang pasti. Jutaan website bersaing untuk menuju peringkat pertama Google. Kita juga tidak tau pasti bagaimana algoritma Google tersebut bekerja. Namun kita memang bisa melakukan beberapa usaha dengan membuat blog sesuai dengan kriteria sesuai dengan clue-clue yang disebutkan dalam Google Support.

Traffic Blog Turun Drastis

Pada awal Mei 2020 banyak pemilik blog mengeluhkan traffic blog turun drastis. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa lalulintas atau traffic blog sebagian besar beraasal dari Google dan Google memiliki sebuah algoritma yang berjalan secara otomatis dan sangat lama karena banyaknya jumlah website dalam persaingan menuju peringkat pertama.

Kenapa Traffic Blog Turun Drastis ?

Setelah saya cari tahu penyebabnya ternyata pada tanggal 4 Mei 2020 Google melakukan pembaharuan algoritma pencarian inti Google besar-besaran. Banyak blogger diseluruh dunia mengeluhkan terjadinya penurunan lalulintas pada blog mereka. Ternyata Venomku Blog ini juga mengalami dampaknya dan terlihat pada tanggal 6 Mei 2020.

Saya sendiri baru sadar ketika pendapatan Google Adsense lebih rendah dari biasanya, kemudian mengecek Histat dan search console untuk melihat apakah terjadi masalah. Ternyata tidak ada masalah di search console namun traffic memang drop.

Traffic Blog Turun Drastis Awal Mei 2020

Sekali lagi, hal ini terjadi 4 Mei sekitar pukul 3:50pm waktu Google, dan mereka mengatakan pembaharuan algoritma ini akan memakan waktu sampai 2 minggu kedepan. Jadi jangan salah kaprah bukan karena pandemi covid ya !

Apakah situs blog anda juga mengalami dampak hilang traffic hingga 50% ?

Persentase penurunan traffic sendiri tidak sama, ada yang langsung drop seperti yang saya alami, ada juga yang sedikit demi sedikit namun konstant. Tetapi ada juga blog yang tidak terpengaruh, seperti blog-blog kecil saya rasa tidak terkena dampak yang signifikan.

Menyikapi hilangnya traffic.

Menurut saya pribadi, hal ini dialami hampir merata seluruh website di dunia, bukan hanya kita saja. Oleh karena itu saya menyikapi dengan tenang dan terus melakukan update serta optimasi agar ketika algoritma pencarian kembali normal, blog kita tidak terus tenggelam dibawah pencarian Google.

Leave a Comment