Otomotif

Tren Modifikasi Mobil 2018 di Indonesia

Dunia modifikasi otomotif selalu mendapatkan perhatian besar di Indonesia. Baik modifikasi pada motor maupun mobil. Berbagai macam konsep telah bermunculan karena semangat kreatifitas dan inovasi para modifikator Indonesia. Khusus mobil, berbagai alasan pun muncul sebagai penggerak seseorang untuk melakukan modifikasi pada mobilnya, misalnya ikut kontes.

Sekarang, modifikasi tidak hanya bertujuan untuk dipajang atau diikutkan kontes, tapi lebih dari itu, yaitu keadaan layak untuk dibawa berkendara. Kenyamanan dan keamanan juga merupakan faktor yang telah banyak mendapat perhatian oleh para modifikator. Hal ini juga disebabkan karena batasan hukum pada kegiatan modifikasi.

Karena adanya batasan hukum dan edukasi dan para modifikator profesional, tren modifikasi mobil 2018 mengarah ke proper car, yang artinya hasil modifikasi harus fungsional dengan tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mobil yang anda modifikasi masih dapat dikategorikan aman dan nyaman, hal-hal tersebut adalah:

  1. Mengganti Part Dengan Selalu Memperhatikan Fungsi

Jika anda ingin memodifikasi dengan cara mengganti part, perhatikanlah fungsinya. Seperti misalnya anda ingin mengganti rem dengan dengan yang model custom, usahakan peran rem tersebut tidak hanya pajangan tetapi dapat berfungsi sebagai rem dan setidaknya kualitasnya sama dengan rem aslinya, kalau bisa kualitasnya harus lebih bagus.

Jika hal ini tidak anda indahkan, maka keamanan dan kenyamanan dalam mengendarai mobil yang telah anda modifikasi dapat menurun. Oleh sebab itu, perhatikanlah fungsinya.

Baca Juga : Tips modifikasi agar aman dan nyaman digunakan

  1. Jangan Modif Terlalu Ceper

Jika ground-clearance mobil anda terlalu kecil, atau sering disebut ceper, ini dapat mengurangi kenyamanan anda atau bahkan dapat merusak mobil anda. Anda tahu bahwa jalanan Indonesia tidak banyak yang tidak rata, seperti polisi tidur maupun lubang jalan.

Ketika anda membawa mobil yang terlalu ceper melewati jalanan yang tidak mulus, anda harus memperlambat kecepatan mobil anda dan dapat mengurangi kenyamanan anda. Dan bayangkan jika anda sedang dalam kecepatan tinggi, hal tersebut dapat membahayakan anda atau minimal merusak kendaraan anda karena anda tak sempat mengurangi kecepatan mobil saat melintas di jalanan yang tidak mulus tersebut.

Baca Juga : Konsep modifikasi mobil Ceper, Modifikasi Yaris 2018

  1. Jangan Mengganti Lampu Depan yang Terlalu Terang

Lampu depan yang terlalu terang dapat menyilaukan pengendara lain dan berpotensi bahaya. Sebaiknya anda memperhatikan hal ini dengan lebih teliti, karena ini masalah keamanan.

Baca Juga : Kelebihan dan kekurangan Lampu HID

Tren modifikasi mobil 2018 yang lebih mengutamakan proper car menimbulkan tantangan tersendiri. Akankah anda mengikuti tren tersebut?

Leave a Comment