Komputer

Windows Script Host Bagaimana Cara Memperbaiki ?

Pernahkah menemukan error ” Windows Script Host access is disabled on this machine. Contact your administrator for detail ” saat melakukan cek aktivasi diwindows 10 dengan mengetik  SLMGR/XPR di CMD ? Walaupun error ini tidak menyebabkan permasalahan yang berarti namun kadang cukup menggangu. Permasalahan akan muncul saat kita menggunakan Windows Script Host, dan permasalahan ini adalah bug yang terdapat di Windows 10, atau kemungkinan juga pengaruh software pihak ketiga lainya.

Banyak pengguna Windows 10 yang mengalami permasalahan ini dan kadang cukup terganggu dengan ini. Beberapa cara sudah dilakukan namun kadang tidak membuahkan hasil. Pada postingan kali ini akan dibahas beberapa cara memperbaiki Windows Script Host yang disable.

Windows Script Host access is disabled on this machine. Contact your administrator for detail

#Cara 1

  • Buka Regedit melalui Run (Windows + R) 
  • Masuk HKEY_CURRENT_USERSOFTWAREMicrosoftWindows Script HostSetting
  • Dalam Setting ada KeyDword yang bernama Enabled, langsung klik kanan Pada Enabled dan pilih Modify, Ganti Angka 0 Menjadi 1 untuk mengaktifkan, dan setelah selesai anda pilih OK,
  • Close Regedit
Windows Script Host Bagaimana Cara Memperbaiki ?

Dalam beberapa kasus, cara pertama diatas tidak bekerja. Anda juga dapat menggunakan File Registry ini selanjutnya buka dan klik Merge. Sekarang coba masuk CMD dan ketikkan SLMGR/XPR lagi. Apabila berhasil hasilnya seperti gambar dibawah ini :

Windows Script Host Bagaimana Cara Memperbaiki ?

Apabila cara ini masih tidak berhasil silahkan coba cara kedua.

#Cara 2

Pada beberapa kasus walaupun cara pertama sudah berhasil namun sekarang permasalahanya setelah direstart atau shutdown akan muncul lagi ” Windows Script Host access is disabled on this machine ” Sebenarnya kita bisa mengatasi hal ini dengan mencari cara agar registry yang kita ubah tadi tidak kembali ke default meskipun setelah direstart ataupun di shutdown, akan tetapi disini saya juga tidak menemukan caranya. Jadi langkah pertama fix gagal.

Sekarang coba uninstall aplikasi yang sekiranya mempengaruhi Windows Script Host. Karena ini juga kemungkinan ada aplikasi yang bentrok dan menyebabkan error tersebut. Namun apabila anda tidak menemukan aplikasi yang mempengaruhinya langsung loncat ke Cara 3

#Cara 3

Cara ini mirip dengan cara pertama, namun beda direktori yaitu HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindows Script HostSettings klik kanan Enabled lalu ubah angka 0 menjadi angka 1.

Note : jika tidak ada file Enabled → buka regedit → HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindows Script HostSettings → klik kanan pada area kosong → New > pilih DWORD (32) bit Value → ganti nama menjadi Enabled → Klik Kanan Enabled → Modify → ubah angka 0 menjadi 1.

#Cara 4

Cara ke-4 ini cukup mudah dengan Smadav 10.6 keatas → klik kanan pada icon smadav yang ada di taksbar di kanan bawah → kemudian klik allow windows script & macro (forever) → hingga muncul kotak dialog Klik OK.

Cara ke 4 ini terbukti sudah dicoba beberapa teman dan hasilnya work 100%.
Silahkan coba cara diatas satu per satu urut dari atas. Apabila anda sudah berhasil dengan cara tersebut anda tidak perlu melanjutkan sampai cara terakhir.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

1 Comment

Leave a Comment