Gadget

Pengen Beli iPhone ? Mending 5s atau cukup iPhone 5 ?

iPhone merupakan produk Apple yang hingga saat ini existensinya masih tetap terjaga walaupun sekarang sudah banyak pesaing dan banyak bermunculan smartphone baru. Namun, bagi beberapa orang iPhone masih tetap jadi pilihan karena beberapa alasan. Bahkan iPhone 4 yang notabene sudah berumur sampai saat ini juga masih banyak dicari dan digunakan banyak orang. iPhone 5 dan 5s juga banyak menjadi perdebatan karena bentuk yang sangat mirip 98%. Perbedaan yang tampak dari segi fisiknya adalah pada bagian flash kamera belakang dan bagian home buttonya. Lalu untuk interface semua produk Apple kebanyakan sama dan semua selalu mendapatkan update iOS terbaru. Fitur 5 dan 5s juga tidak jauh berbeda, namun yang membedakan tentu saja adalah harganya. Selisih keduanya sekitar 1 jutaan. Lalu jika kita ingin membeli iPhone apakah ip 5 sudah cukup ataukah kita harus membeli ip 5s ?

Jawabanya tentu saja tergantung dana yang kita miliki. Mungkin desain iPhone 5 menjadi favorit banyak orang. Apabila kita punya budget pas-pasan maka iPhone 5 pilihanya, apabila kita punya budget cukup ya lebih baik iPhone 5s, atau apabila kita punya budget lebih tentu saja mending iPhone SE. Disini kita hanya berbicara iPhone 5 bukan 6 atau 7 loh ya. Saya juga tidak bicara 5c karena material bodynya berbeda.

Dari ketiga iPhone 5, 5s dan SE semua desainya sama persis apalagi untuk iPhone 5s dan SE yang tampak berbeda adalah logo SE di belakang casing. Namun dari ketiganya perbedaan. Kembali ke pokok pembicaraan disini saya berbicara antara 5 dan 5s, lalu apakah yang membedakan ?

Desain
Walaupun body dan materialnya sama dengan dimensi 123.8 x 58.6 x 7.6 mm dan berat 112g namun seperti yang saya katakan sebelumnya terdapat beberapa perbedaan pada bagian flash kamera dan home button. Pada iPhone 5 menggunakan single LED flash sedangkan iPhone 5s menggunakan dual-LED (dual tone) flash sehingga pada 5s terdapat 2 flash dan tampak lonjong.

Mending 5s atau cukup iPhone 5

Lalu home button pada iPhone 5 terdapat sepeti gambar kotak pada bagian tengah home button, ciri khas pada iPhone sebelumnya. Sedangkan pada iPhone 5s home buttonya polos dan terdapat sebuah ring pada sisi home button karena pada tingkat 5s keatas sudah menggunakan teknologi fingerprint sedangkan pada iPhone 5 kebawah belum. Penampakan seperti dibawah.

Mending 5s atau cukup iPhone 5

Kamera
Sensor kamera yang dimiliki iPhone 5 dan 5s juga berbeda. pada kamera utama/belakang iPhone 5 menggunakan 8 MP, f/2.4, 33mm sedangkan pada 5s menggunakan 8 MP, f/2.2, 29mm sehingga fokus iPhone 5s lebih baik. Pada kamera depan ip 5 menggunakan 1.2 MP, f/2.4, 35mm dan 5s menggunakan 1.2 MP, f/2.4, 31mm. Memang antara iPhone 5 dan 5s resolusi kamera keduanya sama namun sensornya berbeda pasti hasilnya juga akan berbeda dan lebih baik 5s.

Platform
Mesin, inilah perbedaan yang lebih penting. Untuk OS yang digunakan keduanya mendapatkan update yang sama jadi intinya sama. Yang membedakan iPhone 5 menggunakan chipset Apple A6, ARM v7-based, triple-core graphics sedangkan iPhone 5s menggunakan chipset A7, ARM v8-based, quad-core graphics. Jadi kesimpulanya kecepatan dan performa keduanya berbeda dan lebih baik iPhone 5s. Walaupun untuk kebutuhan sosmed atau penggunaan harian perbedaan tidak akan terasa bahkan terasa sama saja namun untuk bermain game yang membutuhkan performa tentu akan terasa. namun untuk penggunaan harian iPhone 5 sudah sangat lah cukup dan pastinya anti lemot.

Fingerprint
Sensor sidik jari. Sudah saya jelaskan pada bagian desain kalau iPhone 5 belum menggunakan fingerprint. Ini juga alasan utama kenapa seseorang memilih 5s dibanding iPhone 5 karena 5s sudah menggunakan fingerprint. Jadi untuk membuka pola kunci kita cukup menempelkan jari kita di home button.

Baterai
Kapasitas baterai lebih besar 5s yaitu 1560 mAh sedangkan iPhone 5 1440 mAh sehingga seharusnya lebih awet 5s.

Nah, itulah beberapa pertimbangan untuk menggunakan iPhone 5 atau 5s. Kesimpulanya bagi yang punya dana minim dan penggunaan iPhone hanya untuk sosmed/musik/harian saya rasa iPhone 5 sudah cukup karena saya juga pernah menggunakan iPhone 5 dan saya tidak menemukan adanya kendala seperti lemot/crash/ apalah. Namun apabila budget lebih lebih baik 5s sekalian selain adanya fitur fingerprint dan performa lebih cepat 5s saya rasa juga tidak ketinggalan jaman karena dari segi fisik juga sama persis dengan iPhone SE, dan saat ini saya juga menggunakan iPhone 5s. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment