web page hit counter Apa itu Blogging ? Blogging adalah ...
Blogging

Apa Itu Blogging

Apa Itu Blogging ? Blogging adalah suatu kegiatan atau aktivitas mengelola blog atau web log, dalam rangka menambah konten baik berupa gambar atau tulisan secara berkala. Blogging bisa diartikan kegiatan seseorang dalam mengelola blognya dengan baik, agar dapat mendatangkan pengunjung. Seiring bertambahnya pengguna internet blogging sampai saat ini cukup populer walaupun masih kalah dengan youtube tapi masih ada saja orang yang mencari informasi dengan membaca artikel sebuah blog.

Apa Itu Blogging ? Blogging adalah aktivitas yang mudah dilakukan oleh setiap orang, salah satu syarat untuk ngeblog adalah kita harus senang menulis agar bisa menghasilkan tulisan murni dan mendatangkan pengunjung organik secara berkala. Selain menulis kita juga harus belajar bagaimana suapaya Blog kita menjadi nomor satu di Google Search. Kita harus mempelajari bagaimana teknik Search Engine Optimization atau sering disebut SEO, karena akan berpengaruh besar terhadap pengunjung yang kita datangkan dari search engine yang ada. Teknik SEO ada dua macam yaitu teknik blackhat dan whitehat. Dari kedua teknik tersebut yang terbaik adalah teknik whitehat karena melakukan Optimasi murni dengan artikel yang berkualitas sehingga search engine membacanya memang karena artikel tersebut berkualitas sesuai dengan katakunci yang dicari seseorang melalui search engine seperti Google.

Ada banyak platform yang bisa anda gunakan untuk memulai aktivitas blogging. Namun hanya ada dua platform terbaik untuk digunakan untuk membangun sebuah blog. Kedua platform tersebut adalah Blogger dan WordPress. Blogger adalah platform milik Google, seperti yang kita ketahui Google adalah sebuah perusahaan terbesar yang menyediakan berbagai jasa-jasa melalui produknya di internet. Selain Blogger ada juga WordPress. WordPress adalah sebuah produk milik Automattic yang juga memiliki banyak pengguna sebagai platform blog. Keuntungan menggunakan wordpress adalah kita dimudahkan untuk Optimasi SEO on page, karena didalam nya disediakan plugin yang sangat membantu kita dalam menulis artikel sehingga bisa menjadi rangking 1 search engine.

apa itu blogging adalah

Bagi pemula, saya menyarankan untuk menggunakan blogspot karena lebih mudah dipelajari dan gratis. WordPress memang juga bisa membuat blog gratis, namun menurut saya lebih baik apabila sudah menggunakan wordpress sekalian dengan menyewa hosting dan domain. Walaupun kita sudah menggunakan Blogger apabila suatu saat ingin berpindah ke WordPress tetap bisa, itu sebabnya bagi pemula sebaiknya menggunakan blogger, kalau dengan blogger sudah bisa mendatangkan pengunjung kita bisa bermigrasi ke WordPress atau tetap stay di Blogger.

Setelah memiliki wordpress tentu anda harus mulai membangun Blog tersebut mulai dari theme wordpress dan plugins, ini akan menjadi cirikhas blog anda. Pastikan anda menggunakan theme yang sudah mendukung Responsive, SEO, Fast loading, dan memiliki tampilan yang enak dipandang mata.

Domain juga merupakan hal yang penting dari sebuah blog. Tentu kita ingin blog kita mudah untuk diingat oleh seseorang dan terihat profesional. Apabila anda menggunakan platform wordpress atau blogger gratis maka domain anda akan memiliki akhiran domainanda.blogspot.com atau domainanda.wordpress.com sehingga membuat blog anda terlihat biasa saja. Apabila anda ingin membeli domain sehingga tanpa embel-embel blogspot atau wordpress, saya sarankan membeli dari awal agar domain kita lebih cepat terindeks di Google. Apabila kita menggunakan domain masih blogspot atau wordpress, suatu saat kita beli top level domain maka indeks akan lama lagi. Kamau masalah hosting bisa belakangan, yang penting domain dulu. Top Level Domain juga memudahkan anda mendaftar Google Adsense.

domain venomku

Kunci sukses sebuah blog adalah rajin melakukan update artikel, hal ini adalah hal yang paling penting dari apa itu blogging. Seperti yang sudah saya katakan diawal kuncinya kita harus senang menulis. Melakukan aktivitas yang kita sukai bukanlah hal yang berat. Untuk menjaga agar blog kita tetap berada di deretan page one Google kita harus melakukan update artikel secara berkala, bisa seharis sekali atau setidaknya seminggu sekali, lebih sering lebih baik. Google akan membaca bahwa blog milik kita masih aktif dan masih update sehingga akan menyarankan pada pencarian Google. Hal ini akan menambah jumlah pengunjung kita juga. Dalam menulis artikel blog juga tidak asal-asalan. Kita harus meriset keyword atau kata kunci yang paling banyak dicari oleh semua orang pengguna internet. Keyword akan berpengaruh ke persaingan blog kita di Search Engine. Setelah membuat artikel dengan penargetan keyword yang baik, agar artikel kita cepat masuk ke Search engine yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah mengelola webmaster atau search console. Ada 3 search engine yang sering digunakan seseorang diantaranya Google, Yahoo dan Yandex.

Setelah anda memiliki banyak pengunjung tentu tidak ingin banyaknya pengunjung tersebut hanya datang dan pergi saja tanpa mendatangkan keuntungan bagi anda. Memang ada banyak alasan seseorang melakukukan blogging, ada yang hanya ingin mengisi waktu luang, ada juga yang menjadikan blogging sebagai penghasilan tambahan. Kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi publisher periklanan. Salah satu platform iklan yang membayar publisher dengan harga tertinggi adalah Google Adsense. Namun untuk menampilkan iklan adsense di blog kita dan menjadi publisher tidaklah semudah itu ferguso!. Blog kita akan direview selama 2 minggu lamanya dan jangan berharap untuk langsung diterima, karena berdasarkan pengalaman mendaftar Google Adsense itu memang saya akui susah, kecuali kalo lagi hoki. Ada banyak syarat yang diberikan untuk diterapkan pada blog kita.

adsense venomku

Apabila blog anda memang tidak memenuhi persyaratan untuk mendaftar Google Adsense, misal blog yang hanya bersisi gambar atau video, atau blog yang berisi konten s4r4. Namun sudah memiliki ribuan pengunjung, anda masih tetap bisa menghasilkan uang dari blog tersebut melalui alternatif lain. Penghasilan tambahan ini juga bisa anda gunakan untuk membayar sewa domain dan hosting. Penghasilan adalah salah satu tujuan dari apa itu blogging.

Setelah anda memiliki segala sesuatu diatas, kini langkah selanjutnya adalah melakukan update artikel secara rutin. Kunci sukses Apa Itu Blogging adalah update artikel. Pastikan blog anda tetap hidup dan pengunjung menunggu update blog anda.

Leave a Comment

3 Comments