Blogging

WordPress atau Blogspot ?

WordPress atau Blogspot ? Mana platform yang terbaik ? Ada banyak platform untuk membangun sebuah blog diantaranya wordpress, blogspot, tumblr dan lain-lain. Melengkapi postingan sebelumnya kenapa memilih wordpress ? Walaupun ada begitu banyak platform blogging yang menjadi perdebatan adalah antara Blogspot dan WordPress. Banyak pengguna Blogspot kerepotan dengan hal teknis di blogsot, dan banyak pengguna WordPress bingung untuk meningkatkan daya dan fitur dan memilih plugin.

Saya sendiri awalnya hanya tau tentang blogger, tapi akhir-akhir ini saya belajar menggunakan WordPress karena merasa tidak bisa maju kalau belum memiliki cpanel sendiri, dan ternyata saya lebih terbantu dengan fasilitas dan fitur yang disediakan WordPress baik untuk SEO ataupun berbagai fitur lainya yang ditawarkan melalui plugins.

WordPress atau BlogSpot ?

Saran saya : Mulai dengan belajar WordPress.org self hosted gratis. Apabila blog anda sudah ramai dan membutuhkan kualitas server yang lebih baik, anda dapat upgrade hosting gratis atau migrasi ke hosting lain. Atau gunakan Blogger.com sebagai platform blogging awal Anda, tetapi kemudian bermigrasi ke wordpress.org

Kenapa harus memilih dan tidak memilih Blogspot

Blogger juga dikenal Blogspot sangat berguna ketika Anda hanya ingin memulai sebuah blog untuk berbagi pikiran Anda. Ketika anda membangun blog tanpa tujuan untuk berbisnis atau mengasilkan uang, Blogspot adalah platform terbaik untuk anda.

Meskipun ada banyak keterbatasan fungsi BlogSpot untuk pemanfaatan SEO, jika Anda hanya perlu sebuah platform untuk memulai sebuah blog dengan Gratis, BlogSpot adalah pilihan yang tepat. Anda juga dapat menghasilkan uang melalui Blogspot dengan monetasi iklan didalamnya.

Pada saat yang sama, jika Anda blogging untuk menghasilkan uang, membangun bisnis, atau untuk membangun brand Anda sendiri, BlogSpot bukanlah pilihan yang ideal. Hal ini karena Anda memiliki keterbatasan kontrol atas visibilitas di search engine, dan setelah beberapa saat, Anda akan merasa menjadi sangat terbatas bila Anda ingin menambahkan fitur baru. Selain itu website bisnis anda hanya akan terlihat seperti amatiran, dan bagaimana produk anda bisa laku dengan website tersebut.

Blogger adalah produk Google yang memberikan keuntungan lebih untuk SEO. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Tidak masalah jika Anda menggunakan WordPress, Blogger, Tumblr, atau platform lain, SEO ditentukan oleh bagaimana Anda mengkonfigurasi situs dengan lengkap untuk mesin pencari.

Dalam platform Blogger, kita kontrol memiliki terbatas atas situs kita. Terlepas dari kenyataan bahwa mereka telah menambahkan beberapa fitur baru untuk SEO, BlogSpot masih sangat kurang dalam optimasi SEO.

Kesimpulanya, Blogger lebih baik daripada WordPress ketika Anda membuat blog untuk menulis dan memonetasi iklan. Jika Anda tidak merasa bermaalah dengan fitur terbatas yang ditawarkan oleh Blogger, maka ini adalah pilihan yang cocok.

Kenapa harus memilih dan tidak memilih WordPress

WordPress memberi Anda kontrol penuh atas blog Anda, dan Anda secara teknis dapat melakukan apapun yang Anda inginkan. Saya sendiri merasakan lebih terbantu ketika menggunakan plugin yang disediakan WordPress untuk kepentingan SEO dimana tidak kita dapatkan di Blogspot.

Anda dapat meng-host file Anda sendiri, dapat menambahkan fitur apapun tanpa harus ribet coding, dan dapat menggunakannya untuk tujuan apapun (pribadi atau profesional).

Anda juga mendapatkan kontrol penuh atas SEO termasuk menambahkan plugin SEO untuk membuat blog Anda lebih SEO friendly. Selain itu, Anda selalu dapat memperkenalkan teknik SEO terbaru seperti “star ratings” menggunakan plugin seperti Rich Snippets.

WordPress akan membiarkan Anda melakukan segala sesuatu yang Anda ingin lakukan.
Tetapi pada saat yang sama, Anda perlu mengelola blog Anda sendiri. menginstal WordPress di server Anda sendiri dan menjaga kesehatan blog Anda. Meski demikian, dengan dukungan luar biasa dari komunitas WordPress, Anda dapat mempelajari segala sesuatu dalam waktu singkat.

Memulai dengan WordPress mungkin anda memerlukan beberapa usaha seperti menonton video, belajar bagaimana untuk menambahkan sebuah plugin, memilih theme yang tepat untuk dasbor, dll.

Tapi bukankah kita juga harus melakukan hal tersebut ketika belajar menggunakan blogger ?

Jika Anda berencana untuk membuat sebuah blog dengan maksud menjadikannya populer, membangun bisnis dan menghasilkan uang darinya, Anda harus menggunakan self-hosted WordPress.

Jika Anda adalah seorang yang suka menulis dan hobi dengan blogger, BlogSpot adalah yang terbaik untuk Anda.

Berikut adalah tabel dari HowJoyful, menjelaskan perbedaan fitur antara BlogSpot vs WordPress.com vs Self-hosted WordPress (WordPress.org) :

BlogSpot vs WordPress.com vs Self-hosted WordPress (WordPress.org)

 

Kesimpulan Wordpress atau Blogspot ?

Platform Blogger baik ketika Anda ingin membuat blog sederhana.

Platform WordPress baik ketika Anda ingin menjadi seorang Professional blogger, membuat blog Bisnis, atau berencana untuk mendapatkan penghasilan dari blog Anda.

Hal terpenting adalah mengetahui mengapa Anda ingin memulai sebuah blog dan kemudian memulainya dari sana. Blogger memiliki banyak keterbatasan yang tidak dimiliki WordPress. Dalam hal fungsionalitas.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment