Karir

Apa Yang Perlu Disiapkan Saat Mengikuti Job Fair

Job Fair atau Bursa Kerja atau Career Expo adalah sebuah event pertemuan dimana ditujukan khusus bagi para pencari kerja ( job seeker ) dan para perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Bursa kerja ini umumnya di selenggarakan atas kerja sama dari beberapa perusahaan dengan Depnaker atau lembaga lain yang bertujuan sama yaitu memberukan wadah bagi pencari kerja untuk mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Job Fair ini sering di adakan di tempat-tempat pertemuan besar seperti alun – alun, GOR atau stadion, gedung pertemuan dan kampus maupun perguruan tinggi. Job fair juga ada disetiap kota namun intensitasnya tentunya lebih banyak di kota-kota besar dengan jumlah penduduk lebih banyak. Misalkan saja di provinsi Jawa Tengah, kota seperti Semarang dan Yogyakarta paling sering diadakan Job Fair karena memang penyerapan tenaga kerja Jawa Tengah terletak di kedua kota tersebut ditambah juga di Kota tersebut banyak terdapat kampus dan perguruan tinggi sehingga Career Expo pasti banyak dicari para Fresh Graduate bagi lulusan-lulusan Universitas maupun Perguruan Tinggi.
Tingkat persaingan kerja saat ini memang sangat ketat mengingat bertambahnya penduduk dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Suatu perusahaan pasti menentukan minimal tingkat pendidikan seperti min SMA, D3, S1 atau S2, namun tak selamanya juga perusahaan menentukan demikian karena yang dicari oleh perusahaan adalah kemampuan bersaing disamping pendidikan yang tinggi, jadi misal minimal pendidikan Sarjana bagi kita yang Diploma juga tidak perlu minder untuk mencoba mendaftarkan diri. Nah Bursa kerja ini adalah ajang pencarian kerja yang menurut saya sangat perlu kita manfaatkan bagi kita para pencari kerja karena puluhan bahkan ratusan perusahaan sudah berkumpul disini untuk mencari kandidat-kandidat yang layak bekerja untuk perusahaanya. Tentu lebih memudahkan kita dibandingkan harus mendatangi perusahaan masing-masing untuk mencari kerja. Di Job Fair anda dapat bahkan mendaftarkan pada semua perusahaan yang ada. Mungkin bagi yang sudah terbiasa mendatangi Job Fair sudah tidak asing lagi apa yang ada didalamnya. Namun jika belum pernah atau baru sekali ke Job Fair mungkin akan sedikit kebingungan.

Apa yang harus disiapkan dalam Job Fair atau Bursa Kerja atau Career Expo

Persiapan

Pertama tentu anda perlu mencari tahu informasi Bursa Kerja terdekat dikota anda. Nah didalam informasi tersebut pastinya akan ada daftar perusahaan yang mengikuti job fair tersebut. Tentukan dimana anda ingin mendaftarkan diri anda sesuai minat dan jurusan anda. Tentukan berapa banyak yang akan anda daftar dan siapkan berkas sebanyak perusahaan yang anda inginkan tersebut. Saya sarankan mendaftar beberapa perusahaan karena untuk masuk kedalam area Job Fair biasanya diharuskan membayar Rp. 25.000,- namun ada juga yang gratis, selain itu jika kita mendaftar beberapa perusahaan juga tak ada salahnya kedatangan kita ke Job Fair tersebut juga terbayarkan. Apa saja berkas yang perlu disiapkan ?
  • Alat tulis untuk mengisi formulir absen setiap perusahaan,
  • surat lamaran yang dapat ditulis tangan pada kertas folio ataupun diketik tanpa nama perusahaan dan posisi yang di inginkan jadi ketika ada sudah memperoleh info dari HRD atau penjaga stand perusahaan tersebut anda tinggal mengisikan nama perusahaan dan posisi dengan ballpoint,
  • cv ( curiculum vitae/daftar riwayat hidup ) buatlah semenarik mungkin kalau perlu sisipkan logo perusahaan diatas header cv untuk menarik HRD dan sekaligus menunjukkan keseriusan kita untuk ingin bergabung dalam perusahaan tersebut. Berkas lain seperti
  • foto 4×6,
  • fc/legalisir ijasah,
  • fc/legalisir transkip akademik,
  • fc KTP,
  • sertifikat pendukung lainya
  • copyan berkas berkas tersebut dan sudah anda pisahkan masing-masing bendel sehingga nantinya tinggal drop ke masing-masing perusahaan.
  • Pastikan juga anda berpakaian rapi karena tidak menutup kemungkinan perusahaan akan melakukan interview ditempat.

Pelaksanaan

Pelaksanaan Job Fair
Pelaksanaan Job Fair
Dalam pelaksanaan pasti anda akan bertemu banyak orang yang memiliki tujuan sama seperti anda yaitu mencari kerja. Anda akan berbaur dengan mereka di stand-stand perusahaan. Cari stand perusahaan yang anda inginkan dan sudah anda lihat daftar perusahaan sebelumnya. Biasanya karena banyaknya jobseeker anda hanya perlu mengumpulkan berkas yang sudah anda siapkan saja dan dalam waktu 2 minggu apabila anda lolos tahap admiistrasi maka anda akan mendapat panggilan melalui telepon atau sms untuk interview. Namun ada juga beberapa perusahaan yang langsung melakukan interview diarea Job Fair tersebut. Ikuti saja alur yang diberikan perusahaan. Jika perlu daftarlah sebanyak-banyaknya sehingga jika mendapat beberapa panggilan interview anda cukup menentukan untuk mengikuti yang mana saja.

Leave a Comment