Komputer

Cek Kesehatan Hardisk

Cara Cek Kesehatan Hardisk adalah hal yang mudah. Cek kondisi kesehatan hardisk kadang kita butuhkan untuk mengetahui kondisi kesehatan hardisk kita untuk mengetahui apakah hardisk kita masih dapat digunakan atau tidak. Aktifitas tidak wajar pada hardisk bisa menyebabkan kesehatan hardisk berkurang. Pengaruhnya akan menyebabkan respon hardisk yang sangat lambat karena adanya banyak bad sector pada hardisk.

Saya mengalami hal ini dimana hardisk walaupun setelah di instal ulang dengan memformat semua isi hardisk masih tetap lambat saat sudah masuk windows. Dan ssetelah saya cek kesehatanya hanya berkisar 16% saja. Apabila anda mengalami hal seperti saya anda dapat memeriksa kesehatan hardisk anda dengan cara ini.

Cek Kesehatan Hardisk dengan HDD Sentiel Pro

HDD Sentiel Pro memiliki banyak fitur diantaranya status kesehatan hardisk, mulai dari suhu, performa hardisk, informasi hardisk, dan fitur S.M.A.R.T. (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology) untuk memprediksi kerusakan apasaja yang terjadi pada hardisk. Kita juga dapat mengetahui berapa lama hardisk telah digunakan seumur hidupnya, dan berapa lama estimasi umurnya.

Download HDD Sentiel Pro

Cek Kesehatan Hardisk

Hard Disk Sentiel Pro ini akan secara otomatis memeriksa kesehatan hardisk yang terpasang di komputer anda. Baik hardisk asli komputer ataupun hardisk external yang terpasang. Ada beberapa indikator yang menunjukkan kesehatan hardisk.
Hijau : Menunjukan kondisi nya bagus
Kuning : Menjukan kondisi nya kurang bagus
Merah : Menunjukan ada kerusakan

Anda juga dapat melakukan beberapa test pada hardisk anda dengan masuk menu Disk. Kemudian anda bisa melakukan perbaikan bad sector dengan Chkdsk melalui System Windows
Buka Windows Explorer → Klik kanan pada disk yang akan diperbaiki → lalu pilih properties → Setelah itu pilih tools → lalu klik check now → klik start
Chkdsk melalui System Windows
Itulah Cara mudah Cek Kesehatan Hardisk. Biasanya hardisk kesehatanya memburuk dikarenakan adanya aktifitas tidak wajar seperti mematikan komputer/laptop tanpa shutdown atau sering terjadi mati listrik, hal ini bisa membuat sector hardisk bermasalah sehingga kinerja hardisk akan menjadi lambat dan lelet.
Saya sendiri pernah mengalami hardisk laptop yang kesehatanya sudah 16% dan dengan kesehatan seperti itu untuk masuk ke halaman dekstop windows saja sangat lambat. Akhirnya saya mengganti hardisk laptop untuk sekalian upgrade dari 650GB ke 1TB, dan menjadikan hardisk lama saya sebagai hardisk External.

About the author

Novian Hanu

Blogger newbie yang ingin belajar dan berbagi karena ilmu adalah harta yang tak akan pernah habis.

1 Comment

Leave a Comment

0 Shares
Tweet
Share
+1
Share