Venomku

17 Tips dan Trik WhatsApp Yang Perlu Anda Ketahui

17  Tips dan Trik WhatsApp. Apa saja yang bisa anda lakukan dengan WhatsApp ? WhatApp (WA) adalah aplikasi messenger gratis yang saat ini disponsori oleh Facebook. Tersedia di Playstore maupun Appstore, whatsapp membutuhkan koneksi internet dan terkenal simple, cepat dan aman. Anda bisa mengirim file, melakukan panggilan gratis, chat group, dan lain-lain asalkan smartpone terhubung dengan internet. WhatsApp menggunakan nomor telephone operator seluler untuk mngidentifikasi ID, sehingga aplikasi ini menjadi aplikasi messenging terbaik pengganti fungsi telepone meggunakan pulsa.

Dalam postingan kali ini saya akan memberikan 20 tips dan trik WhatsApp yang perlu anda ketahui sehingga anda bisa memanfaatkan seluruh fungsi whatapp seperti Profesional.

17 Tips dan Trik WhatsApp

1. Format Tulisan

Taukah anda bahwa WhatsApp mendukung format tulisan seperti yang ada pada microsoft word ? Anda bisa membuat tulisan tebal, miring dan dicoret. Dengan cara ini anda bisa menambahkan action huruf agar penerima pesan bisa lebih mudah memahami isi pesan anda.

Baca Juga : Membuat Tulisan Whatsapp Tebal, Miring dan Dicoret

Misal :

  • *venomku* = untuk membuat huruf tebal (bold)
  • _venomku_ = untuk membuat huruf miring (italic)
  • ~venomku~ = untuk membuat tulisan dicoret (strikethrough)

Format Tulisan - 20 Tips dan Trik WhatsApp

2. WhatsApp Web

Anda bisa menggunakan WhatsApp didalam browser PC atau Laptop anda. Anda bisa mengirim pesan dan membaca semua pesan dalam WhatsApp melalui browser.

Cara menggunakan WhatsApp Web, buka https://web.whatsapp.com/ dalam browser PC atau Laptop. Dalam smartphone anda buka WhatsApp, klik Settings disebelah kanan atas. Pilih WhatsApp Web/Dekstop dari panel Options tersebut. Kemudian menggunakan smartphone Anda, scan kode QR yang ditampilkan pada browser pada PC.

WhatsApp WEB - 20 Tips dan Trik WhatsApp

Smartphone Anda akan terhubung ke WhatsApp PC dan Anda dapat mulai menggunakan pesan seperti saat menggunakan dengan handphone. Anda hanya perlu melakukan scan ini sekali dan dapat terhubung pada banyak perangkat desktop yang Anda inginkan.

Semua pesan akan disinkronkan di seluruh browser pada semua perangkat yang terhubung. Untuk keluar dari semua perangkat yang terhubung, cukup kembali ke halaman web Settings-> WhatsApp Web/Dekstop dan pilih Log out from all computers.

3. Mentransfer file ke/dari PC

Salah satu keunggulan WhatsApp web adalah menerima dan mengirim file apapun dari/ke PC Anda dan membukanya dari aplikasi WhatsApp smartphone, ataupun sebaliknya. Cara ini sangat berguna untuk mentransfer gambar atau screenshot dari ponsel Anda ke desktop tanpa menggunakan kabel.

Hanya dengan mengirim gambar ke salah satu teman Anda di WhatsApp smartphone, kemudian pada PC Anda, buka WhatsApp Web untuk mengambil file gambar. Hal ini sangat berguna saat anda diwarnet saat ingin print file dari ponsel.

4. Backup percakapan individual

Anda dapat menyimpan salinan atau mencadangkan percakapan WhatsApp ke email Anda. Untuk melakukannya, buka chat yang ingin disimpan. Kemudian buka Contact Info -> Export Chat. Ikuti petunjuk di layar.

Perhatikan jika Anda perlu membuat cadangan setiap percakapan secara individual dan saat Anda punya dua pilihan untuk mengirim percakapan (with or without media), Anda hanya dapat mengirim hingga maksimal 40.000 pesan.

Export Chat - 20 Tips dan Trik WhatsApp

5. Backup Chats ke Cloud Storage

Selain individual, backup juga dapat dilakukan untuk penyimpanan masal. Anda bisa mencadangkan percakapan dengan Google Drive pada platform Android dan iCloud pada platform iOS, buka aplikasi WA dan buka Setting > Chat > Chat Backup , lalu ketuk Back Up Now.

Backup Chat - 20 Tips dan Trik WhatsApp

Anda juga bisa mengatur fitur Auto Backup harian, mingguan, bulanan atau tanpa Auto Backup. Selai itu anda juga bisa mematikan backup untuk video untuk mempercepat proses dan menghemat space cloud.

6. Mengetahui kapan pesan sudah dibaca

Anda pasti sudah tahu bahwa centang dua abu-abu berarti pesan telah terkirim dan centang dua biru menunjukkan bahwa pesan telah dibaca. Sebenarnya, ada pilihan yang memberi tahu Anda waktu yang tepat ketika pesan telah terkirim dan ketika telah dibaca.

Untuk melihat layar Info pesan dan memeriksa rincian pesan terkirim, buka chat, pada android ketuk dan tahan pesan anda yang terkirim, lalu ketuk tombol info. Sedangkan pada iOS geser chat ke arah kiri.

Mengetahui kapan pesan sudah dibaca - 20 Tips dan Trik WhatsApp

7. Tandai pesan favorit

WhatsApp memiliki fitur pencarian untuk mencari pesan dengan mudah, tapi juga lebih baik dengan menandai pesan penting sebagai favorit untuk sampai ke pesan tersebut dengan cepat bila diperlukan.

Untuk menandai pesan sebagai favorit: cukup tekan tahan pada pesan yang diinginkan, lalu ketuk ikon Star di Bar tindakan di bagian atas layar aplikasi.

Untuk melihat semua pesan berbintang Anda, klik Setting di layar daftar percakapan -> pilih Starred Messages.

8. Pengaturan Privacy

Fitur Last Seen menampilkan kapan terakhir kali anda membuka aplikasi WhatsApp. Apabila anda ingin mematikan fitur ini, anda dapat mengubah melalui pengaturan Settings -> Account -> Privacy. Kemudian atur last seen, profile picture dan status untuk dapat dilihat Everyone, My contacts atau Nobody.

Anda juga bisa menghapus read receipts dengan memilih Settings -> Account -> Privacy kemudian matikan Read Receipts.

9. BCC atau Broadcast Messages

WhatsApp juga memungkinkan Anda mengirim pesan ke sekelompok orang sambil tetap melindungi identitas satu sama lain. Tidak seperti menambahkan mereka semua ke dalam sebuah group, di mana semua nomor kontak seseorang bisa diketahui orang lain dalam satu group, pilihan BBC tidak menampilkan siapa saja nomor kontak Penerima.

Untuk membuat daftar Broadcast, pergi ke layar Chats -> pilih Broadcast Lists, kemudian klik New Lists, pilih penerima untuk Broadcast Messages. Klik selesai. Sekarang Anda dapat mengirim pesan ke daftar siaran ini seperti bagaimana Anda mengirim pesan ke kontak atau grup.

BCC atau Broadcast Messages - 20 Tips dan Trik WhatsApp

10. Tandai Seseorang dan Kutip Pesan

Menandai seseorang juga bisa didalam WhatsApp group dengan menambahkan @, diikuti nama (nama seseorang dalam group yang sudah terdaftar dalam kontak anda). Orang yang ditandai akan menerima pemberitahuan meskipun mereka menonaktifkan notifikasi group.

Selain menandai orang, Anda juga dapat mengutip pesan untuk menunjukkan bahwa Anda membalas pesan tertentu. Untuk melakukannya, ketuk dan tahan pesan, klik Reply, ketik pesan Anda dan klik tombol Kirim untuk membalas pesan tersebut.

Tandai Seseorang dan Quote Messages - 20 Tips dan Trik WhatsApp

11. Direct Reply dan Popup Notifications

Aplikasi WhatsApp mendukung fitur pemberitahuan Direct Reply, sehingga anda bisa langsung membalas pesan melalui popup pesan yang muncul langsung. Anda bisa membalas pesan meskipun sedang tidak menggunakan aplikasi WhatsApp dengan mengaktifkan popup notication, anda dapat membalas pesan dari notification bar.

Cara mengaktifkan Popup Notifications masuk Settings -> Notifications -> In-App Notification dan aktifkan pemberitahuan.

Direct Reply dan Popup Notifications - 20 Tips dan Trik WhatsApp

12. Meminimalkan penggunaan data seluler

Panggilan suara dan video WhatsApp adalah fitur yang bagus tetapi mereka memakan banyak data seluler untuk memberikan kualitas panggilan suara dan video yang baik. Jika Anda ingin menghemat penggunaan data seluler, Anda dapat pergi ke Settings -> Data and Storage Usage -> aktifkan Low data usage.

13. Sembunyikan preview pemberitahuan

Pemberitahuan dapat muncul bahkan ketika ponsel Anda terkunci. Untuk mencegah pesan Anda dibaca oleh orang yang tidak memiliki akses, menonaktifkan notifikasi preview caranya masuk ke Settings -> Notifications -> matikan Preview dengan menonaktifkan Show Preview. Seperti pada gambar tips ke-11.

14. Sembunyikan chatting dari daftar percakapan

Jika Anda tidak ingin menghapus obrolan thread (alias percakapan) tetapi tidak ingin ada orang yang membacanya, Anda dapat menyembunyikannya dengan opsi Arsip. Geser ke kiri obrolan tertentu dan klik tombol arsipkan di bilah tindakan untuk mengarsipkan percakapan tersebut.

Anda dapat melihat semua chat yang diarsipkan dengan menggulir ke bawah di layar daftar percakapan lalu klik chat yang diarsipkan.

15. Mute Chats dan Block Contacts

Membisukan obrolan dan memblokir kontak. Obrolan grup bisa sangat menyebalkan ketika ada terlalu banyak percakapan aktif yang masuk. Setiap pesan baru ditambahkan ke obrolan memberikan pemberitahuan dan setelah beberapa saat, ini benar-benar dapat mengganggu ketika isi obrolan tidak penting.

Untuk membantu Anda mengatasi situasi yang mengganggu seperti itu, ada pilihan Mute Chats dan Block Contacts.

Untuk membisukan percakapan, buka chat individual atau grup, ketuk tombol pilihan pergi ke info grup -> Mute dan atur opsi Mute, terdapat pilihan 8 jam, 1 minggu dan 1 tahun.

Anda juga dapat memblokir kontak (dan bukan grup) dengan membuka chat tertentu, mengklik Info Contact -> Block.

16. Mematikan penyimpanan foto dan video otomatis

Fitur ini sangat berguna ketika anda memiliki grup dengan teman-teman yang iseng kirim gambar dan video. Gambar dan video ini akan memenuhi isi gallery kita secara otomatis. Namun anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mematikan fungsi penyimpanan otomatis ini.

Caranya masuk menu Settings -> Chats -> matikan Save to Camera Roll

Mematikan penyimpanan foto dan video otomatis

17. Menggunakan 2 akun WhatsApp

Jika dahulu untuk dapat menggunakan 2 akun WhatsApp dalam satu smartphone kita membutuhkan aplikasi WhatsApp Mod. Sekarang sudah ada WhatsApp Business yang bisa didapatkan melalui Appstore dan Playstore resmi.

WhatsApp Business memiliki fungsi yang sama dengan WhatsApp messenger biasa. Sebenarnya tujuan akun ke-2 ini adalah untuk urusan bisnis atau pekerjaan sesuai dengan namanya.

Cara instal WhatsApp Business seperti instal aplikasi pada umumnya. Untuk Login juga sama dengan WhatsApp standar, anda membutuhkan nomor telephone yang aktif lainya.

2 akun whatsapp dalam satu hp

Sebenarnya masih ada banyak lagi Tips dan Trik WhatsApp yang masih bisa kita explore, namun berhubung admin sudah capek mengetik dan mengambil screenshot maka tips dan trik sampai disini dulu. Mungkin dari Anda ada koreksi dan tambahan silahkan meninggalkan jejak anda di kolom komentar dibawah.

Leave a Comment