Otomotif

Pengertian Lampu HID Projector Kendaraan

Written by Novian Hanu

Pengertian Lampu HID Projector Kendaraan biasa disebut juga projie. Bicara tentang projector yang pertama kali terlintas dipikiran kita adalah sebuah alat yang digunakan untuk presentasi. Lalu bagaimana dengan istilah projector dalam dunia otomotif ? Apa itu projector ? Apa itu Apa itu HID ?

Headlamp Projector adalah lampu proyektor yang menggunakan reflektor didalamnya yang berfungsi untuk mengatur output cahaya dari sumber cahaya baik bohlam halogen ataupun HID agar dapat menyebarkan cahaya dan fokus, atau bahkan teregulasi. Jadi Projector ini fungsinya sama seperti reflektor pada headlamp standar kendaraan bedanya Headlamp Projie ini didesain lebih advanced dari reflector headlamp konvensional.

Cara kerja projector seperti gambar dibawah ini :

headlamp projie

Sedangkan HID bisa anda baca pada postingan saya kelebihan dan kekurangan HID dari artikel tersebut anda bisa tau bagaimana perbedaan lampu HID dan lampu Standar. Sedangkan yang dipasang pada Projector pada umumnya adalah Lampu HID.

Dalam dunia otomotif banyak aksesoris yang kian berkembang. Pada awalnya Penerangan Projector hanya digunakan untuk kendaraan roda 4 atau lebih seperti bus/truk/mobil. Namun sekarang projie untuk motor dapat kita dapatkan dengan mudah dengan harga terjangkau.

Dari pengertian HID dan Projector diatas, pada dasarnya HID Projector itu adalah mekanisme sistem penerangan pada kendaran bermotor dengan teknologi sekarang ini.

Main Part Projector

Ada beberapa rangkaian utama Projie yang wajib ada dalam rangkaian tersebut.

Pertama adalah Projie itu sendiri yang terdiri dari reflektor dengan sumber lampu bohlam atau HID. Jadi apabila menggunakan projie, reflektor standar dalam headlamp harus dicopot kadang kalau dudukan untuk projie ini tidak pas maka batok headlamp harus dibobok. Cara kerjanya seperti dibawah :

projie

Bagian-bagianya Projie antara lain :

Reflector untuk memantulkan cahaya ke lensa projector. Desain reflector sangat menentukan output cahayanya. Makin banyak cahaya yang bisa dipantulkan menembus lensa, maka makin terang output cahaya yang dihasilkan.

Lens berupa lensa cembung. Tanpa lensa, projector tidak berguna dengan batok headlamp kendaraan pada umumnya. Lensa proji tidak hanya polos namun ada juga yang memiliki guratan-guratan berpola. Pola ini bukan hanya untuk hiasan, tapi juga berfungsi untuk ‘mengendalikan’ arah cahaya.
Shield merupakan plat metal untuk membatasi cahaya yang melewati lensa. Ada 2 macam shield : Unmovable-shield, posisinya statis, biasanya terpasang permanen di reflector. Movable shield, posisinya yg bisa bergerak (buka/tutup, turun/naik) untuk membatasi sebagian cahaya. Shield inilah yang menjadikan fungsi layaknya “low-beam” & “hi-beam” pada projie. Projector dengan fungsi ini biasanya disebut Projector Bixenon.

Solenoid sebagai mekanikal untuk menggerakkan ‘movable-shield’ buka & tutup atau naik & turun.

Ballast berfungsi mengubah listrik DC ke AC, constant-regulator, dan multiplier voltase. Lampu HID butuh suplai listrik sangat besar hingga puluhan ribu volt untuk bisa menyala optimal. Oleh karena itu HID memerlukan ballast untuk menaikkan suplai dari aki hingga mencapai range voltase & ampere sesuai yang diperlukan bulb HID.

Bulp atau bohlam bisa Halogen atau HID (High-intensity discharge) sebagai sumber cahaya.

 

Wiring Extension adalah kabel tambahan antara ballast dan bulb agar ballast & projector bisa diposisikan lebih jauh.

Secondary Part Projector

Cover projector (Shroud). Terdiri dari berbagai desain & ukuran untuk membantu memilimalisir “polusi” cahaya yg keluar dari sisi projector, tapi tidak 100% mempengaruhi output projector secara langsung.

cover projie

Angel Eyes dan Demon Eyes merupakan sebuah lampu berbentuk lingkaran. Keduanya sebenarnya sama hanya bedanya kalau AE letak diluar sedangkan DE didalam. Selengkapnya baca pada artikel perbedaan AE dan DE

Headlamp Protector atau batok lampu, kebanyakan Proji tidak dirancang untuk semua kendaraan, terutama motor. Oleh karena itu butuh sedikit modifikasi untuk memasang proji ke dalam headlamp reflector, trik pemasangan ini disebut retrofit. Namun jangan khawatir sekarang sudah ada projie yang tidak perlu bobok batok lampu, sehingga suatu saat apabila anda ingin mengganti dengan bohlam asli tinggal pasang saja.

About the author

Novian Hanu

Blogger newbie yang ingin belajar dan berbagi karena ilmu adalah harta yang tak akan pernah habis.

2 Comments

Leave a Comment

3 Shares
Tweet
Share2
+11
Share